X

Cara Membuat Jaringan 4G Sendiri (Ubah HP 3G Jadi 4G !!)

Emangnya bisa hp 3G diubah jadi 4G ? Jawabannya BISA…siapa bilang gak bisa. Ada trik khusus gimana cara membuat jaringan 4G sendiri untuk hp 3G. Buat kamu pengguna hp 4G, informasi tips dan trik berikut ini juga sangat bermanfaat. Dengan cara simpel dan metode sederhana (tanpa pasang aplikasi) kamu bisa ubah hp 3G jadi 4G. Bagaimana caranya ?

Cara Membuat Jaringan 4G Sendiri di HP 4G

Buat kamu pengguna hp Android atau iPhone yang sudah mendukung jaringan 4G, sebenarnya secara default koneksi jaringan yang digunakan adalah 4G. Tapi dengan catatan, provider yang kamu pakai sudah beroperasi di jaringan 4G. Namun ada kalanya di saat koneksi internet lagi jelek, internet kamu berubah dari 4G atau LTE ke jaringan 3G atau H+ atau 3G.

Hal ini bisa saja terjadi jika ada gangguan sinyal internet 4G di daerah kamu. Setelah gangguan selesai, biasanya hp sulit untuk mengubah jaringan kembali ke 4G. Cara satu-satunya untuk beralih ke jaringan 4G yang lebih cepat adalah dengan sedikit paksaan. Bagaimana cara membuat jaringan 4G di hp sendiri sinyalnya berubah ke 3G secara tiba-tiba ? Ikuti langkah berikut ini:

  • Masuk ke Settings > Mobile Networks
  • Tekan nama operator yang digunakan
  • Tekan opsi “Preferred network type”
  • Pilih “Prefer LTE” atau “LTE Only.”

Setelah ditekan, jaringan akan kembali restart dan hp kamu akan kembali beroperasi di jaringan 4G. Jika kamu ingin cara membuat jaringan 4G yang lebih simpel. Khusus hp Android kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Panggilan atau Telepon
  • Ketik kode USSD *#*#4636#*#*
  • Pilih Phone Information
  • Pada “Set Preferred network” pilih “LTE only”
  • Jaringan akan secara otomatis pindah ke 4G.

Cara Membuat Jaringan 4G di HP 3G

Lho, memangnya bisa mengubah hp 3G jadi 4G ? Jelas aja bisa tapi dengan tambahan biaya. Pada dasarnya hp 3G memang gak bisa terhubung ke jaringan 4G. Ini dikarenakan dukungan hardware hp 3G hanya mentok sampai 3G atau HSDPA saja. Sedangkan 4G adalah teknologi jaringan terbaru di atas 3G. Jadi kalau ikuti cara di atas kamu gak bakal bisa temuin opsi “LTE Only” atau “Prefer LTE.”

Nah untuk mengubah hp 3G jadi 4G dibutuhkan modem WiFi yang sudah dukung jaringan 4G. Harga modem WiFi atau MiFi ini bervariasi ada yang Rp 300 ribuan hingga Rp 500 ribuan. Jika kamu sudah beli modem WiFi 4G tinggal masukin kartu SIM Card yang udah didaftarin paket internet 4G ke dalam modem. Setelah itu nyalakan dan hubungkan hp kamu ke modem tersebut.

Cara paling mudah mengubah hp 3G jadi 4G adalah dengan modem WiFi. Selain lebih murah, kamu juga gak perlu ganti hp kan ? Bayangin dengan harga cuma 500 ribuan aja, kamu bisa internetan di jaringan 4G yang lebih cepat. Daripada harus ganti hp baru yang harganya bisa 4 hingga 5 kali lipat lebih mahal, mending beli modem aja kan ?

Kelebihan Jaringan 4G

Tidak seperti 2 atau 3 tahun lalu, sekarang semua hp Android atau iPhone terbaru sudah mendukung jaringan 4G. Namun walau begitu, sampai sekarang masih cukup banyak orang yang masih menggunakan hp 3G. Alasannya karena harga hp 3G lebih murah dan masih bisa digunakan. Selain itu, jaringan 4G juga belum mencakup seluruh area Indonesia. Jadi masih ada beberapa daerah di Indonesia yang jaringan internet lokalnya masih mentok di 3G.

Sebenarnya kecepatan jaringan 3G juga gak lemot banget kok. Kalau untuk Chatting sih masih bisa lancar. Hal inilah yang membuat beberapa orang enggan pindah ke hp 4G. Padahal jaringan 4G sendiri punya banyak kelebihan, di antaranya:

  • Kecepatan internet 10x lebih cepat. Jika kecepatan 3G hanya bisa sampai 1 Mbps, kecepatan maksimal 4G bisa mencapai 10 Mbps, bahkan di beberapa kasus bisa lebih dari itu
  • Streaming lebih lancar. Kecepatan lebih tinggi membuat kamu bisa streaming video YouTube lebih lancar dari sebelumnya
  • Kuota internet 4G lebih besar. Karena internet lebih kencang kebutuhan pelanggan pun semakin beragam. Oleh karena itu kebanyakan paket internet 4G kuotanya bisa 5x hingga 10x lebih besar dari paket 3G
  • Harga lebih murah. Kebanyakan paket internet 4G punya kuota besar dan harga lebih murah ketimbang paket internet 3G
  • Bisa buat Game Online karena kecepatan lebih tinggi sehingga memungkinkan user bisa main game online bareng teman-teman mereka.
Categories: Tips & Trik
Related Post