5 Cara Ampuh Mengatasi HP Lemot Tanpa Factory Reset

Hp lemot pastinya bikin kesel. Gak cuma menghambat kerjaan, hp lemot juga bisa bikin kita gampang naik pitam. Nah kali ini Juragan punya tips cara mengatasi hp lemot paling efektif. Apalagi pengguna hp Android pasti sering banget mengalami hal ini. Buat kamu yang kesel banget hp nya lemot, bisa dengan beli hp baru atau ikutin tips singkat berikut ini.

Cara Mengatasi HP Lemot Paling Efektif

Juragan punya 5 jurus ampuh untuk mengatasi hp lemot, terutama untuk pengguna hp Android. Apa saja caranya ? Apakah benar-benar efektif bikin hp ngebut lagi ?

1. Uninstal Aplikasi yang Jarang Dipakai

Penyebab utama hp cepat lemot adalah karena terlalu banyak instal aplikasi. Asal kamu tahu ya, semakin banyak aplikasi yang diinstal maka semakin banyak kapasitas memori RAM dan ROM (memori internal) yang terpangkas. Kalau memori RAM dan ROM hp kamu semakin sedikit bisa membuat hp lemot.

Cara Mengatasi Hp Android Lemot

Maka dari itu, cara paling efektif untuk mengatasi hp lemot adalah dengan mengurangi instal aplikasi dan hapus aplikasi yang jarang dipakai. Selain membuat memori RAM dan ROM semakin sesak, aplikasi yang jarang dipakai juga membuat kinerja hp melambat. Semakin banyaknya aplikasi yang berjalan dalam waktu bersamaan juga akan menyusahkan prosesor dalam memproses tugas dan menentukan prioritas. Akibatnya semua kinerja hp terganggu dan kamu semakin naik pitam.

2. Hapus Aplikasi Berjalan di Recent Apps

Salah satu kebiasaan hp jaman now adalah tidak bisa langsung menutup aplikasi, walaupun kamu sudah tekan tombol Back. Aplikasi tetap berjalan dan mengonsumsi RAM di latar belakang. Cara paling efektif untuk menutup aplikasi adalah dengan cara tekan tombol Back setelah itu tekan tombol Recent Apps. Letak tombol Recent Apps ini berbeda-beda di setiap hp, ada yang letaknya di kiri tombol Home, ada yang di kanan. Yang jelas tombol Back dan Recent Apps selalu bersebrangan.

Cara Mengatasi Hp Lemot

Setelah menekan tombol Recent Apps kamu bisa melihat semua aplikasi yang baru saja digunakan. Klik tombol Clear atau simbol X untuk menghapus dan menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Selain cara ini kamu juga bisa membatasi aplikasi yang bisa berjalan otomatis di latar belakang melalui opsi Autostart di Settings. Setelah dilakukan, dijamin hp gak lemot lagi.

3. Bersihkan Memori HP

Salah satu penyebab hp cepat lemot adalah terlalu banyak data yang disimpan di dalam ROM atau memori internal. Data-data seperti foto, dokumen digital, file download-an, video, dan lain sebagainya bisa membuat penyimpanan internal semakin sesak. Jika memori internal penuh, akan menyulitkan hp untuk menyimpan data-data pendukung aplikasi.

Juragan sarankan untuk pindahkan foto, video, dan data lama lainnya dari dalam hp ke media penyimpanan lain seperti Micro SD eksternal, flashdisk, laptop, PC desktop, atau hard disk. Sisakan saja sebagian data-data terbaru. Sementara itu, data-data lain yang sekiranya sudah tidak dibutuhkan lagi bisa dipindahkan ke tempat lain untuk mengatasi hp lemot.

4. Bersihkan Cache Aplikasi

Ketika aplikasi berjalan biasanya akan menyimpan cache. Cache adalah data yang bersifat sementara yang berfungsi untuk meningkatkan kecepatan aplikasi saat dipakai berulang kali. Secara otomatis, hp akan menyimpan data cache di setiap aplikasi supaya ketika aplikasi dibuka kembali, respon aplikasi bisa lebih cepat. Namun ada kalanya, kita harus membersihkan cache ketika hp mulai terasa lemot.

Cara Mengatasi Hp Lemot Paling Efektif

Cara membersihkan cache bisa dengan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Clean Master, DU Speed Booster, Power Clean, dan lain sebagainya. Namun jika tidak ingin pasang aplikasi kamu bisa hapus cache dari menu Settings atau Pengaturan, caranya: Buka Settings > Aplikasi > Pilih salah satu aplikasi > Clear Data > Clear Cache.

5. Jangan Pasang Anti Virus

Hp Android pada dasarnya sudah aman, apalagi iPhone. Sistem operasi Android dan iOS sudah menjamin para penggunanya bisa mengunakan hp dengan aman. Oleh karena bisa dibilang memasang aplikasi antivirus di hp adalah perbuatan yang sia-sia. Selain itu, aplikasi antivirus juga kerap memakan banyak memori RAM sehingga bisa membuat hp lemot.

Cara Ampuh Mengatasi Hp Lemot

Maka dari itu, Juragan saranin untuk selalu update aplikasi di Play Store dan update sistem operasi dan UI jika ada pembaruan tersedia dari pabrikan. Update aplikasi dan sistem operasi akan menambal celah keamanan sehingga bisa dipastikan hp tetap aman dan tidak lemot. Tambahan, supaya hp tetap aman walau tanpa aplikasi antivirus, Juragan sarankan jangan pasang aplikasi yang tidak ada di Play Store.

Cara Mencegah HP Lemot

Cara mengatasi hp lemot sebenarnya sangat mudah, asalkan kamu tidak terlalu banyak instal aplikasi, tahu gimana cara menutup aplikasi yang benar, dan tidak menyimpan terlalu banyak data di dalam hp. Cara paling efektif untuk mencegah dan mengatasi hp lemot adalah dengan upgrade hp lama ke hp baru. Model hp jadul tentu performanya tidak sesuai dengan aplikasi dan sistem operasi terbaru saat ini.

Oleh karena itu disarankan untuk beli hp dengan kapasitas dan spesifikasi lumayan tinggi supaya bisa dipakai dalam waktu lama. Jangan beli hp yang spesifikasinya pas-pasan. Untuk tahun ini, spesifikasi hp minimal yang disarankan adalah: Prosesor Octa-Core, RAM minimal 3GB, dan ROM minimal 32 GB.

Leave a Comment