X

Perbedaan Redmi Note 7 vs Realme 3, Siapa Lebih Hebat ?

Pertarungan hp kelas menengah semakin keras. Ada 2 hp harga 1 jutaan yang sangat menarik perhatian Juragan tahun ini, yaitu Redmi Note 7 dan Realme 3. Siapa yang lebih hebat ? Redmi Note vs Realme 3 ? Kedua hp ini sama-sama dijual dengan harga dibawah 2 juta untuk varian storage paling kecil.

Perbedaan Redmi Note 7 vs Realme 3

Masing-masing hp punya fitur unggulannya masing-masing. Redmi Note 7 mengunggulkan kamera, sedangkan Realme 3 mengandalkan performa. Untuk review lebih lengkap, baca artikel Review Redmi Note 7 dan Review Realme 3. Siapa yang lebih baik ? Mari kupas kelebihan dan kekurangan masing-masing hp.

Harga Redmi Note 7 vs Realme 3

Redmi Note 7 adalah hp pertama Redmi setelah resmi lepas brand utamanya yaitu Xiaomi. Ke depan Redmi akan berdiri sebagai sub brand Xiaomi. Sedangkan Realme sendiri adalah sub brand dari Oppo. Realme 3 adalah hp generasi terbaru dari seri sebelumnya yaitu Realme 2.

Dari segi harga, kedua hp ini sama-sama dibanderol harga 1 jutaan. Redmi Note 7 dijual dengan harga Rp 1.999.000 untuk varian storage RAM 3GB dan ROM 32 GB. Di sisi lain, Realme 3 dijual dengan harga sedikit murah yaitu Rp 1.799.000 untuk varian RAM dan ROM yang sama.

Sebenarnya harga Realme 3 sama seperti Redmi Note 7 yaitu Rp 1,9 juta. Hanya saja, khusus masa pre order, harga hp ini diberi diskon spesial sebesar Rp 200 ribu. Varian Redmi Note 7 yang lebih tinggi dijual dengan harga 2 jutaan. Kesimpulannya, dari segi harga Realme 3 lebih baik daripada Redmi Note 7.

Performa Redmi Note 7 vs Realme 3

Kedua hp ini ditenagai processor berbeda. Redmi Note 7 ditenagai processor Snapdragon 660 Octa Core dengan kecepatan hingga 2.2 GHz. Kemudian Realme 3 ditenagai processor Mediatek Helio P60 Octa Core dengan kecepatan 2.0 GHz. Dari atas kertas, jelas terlihat bahwa performa Redmi Note 7 lebih unggul.

Skor AnTuTu Redmi Note 7 vs Realme 3

Namun bagaimana performanya setelah diuji coba ? Untuk hasil pengujian performa kedua hp ini, Juragan mengambil sumber informasi dari GSMArena. Setelah dites dengan AnTuTu, terlihat bahwa performa Redmi Note 7 memang lebih unggul daripada Realme 3.

Processor Snapdragon 660 nampaknya bisa bekerja sama dengan baik bersama MIUI 10 pada Redmi Note 7. Selain itu, CPU Kryo 260 di semua Core CPU yang dimiliki Snapdragon 660 memang terbukti handal meningkatkan performa hp ini. CPU Kryo yang merupakan custom core dari Qualcomm sepertinya mampu mengalahkan Realme 3 yang masih mengandalkan CPU core Cortex A73 dan A53 standar.

Kamera Redmi Note 7 vs Realme 3

Dari segi kamera, mana yang lebih hebat ? Redmi Note 7 vs Realme 3 ? Redmi Note 7 dan Realme 3 punya 2 kamera belakang dan 1 kamera depan. Kamera belakang Redmi Note 7 terdiri dari kamera utama 48MP dan 5MP. Kamera depannya memiliki resolusi 13MP. Sedangkan, Realme 3 punya kamera belakang 13MP dan 2MP serta kamera depan 13MP.

Perbedaan ukuran gambar 12MP dan 48MP.

Dilihat sekilas memang terlihat sekali spesifikasi kamera Note 7 lebih besar, namun sebenarnya resolusi 48MP hanya bisa digunakan dalam mode Pro. Sedangkan untuk foto biasa resolusi kameranya hanya 12MP. Redmi menggunakan teknologi 4 in 1 Super Pixel yang menggabungkan 4 foto 12MP jadi satu sehingga bisa menghasilkan foto beresolusi 48MP.

Hasil foto selfie Realme 3

Meskipun resolusi kamera Realme 3 sedikit lebih tinggi, namun karena Redmi Note 7 sudah dibekali penyetabil gambar EIS dan bisa foto resolusi 48MP, Juragan rasa pemenang kamera adalah Redmi.

Layar Realme 3 vs Redmi Note 7

Untuk urusan layar Realme 3 vs Redmi Note 7, Juragan rasa Redmi lebih baik. Kenapa ? Note 7 punya layar seluas 6.3 inci dan ukuran poninya kecil menyerupai bulatan kecil di atas. Sedangkan layar Realme 3 seluas 6.2 inci dengan poni menyerupai tetesan air. Layar Redmi Note 7 lebih bagus karena resolusinya sudah Full HD+. Sedangkan, layar Realme 3 masih HD+.

Redmi Note 7 punya resolusi layar lebih tinggi

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 7

Redmi Note 7 bisa dibilang lebih unggul dibanding Realme 3. Ada beberapa kelebihan Note 7 yang tidak dimiliki oleh pesaingnya, yaitu:

Kelebihan Redmi Note 7

  • Bodi kaca dengan Corning Gorilla Glass 5 di depan dan belakang
  • Baterai besar dan sudah mendukung Qualcomm Quick Charge 4.0
  • Memiliki port USB tipe C
  • Performa lebih tinggi
  • Kualitas kamera lebih baik, terutama di kondisi low light

Kekurangan Redmi Note 7

  • Tidak punya NFC
  • Tidak bisa rekam video 4K
  • Harga lebih mahal.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 3

Sedangkan Realme 3 masih bisa dijadikan salah satu pilihan hp Android murah 1 jutaan terbaik di pasaran. Spesifikasi yang dimilikinya cukup bagus, walaupun tidak sebagus Redmi Note 7.

Kelebihan Realme 3

  • Harga sedikit lebih murah
  • UI bebas iklan
  • Kapasitas baterai lebih besar
  • Bodi lebih ramping dan ringan

Kekurangan Realme 3

  • Tidak punya NFC
  • Tidak bisa rekam video 4K
  • Resolusi layar lebih rendah
  • Performa lebih rendah
  • Charge baterai lumayan lama.

Kesimpulan: Siapa Lebih Hebat ?

Redmi Note 7 vs Realme 3, siapa yang lebih hebat ? Jika dilihat sekilas dari spesifikasi, fitur, kelebihan, dan kekurangan, jelas sekali bahwa Redmi Note 7 lebih baik dari Realme 3. Perbedaan harga kedua hp ini juga tidak terlalu jauh, hanya 200 ribuan. Dengan perbedaan harga sedikit, Note 7 berhasil membawa performa yang cukup overkill bahkan bisa mengalahkan Realme 2 Pro yang punya processor sama.

Related Post