Review Samsung Galaxy Fold: HP Premium Untuk Para Sultan

Bagi para pengguna lama, Samsung Galaxy Fold mengingatkan kita pada HP communicator keluaran Nokia yang dirilis sekitar lebih dari 1 dekade lampau. Namun, apa bila Nokia seri communicator tampil dengan 2 layar yang di antaranya layar LCD berwarna dan layar hitam putih, Galaxy Fold tampil dengan layar LED di bagian depan dan bagian dalam. Sebenarnya, nggak cuma Samsung saja yang menghadirkan smartphone dengan desain seperti ini, Huawei juga membuat produk serupa dengan nama yang nggak jauh berbeda yakni Huawei Mate X.

Samsung Galaxy Fold

Para penggemar Samsung dapat memesan produk ini mulai dari 13 Desember lalu. Dalam Twitter resminya, Samsung mengumumkan bahwa Samsung akan membawa kamera pro yang para penggunanya suka ke level yang baru. Bisa diperkirakan bahwa pada smartphone revolusionernya ini, Samsung nggak hanya tampil dengan desain unik, akan tetapi teknologi terkini dan performa kencang.

Namun, sayangnya smartphone kelas atas super canggih ini cuma dijual 1000 unit. Begitu juga harganya, Galaxy Fold akan dibanderol seharga sekitaran Rp 30 jutaan. Apabila kalian penasaran bagaimana isi jeroan dan bagaimana performanya, kalian bisa mengikuti artikel hingga akhir.

Spesifikasi dan Harga Terbaru Samsung Galaxy Fold

Harga: Rp 40,000,000

Ukuran160.9 x 117.9 x 6.9 mm (unfolded)

160.9 x 62.9 x 15.5 mm (folded)

Berat263 gram
ProcessorSnapdragon 855 Octa Core Up to 2.84 GHz
GPUAdreno 640
RAM12 GB
ROM512 GB
Baterai4380 mAh
LayarAMOLED 7.3 inci 1536 x 2152
Kamera Belakang12 MP, f/1.5-2.4 + 12 MP, f/2.4 + 16 MP f/2.2
Kamera Cover10 MP f/2.2
Kamera Depan10 MP f.2.2 + 8 MP f/1.9
NFCYes
Bluetooth5.0
GPSA-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
Port Audio3.5 mm
Port Charging3,1, Type-C 1.0

Dimensi Ukuran dan Desain Samsung Galaxy Fold

Sebagaimana bentuknya yang dapat diubah menjadi dua bentuk, tentu ukuran dan dimensi yang ditampilkan oleh keduanya berbeda. Ketika dibentangkan smartphone ini memiliki dimensi 160.9 x 62.9 x 15.5 mm. Sedangkan ketika ditutup dimensinya adalah 160.9 x 117.9 x 6.9 mm. Untuk bobotnya, smartphone super canggih ini memiliki bobot yang cukup berat. Tentu saja karena seperti dua buah smartphone digabungkan menjadi satu. Bobot keseluruhan HP keluaran terbaru dari Samsung ini adalah 263 gram.

Samsung Galaxy Fold

Di samping itu, untuk desainnya, smartphone ini mengingatkan para pengguna HP senior kepada Nokia Communicator. Kalian bisa membentangkan menjadi HP dengan layar lebih lebar, dan juga bentuk layaknya smartphone biasa. Sebenarnya, nggak cuma Samsung yang punya HP model begini, Huawei juga punya. Akan tetapi, untuk segi fitur Samsung unggul karena Galaxy Fold dibekali dengan kamera selfie.

Performa Mumpuni dengan Snapdragon 855 dan Layar AMOLED

Kinerja smartphone satu ini didukung oleh dapur pacu besutan Qualcomm yakni Snapdragon 855 yang disertai dengan GPU Adreno 640. Samsung masih belum mau meninggalkan Snapdragon 855 untuk smartphone canggihnya ini. Akan tetapi, Snapdragon 855 untuk menjalankan aplikasi berat dan game 3D dengan grafis keren sudah sangat mumpuni.

Samsung Galaxy Fold

Sepertinya Samsung juga nggak perlu menggunakan Snapdragon 855+ seperti yang ASUS lakukan untuk ROG Phone 2-nya, terhitung Galaxy Fold bukanlah smartphone khusus gaming. Pada divisi layar, Samsung membekalinya dengan layar yang mengusung panel Dynamic AMOLED dengan 16 juta layar. Layar dengan tipe panel ini sudah sangat mumpuni untuk menghasilkan warna yang akurat dan juga konsisten.

Kamera Pro dan Dukungan Jaringan 5G

Di segi kameranya, Samsung sepertinya nggak mau tanggung-tanggung. Samsung menawarkan 6 buah kamera yang terbagi menjadi 3 buah sistem di antaranya: 1 buah kamera untuk selfie dengan sensor 10 MP dan bukaan f/2.2. Kemudian untuk kamera utama atau belakangnya terdiri 3 buah kamera yang masing-masingnya memiliki sensor 12 MP dengan bukaan f/1.5 – 2.4, 12 MP dengan bukaan f/1.4, dan 16 MP dengan bukaan f/2.2 MP.

Samsung Galaxy Fold

Dan terakhir adalah 2 buah kamera di bagian atas layar besar untuk para pengguna yang ingin mendapatkan kamera selfie dan kamera utama yang mumpuni ketika dalam keadaan terbentang maupun tertutup. Katakan selamat tinggal pada teknologi 4G dan 3G, buka pintu untuk 5G. Galaxy Fold sudah mempersiapkan teknologi beberapa tahun kedepan dengan dukungan 5G. Namun, karena teknologi 5G masih belum digunakan secara luas, dukungan teknologi masih belum tepat untuk digunakan.

Kesimpulan

Smartphone premium besutan Samsung ini tentu bukan untuk semua orang. Selain dijual dengan sangat terbatas (1000 unit), harganya juga selangit. Tentu smartphone ini diperuntukkan bagi para sultan atau profesional kelas CEO yang ingin tampil beda dan membutuhkan performa super kencang. Peluncuran Galaxy Fold di Indonesia cukup terlambat terhitung smartphone ini dirilis di luar Indonesia beberapa tahun lalu. Kalau kamu punya uang untuk membeli HP ini, ya silakan saja.

Leave a Comment