X

Review iPhone 11 Terbaru: Kamera Ultra Wide dan Chip Terkencang

iPhone 11 bisa dikatakan menjadi pembuktian bahwa produk dengan desain yang “aneh” bisa juga menjadi produk idaman bagi para pencinta gadget apalagi kedua saudara lainnya. Ketika pertama kali desainnya dipresentasi, desain iPhone 11 beserta seri Pro dan Pro Max, mendapatkan kritikan. Beberapa ada yang bilang desain kamera utama iPhone 11 Pro dan Pro Max lebih mirip fidget spinner, dan beberapa ada yang bilang desain 2 kamera utama pada iPhone 11 aneh karena terlihat bulat-bulat seperti itu.

Akan tetapi, Apple memang jago menyihir para pencinta gadget dan juga penggemar produk besutan Steve Jobs dan Steve Wozniak untuk menyukai produknya. Lebih hebatnya lagi, di Indonesia sendiri, sebelum didistribusi secara resmi, pembeli iPhone 11 pun sudah membludak. Nah pada kali ini Juragan akan memberikan review untuk kalian yang penasaran dengan produk terbaru Apple ini. Yuk ikuti artikel ini hingga akhir!

Spesifikasi dan Harga iPhone 11

Harga: Rp 13,000,000 – Rp 16.200,000

Processor Apple A13 Bionic Hexa-Core up to 2.65 GHz
RAM 4GB
Memori Internal 64GB, 128GB, 256GB
Kamera Depan 12MP
Kamera Belakang 12MP F1.8 + 12 MP F2.4
Format Video UHD 2160p @60fps
Layar Liquid Retina IPS LCD, 6.1 inci 1792 x 828 piksel
Dimensi 150,9 mm x 75,7 mm x 8,3 mm
Berat 194 g
Baterai 3110 mAh
WiFi WiFi 802.11a/b/g/n/ac/ax
Bluetooth v5.0
NFC Yes
GPS GPS, AGPS, GLONASS, GALILEO, QZSS
Port 2.0

Desain iPhone 11 yang Nggak Jauh Berbeda dengan iPhone XR

Berbeda dengan Samsung dengan Galaxy S10-nya yang hadir dengan HP tanpa bezel, Apple kali ini nggak mengubah desain yang digunakan pada produk generasi sebelumnya. iPhone seri ini masih menggunakan notch atau poni pada bagian atas. Begitu juga dengan ukurannya, nggak ada perubahan jika dibandingkan dengan iPhone XR. Mungkin ini bisa menjadi pilihan yang cukup tepat apabila kalian pengguna iPhone XR ingin meng-upgrade HP tanpa harus merasakan perubahan yang signifikan.

Nggak cuma itu, secara spesifikasi, layar yang digunakan oleh iPhone 11 nggak berbeda dengan iPhone XR yakni masih menggunakan layar liquid retina berukuran 6,1 inci dengan resolusi 1792 x 828. Mungkin bagi kalian yang masih perhitungan dengan harga yang dibanderol oleh iPhone 11 akan sedikit bertanya-tanya kenapa smartphone di atas 10 juta layarnya masih belum menggunakan panel AMOLED.

Namun, bukan Apple namanya kalau nggak bisa berstrategi dengan baik. Layar pada iPhone 11 nggak bisa dianggap remeh karena gambar yang ditampilkan sangat baik dan tajam, sehingga sangat enak bila digunakan untuk menonton konten favorit kalian pada layar sekecil itu. Ditambah lagi bagi kalian yang doyan dengan warna-warna pastel, iPhone 11 hadir dengan pilihan warna-warna yang cerah dan ceria. Selain itu, walaupun secara desain depan mirip dengan iPhone XR, pada bagian belakang iPhone 11, terlihat sekali perbedaannya. iPhone 11 hadir dengan dua buah lensa kamera 12 MP yang terlihat bulat-bulat. Nah untuk penjelasan kameranya kalian bisa lanjut membaca pada bab berikutnya.

Kamera dengan Lensa Ultra Wide

Nah yang menjadi keunggulan iPhone generasi terbaru ini adalah lensa ultra wide, apalagi bagi kalian pengguna iPhone X atau saudara-saudaranya yang berasa kurang dari segi kameranya. Seri iPhone terbaru ini sendiri terdiri dari tiga kamera, di antaranya: dua buah kamera belakang (kamera utama dengan sensor 12 megapiksel dan kamera ultra wide dengan sensor 12 megapiksel yang memakai lensa 13 mm dengan bukaan f/2.4 dan field of view sebesar 120°. Ditambah lagi kamu kini bisa mendapatkan gambar yang jauh lebih baik ketika memotret pada malam hari atau keadaan cahaya minim.

Lensa wide pada ponsel pintar terbaru besutan Apple ini memungkinkan kalian untuk menghasilkan foto pada sudut yang berbeda. Nggak hanya kamera belakangnya yang menarik, akan tetapi kamera depannya juga nggak kalah keren. Kamera depan dengan 12 megapiksel ini juga dilengkapi dengan fitur TrueDepth yang mampu merekam video dengan resolusi 4K dan 60 fps. Untuk kamu yang ingin membuat video kalian nggak perlu beli kamera lagi. Oiya satu lagi yang menarik, fitur Slofie atau Slow Mo Selfie memungkinkan kamu untuk selfie pada slow motion.

Chip HP Terkencang dengan Kapasitas Baterai yang Lebih Besar

Nggak cuma dari segi kamera saja yang membuat iPhone terbaru ini menarik, prosesor yang disematkan juga ditengarai sebagai chip HP terkencang saat ini. Ketika dijajal menjalankan segala aplikasi terutama game, kalian nggak akan mengalami kendala. Chip A13 Bionic mampu menghasilkan performa yang lebih kencang bila dibandingkan dengan Snapdragon 855. Ketika membuka banyak aplikasi pun iPhone 11 sangat bisa diandalkan. Nggak ada yang namanya nge-lag ketika digunakan untuk main game PUBG atau game berat lainnya pada setting maksimal.

Nggak berhenti dengan performa yang super kencang, iPhone terbaru keluaran tahun 2019 ini ingin menunjukkan bahwa keluhan yang selama ini dilontarkan oleh penggunanya perihal baterai sudah teratasi. iPhone dengan prosesor A13 Bionic ini menggunakan baterai berkapasitas 3110 mAh yang membuat kalian nggak perlu sering-sering nge-charge. Ketika sedang nge-charge pun kalian nggak perlu nunggu lama-lama karena iPhone seri kesebelas ini sudah dilengkapi dengan fitur Fast Charging.

Kesimpulan iPhone 11

Untuk yang punya uang dan sudah punya iPhone X atau XR mungkin dengan keluarnya iPhone 11 akan menjadi hal yang dilematis. Karena banyak pengembangan yang dimiliki oleh iPhone terbaru ini, sepertinya akan membingungkan untuk membeli produk ini. Tapi jika kalian sudah memutuskan untuk membeli HP terbaru Apple ini, kalian juga nggak akan rugi. Dari kamera hingga baterai, iPhone 11 bisa diandalkan banget.

Categories: iPhone Review HP
Related Post