X

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android Terbaru (Gampang!!)

Kamu ingin tau cara menyembunyikan aplikasi di Android? Hal itu bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, mulai dari versi cepat maupun aplikasi tambahan. Sebenarnya cara-cara yang ingin dilakukan bergantung pada kebutuhan kamu sendiri. Kamu bisa menggunakan aplikasi ketiga kalau kamu ingin menyembunyikan aplikasi Android tanpa root.

Untuk menyembunyikan aplikasi di Android, kamu harus memahami setiap alternatif yang ada. Hal ini karena menyembunyikan aplikasi menjadi sesuatu yang penting untuk melindungi privasi dan data-data pribadi. Oleh karenanya, kita juga harus jeli memahami setiap alternatif dan pilihan cara menyembunyikan aplikasi di Android yang bisa kamu gunakan.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Berbicara soal Android, pasti nggak akan lepas dari privasi penggunanya. Pasti ada aplikasi-aplikasi tertentu yang hanya layak jadi konsumsi pribadimu alias bukan untuk dilihat orang lain. Beberapa aplikasi yang berisi pesan-pesan penting bersifat pribadi atau aplikasi galeri yang berisi dokumen-dokumen pribadi yang kamu nggak pengen dilihat oleh orang lain.

1. Hide App

Dengan Hide App adalah salah satu cara menyembunyikan aplikasi di Android dengan aplikasi pihak ketiga tanpa root. Bagaimana caranya? Yuk, ikuti langkah-langkah dari Juragan di bawah ini.

  1. Instal aplikasinya dari Google Play Store Hide App
  2. Buka aplikasinya, lalu pilih ikon + di sebelah kanan bawah untuk menambahkan aplikasi apa saja yang mau kamu sembunyikan
  3. Lanjutnya dengan memilih satu atau beberapa aplikasi yang ingin kamu sembunyikan, lalu aktifkan tanda centang yang ada di sebelah kanannya. Kalau sudah, pilih Hide
  4. Aplikasi yang ada di Hp Androidmu otomatis akan tersembunyi dan nggak bisa muncul di layar Hp kamu

2. DU Privacy

Metode selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan aplikasi Android adalah menggunakan DU Privacy. Kamu tidak perlu repot-repot dan bisa langsung donwload di Google Play Store. Setelah DU Privacy terpasang di Hp Android kamu, langsung aja ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka aplikasi DU Privacy, dari enam opsi yang tersedia pilih App Lock Feature untuk menyembunyikan aplikasi
  2. Lanjutkan dengan memilih satu atau sejumlah aplikasi yang kamu mau untuk disembunyikan. Kemudia, piliha ikon gembok yang ada disebelah kanan aplikasi
  3. Berikan akses pada DU Privacy untuk bisa menyembunyikan aplikasi tersebut. Pilih Go to set dan lanjutkan dengan memilih Ok untuk mengaktifkan fitur Hide pada aplikasi yang sudah kamu pilih

3. Hide App, Safe Chat

Cara kedua yakni dengan menggunakan Hide App, Safe Chat untuk menyembunyikan aplikasi di Android. Aplikasi ini sejatinya punya beberapa fungsi karena selain untuk menyembunyikan aplikasi. Hide App, Safe Chat ini bisa digunakan untuk menyembunyikan chat.

  1. Instal aplikasi Hide App, Safe Chat di Hp Androidmu dan buka aplikasinya
  2. Pilih ikon + yang ada di sebelah kanan atas untuk mulai memilih aplikasi mana saja yang disembunyikan
  3. Pilih salah satu atau beberapa aplikasi di Hp Androidmu yang ingin kamu sembunyikan
  4. Tunggu beberapa detik aplikasi akan memproses permintaan kamu dan menyembunyikan aplikasi tersebut. Aplikasi tersebut akan hilang dari layar Hp Android kamu

4. Calculator Vault – App Hider

Aplikasi ini terlihat tidak seperti aplikasi penyembunyi lain lho, kenapa? Uniknya aplikasi tidak terlihat seperti aplikasi penyembunyi lain karena bentuknya terlihat seperti aplikasi kalkulator. Walaupun bentuknya seperti kalkulator, aplikasi ini bisa menyembunyikan aplikasi di Hp Android kamu kok.

  1. Instal aplikasi ini dari Google Play Store
  2. Aplikasi ini akan meminta kamu memasukkan kode empat digit angka. Di sini, kamu akan memasukkan dalam bentuk kalkulator
  3. Di dalam kalkulator tersebut adalah tempat kamu menyembunyikan aplikasi-aplikasi privat yang kamu inginkan

5. App Hider

Cara menyembunyikan aplikasi di Android selanjutnya adalah App Hider. Kamu bisa download aplikasi ini di Google Play Store, dan setelah aplikasi terpasang di Android milikmu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini ya:

  1. Buka aplikasinya dan akan langsung ada pilihan untuk aplikasi mana saja yang ingin kamu sembunyikan
  2. Pilih aplikasinya, lalu aktifkan status Hide pada aplikasi tersebut
  3. Setelah aktif, hanya kamu yang bisa mengakses aplikasi tersembunyi itu. Tentunya harus memulai aplikasi App Hider

Untuk beberapa merek Hp Android seperti Xiaomi dan Oppo, kamu bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android Hp Xiaomi

Beberapa merek Hp ternyata punya cara tersendiri alias khusus untuk bisa menyembunyikan aplikasi di dalamnya. Salah satunya adalah Hp Xiaomi, berikut caranya:

  1. Buka menu Pengaturan/ Settings pada Hp Xiaomi kamu, lanjutkan kolom pencarian
  2. Pada kolom pencarian, ketik App Invisible lalu pilih cari
  3. Masuk ke aplikasi App Invisible
  4. Kamu bisa memilih aplikasi mana yang ingin disembunyikan
  5. Beri tanda centang pada aplikasi tersebut, klik Ok

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android Hp Oppo

Selain Hp Xiaomi, merek Hp Oppo juga punya cara menyembunyikan aplikasi di Android dengan caranya sendiri. Penasaran? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Security Centre dan pilih Privacy Permission dan dilanjutkan dengan memilih Privacy Protection
  2. Isi sandi, kalau muncul Privacy Protection pilih Private Contacs untuk menyembunyikan daftar kontak, Private Files untuk menyembunyikan file (gamber, video dan data lainnya), atau Privacy Applications untuk menyembunyikan aplikasi
  3. Cari dan nyalakan menu Advance Hiding pada menu Privacy Protection, kalau muncul permision klik Ok

Itulah tadi berbagai hal untuk mengetahui cara menyembunyikan aplikasi di Android. Kamu bisa menggunakan salah satu cara di atas untuk bisa sembunyikan aplikasi yang kamu inginkan di Hp Android kamu.

Categories: Tutorial
Related Post