Skip to content
Home » Tips & Trik » 3 Cara Menambah RAM HP Android Kentang (Semua Merk)

3 Cara Menambah RAM HP Android Kentang (Semua Merk)

Bagaimana cara menambah RAM hp Android kentang ? Buat kamu yang punya masalah dengan hp RAM kecil pasti butuh solusi gimana cara menambah RAM di hp Android. Emangnya bisa ?

RAM adalah salah satu komponen paling penting di hp Android. Bukan hanya Android, iPhone juga adalah salah satu komponen penting di iPhone. RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Fungsi RAM adalah untuk memudahkan kamu buka atau menggunakan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan.

Bagaimana Cara Menambah RAM HP Android ?

Di tahun 2020, kapasitas RAM standar untuk hp Android adalah 3GB. Jika kurang dari itu, mungkin agak kesulitan untuk memasang banyak aplikasi di hp Android. Jika kamu terlanjur punya hp RAM kecil, adakah cara menambah RAM Android ?

Cara Menambah RAM HP Android

Kalau yang kamu maksud adalah menambah kapasitas RAM dari 2GB ke 3GB atau 4GB…jawabannya adalah tidak mungkin. Kenapa ? Komponen RAM menempel langsung di motherboard dan tidak bisa dilepas pasang. Oleh karena itu adalah tidak mungkin untuk menambah RAM di hp layaknya PC. Jika kamu ingin menambah RAM, cara satu-satunya adalah ganti hp lama ke hp baru.

1. Cara Ampuh Menambah RAM HP Android

Menambah kapasitas RAM hp Android tidak mungkin. Tapi jika ditanya apakah kapasitas RAM yang ada bisa dioptimalkan jawabannya bisa. Seperti yang kita tahu, sebagian besar kapasitas RAM akan dimakan oleh sistem operasi Android. Jadi misalnya kamu punya hp RAM 2GB, biasanya kapasitas RAM tersisa yang masih bisa digunakan adalah sekitar 0.9GB atau 900 MB.

Nah, jika sisa kapasitas RAM sebesar 900 MB disesaki banyak aplikasi tentu akan membuat hp lemot. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk memaksimalkan kapasitas RAM tersisa. Kapasitas RAM tersisa tersebut bisa kamu maksimalkan supaya hp tidak terasa lemot lagi. Sebelumnya, Juragan sudah pernah menulis tips Cara Mengatasi HP Lemot. Kamu bisa cek tips tersebut untuk memaksimalkan RAM yang ada.

2. Cara Tambah RAM Hp dengan Disable Aplikasi Bawaan

Setiap produk hp punya aplikasi bawaan yang dibawa dalam satu paket aplikasi. Walaupun jarang dipakai, tapi aplikasi bawaan banyak memakan RAM. Untuk memperluas kapasitas RAM yang ada, kamu bisa disable aplikasi bawaan dari pabrikan. Bagaimana caranya ?

cara tambah ram android

  • Buka Google Play Store
  • Tekan tombol Menu di kiri atas
  • Pilih opsi Help & feedback
  • Di kolom search ketik “disable app”
  • Cari topik bantuan dengan judul “Delete or Disable apps on Android”
  • Klik link “Tap to go to Application Settings”
  • Pilih salah satu aplikasi bawaan yang mau di disable
  • Klik tombol “Disable.”

Lakukan cara yang sama untuk disable beberapa aplikasi bawaan lain. Perlu diingat sebelum disable aplikasi, pastiin kamu tidak membutuhkan aplikasi tersebut. Jangan sampai disable aplikasi yang dibutuhkan yaa.

3. Tambah RAM dengan Instal Aplikasi Clean Master

Terkadang ada beberapa aplikasi yang terus menerus berjalan di latar belakang. Untuk ‘membersihkan’ RAM dari aplikasi yang tidak sedang digunakan kamu butuh aplikasi pihak ketiga seperti Clean Master. Aplikasi ini berfungsi membersihkan RAM dengan menghapus berkas sampah, berkas cache, dan aplikasi lain yang terus menerus memakan memori RAM.

Cara Menambah RAM Android

Clean Master bisa mematikan aplikasi yang berpotensi membuat hp Android lemot. Cara menambah RAM hp Android dengan Clean Master adalah cara paling efektif untuk memaksimalkan kapasitas RAM yang ada. Bagaimana cara membersihkan RAM dengan Clean Master ?

  • Download dan instal aplikasi Clean Master di Play Store
  • Jalankan aplikasi Clean Master
  • Tekan opsi Phone Boost
  • Tunggu proses pembersihan RAM selesai.

Setelah selesai, kamu bisa rasakan performa hp Android lebih cepat. Cara menambah RAM hp Android memang tidak mungkin bisa dilakukan. Yang bisa kamu lakukan adalah memaksimalkan kapasitas RAM yang ada. Cara paling ampuh untuk menambah RAM Android adalah untuk batasi instal aplikasi. Jangan pasang aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Selain itu, ketika beli hp baru upayakan untuk beli hp dengan RAM besar. Selain tidak akan menyusahkan kamu untuk cari tahu cara menambah RAM Android, kamu juga bisa pakai hp tersebut untuk dalam jangka waktu lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *