Home » Info Terbaru » 10 Chipset Snapdragon Terbaik 2021 Beserta Kelebihannya

10 Chipset Snapdragon Terbaik 2021 Beserta Kelebihannya

SoC atau chipset Snapdragon adalah salah satu merk chipset terbaik dan paling banyak digunakan saat ini. Chipset Snapdragon digunakan banyak merk smartphone, seperti: Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, dan lainnya. Snapdragon dibuat oleh Qualcomm yang merupakan perusahaan yang bergerak di industri komunikasi asal Amerika Serikat. Saat ini Snapdragon memiliki nilai gengsi tersendiri.

Tidak jarang produsen smartphone akan menonjolkan Snapdragon sebagai chipset yang digunakan di tipe smartphone terbarunya. Hal ini karena chipset Snapdragon memiliki nilai jual tersendiri jika dibandingkan merk chipset lainnya. Alasannya karena banyak publik menganggap chipset Snapdragon lebih powerful dibanding merk chipset lain seperti Mediatek dan Exynos.

Kenapa chipset Snapdragon sangat populer ? Apa kelebihan Snapdragon ? Apa seri Snapdragon tertinggi ? chipset merk Snapdragon apa yang paling bagus untuk game ? Semua pertanyaan tersebut bisa kamu temukan jawabannya di bawah ini.

Pengertian Chipset Snapdragon

Snapdragon adalah chipset atau SoC (System on Chip) yang merupakan produk unggulan dari Qualcomm. Disebut SoC karena dalam satu chip terdapat banyak komponen yang penting untuk smartphone. Chipset ini banyak digunakan di berbagai merk smartphone Android. Sama seperti chipset lainnya, Snapdragon juga menggunakan arsitektur ARM.

chipset snapdragon terbaik

Snapdragon memiliki nilai jual tersendiri, sehingga sering ditonjolkan sebagai nilai jual utama di sebuah produk smartphone. SoC Snapdragon terdiri dari berbagai macam komponen, yaitu:

  • CPU, berfungsi sebagai otak utama dari SoC dan memiliki beberapa core dan kecepatan clock
  • GPU, komponen yang berfungsi memproses grafis dan data visual
  • System Memory, berfungsi menyimpan data sementara sebelum diproses
  • Sistem Audio, berfungsi memproses data audio
  • Modem, berfungsi menghubungkan smartphone dengan internet
  • DSP, atau Digital Signal Processor yang bertugas memproses sinyal
  • ISP, atau Image Signal Processor untuk memproses sinyal visual dari kamera
  • GPS, untuk membantu melacak posisi smartphone di peta digital.

Sejarah Snapdragon

Pada awalnya Snapdragon adalah unit bisnis di bawah Qualcomm yang fokus pada teknologi komunikasi berbasis satelit dan CDMA. Pada tahun 2000, Qualcomm melepas unit bisnis mereka, salah satunya adalah divisi teknologi wireless dan CDMA. Selepas itu, Qualcomm melalui Snapdragon mulai fokus memproduksi chip telekomunikasi dengan basis CDMA2000 dan WCDMA.

chipset snapdragon yang bagus untuk game

Hingga pada 2007, Qualcomm memperluas bisnis chip mereka dengan mengembangkan chipset dengan merk Snapdragon pertamanya. Chipset Snapdragon pertama yang diciptakan Qualcomm dibekali prosesor Scorpion. Mulai tahun 2010, bisnis chip Snapdragon semakin berkembang pesat. Meski pada awalnya bisnis chip hanya jadi bisnis sampingan, namun saat ini Snapdragon jadi salah satu pemasukan utama Qualcomm.

Masuk ke era 4G LTE, chip Qualcomm jadi merk chip yang paling ternama di dunia. Apalagi saat Snapdragon memperkenalkan chip Snapdragon 800 dengan LTE Advanced yang langsung menarik banyak perhatian pemerhati smartphone dunia. Qualcomm terus mengembangkan SoC Snapdragon dengan menawarkan CPU dengan GPU yang kencang, ISP yang makin canggih untuk mendukung kamera, hingga AI yang makin cerdas.

Fungsi Chipset Snapdragon

Chipset Snapdragon berfungsi sebagai otak dalam sebuah smartphone. Karena merupakan sebuah System on Chip (SoC), Snapdragon juga memiliki banyak komponen yang saling terkait satu sama lain. Komponen-komponen tersebut punya tugasnya masing-masing. CPU adalah komponen utama yang bertugas mengatur kerja komponen lainnya.

chipset snapdragon

CPU biasanya memiliki banyak Core (misal Octa Core, Hexa Core, Quad Core). Setiap core memiliki kecepatan clock. Dalam sebuah SoC biasanya terdiri dari 2 tipe CPU yaitu CPU Performance yang biasanya berbasis Cortex A7x Series yang bertugas menangani tugas berat dan Cortex A5x Series yang menangani pekerjaan ringan.

Beberapa fungsi chipset Snapdragon selain sebagai otak smartphone adalah:

  • Memproses data dari aplikasi
  • Memproses grafik atau visual gambar
  • Menghubungkan smartphone ke jaringan internet
  • Memproses data audio
  • Memproses sinyal gambar dari kamera
  • Sebagai sistem keamanan utama smartphone.

Jenis Chipset Snapdragon

Di tengah meningkatnya permintaan akan chipset yang bisa digunakan oleh semua kalangan, membuat Qualcomm terus berinovasi dalam memproduksi chipset yang disesuaikan untuk banyak segmen. Hingga saat artikel ini ditulis, Qualcomm punya 4 jenis chipset Snapdragon, mulai dari: Snapdragon 8 Series, 7 Series, hingga 4 Series. Apa saja perbedaan setiap varian SoC Snapdragon ?

1. Snapdragon 8 Series

Snapdragon 8 Series adalah chipset smartphone kelas atas. Snapdragon seri 8 punya semua fitur dan kelebihan yang ada di seri bawahnya. Seri ini bisa memainkan game kelas berat di setingan grafis rata kanan. Pemegang kasta tertinggi di dunia chipset dunia ini memiliki fitur unggulan, seperti: CPU dengan clock speed terkencang, GPU dengan kinerja grafis terbaik, dukungan layar hingga 4K UHD, mendukung kamera resolusi tinggi hingga 200MP, RAM LPDDR 4 terbaru, konsumsi daya rendah dan efisien, dan dukungan koneksi internet seluler hingga 5G.

chipset snapdragon bagus untuk game

SoC Snapdragon 8 Series ditargetkan menjadi pemimpin di dunia chipset. Smartphone kelas flagship dan paling kencang saat ini pasti menggunakan Snapdragon. Teknologi chipset terbaru juga biasanya disematkan di seri 8 terbaru. Hal ini membuat teknologi smartphone ikut berkembang lebih cepat. Snapdragon 8 Series biasanya digunakan oleh hp kelas flagship dan hp gaming.

2. Snapdragon 7 Series

Snapdragon 7 Series termasuk seri chipset terbaru dari Qualcomm. Snapdragon seri 7 ditargetkan untuk konsumen yang menginginkan performa tinggi namun dengan budget terbatas. Chipset ini didukung oleh Qualcomm Artificial Intelligence (AI) Engine sehingga performanya bisa disesuaikan dengan smartphone-nya. Snapdragon seri 7 punya beberapa fitur yang dimiliki Snapdragon seri 8. Dengan adanya Snapdragon seri 7, produsen bisa membuat hp yang kencang namun dengan harga lebih murah.

Beberapa varian chipset Snapdragon seri 7 juga sudah mendukung koneksi 5G. Dukungan kameranya mencapai resolusi 84MP. Snapdragon 7 Series banyak digunakan di hp kelas menengah hingga menengah ke atas.

3. Snapdragon 6 Series

Snapdragon 6 Series merupakan varian chipset yang ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan performa efisien. Chipset ini memiliki teknologi modem terbaru yang memungkinkan kamu bisa menikmati kecepatan upload dan download yang tinggi. Pengguna Snapdragon seri 6 bisa mendapatkan pengalaman gaming yang mulus dan daya tahan baterai lama. Snapdragon seri 6 ini terintegrasi dengan on-board computing yang bisa mengurangi konsumsi baterai sambil memaksimalkan performa hp.

Harga Snapdragon 6 Series cukup terjangkau. Oleh karena itu, chipset ini banyak digunakan di hp kelas menengah ke bawah atau pemula. Saat ini harga hp dengan SoC Snapdragon 6 Series dijual dengan harga di kisaran Rp 1 jutaan – 3 jutaan.

4. Snapdragon 4 Series

Dengan Snapdragon 4 Series, produsen hp bisa membuat smartphone yang murah dan bertenaga. Chipset ini bisa memproses audio dengan jernih, mendukung layar hingga resolusi Full HD, support sensor kamera hingga 48MP, dan koneksi internet stabil dengan upload dan download cepat. Harganya lebih murah dibanding seri lainnya. Oleh karena itu, chipset ini banyak digunakan di hp kelas low-end. Teknologi di Snapdragon 6 Series memungkinkan pengguna hp bisa menikmati performa cepat, baterai tahan lama, dan harga hp yang lebih murah.

Kelebihan Chipset Snapdragon

SoC Snapdragon punya banyak kelebihan. Semua kelebihan tersebut membuatnya jadi chipset terpopuler di dunia. Berikut ini semua kelebihan chipset Snapdragon yang tidak dimiliki chipset merk lainnya:

  • Menyasar Banyak Segmen. Snapdragon punya 4 seri chipset yang ditargetkan untuk berbagai tipe konsumen. Mulai dari kelas profesional, gamer, kelas menengah, hingga pemula. Ini membuat hp harga Rp 1 jutaan hingga belasan juta bisa menggunakan SoC Snapdragon.
  • Terintegrasi dengan Modem 5G. Beberapa varian SoC terbaru Snapdragon sudah mendukung jaringan 5G yang lebih cepat dibanding 4G LTE.
  • Lebih Hemat Energi. Fabrikasi terkecil yang digunakan Snapdragon saat ini sudah mencapai 5nm. Yang paling besar adalah 11nm. Ukuran lebih kecil berarti semakin pada transistor dalam chip. Hal ini membuat kinerja chipset semakin efisien alias tidak boros baterai.
  • Direkomendasikan untuk Gaming. Snapdragon bekerjasama dengan banyak developer game untuk mengembangkan produk chip dan game yang mendukung satu sama lain. Anda bisa mendapatkan setingan grafis ekstra smooth di beberapa game jika menggunakan Snapdragon. Tersedia juga dukungan Qualcomm Quick Touch untuk mengurangi latensi input.

10 Chipset Snapdragon Terbaik di Tahun 2021

Di tahun 2021 ada beberapa chipset Snapdragon terbaik yang paling banyak digunakan. Chipset ini sangat populer dan banyak digunakan pabrikan smartphone ternama seperti: Samsung, Oppo, Xiaomi, Vivo, Realme, dan lainnya. Inilah urutan SoC Snapdragon terbaik menurut Juragan HP:

1. Snapdragon 888

Skor AnTuTu: 724018

Spesifikasi Snapdragon 888

  • CPU: Octa Core Kryo 680 up to 2.84 GHz
  • GPU: Adreno 660 up to 840 MHz
  • Fabrikasi: 5nm
  • TDP: 10W
  • Memory: LPDDR5 3200 MHz, Max. 24GB
  • Storage: UFS 3.0/3.1
  • Display: up to 3840 x 2160 piksel
  • Camera: Single 200MP, Dual 25MP
  • Modem: 5G X60 LTE Cat. 24, Download 2500 Mbps/Upload 316 Mbps.

2. Snapdragon 870

Skor AnTuTu: 656123

Spesifikasi Snapdragon 870

  • CPU: Octa Core Kryo 585 up to 3.2 GHz
  • GPU: Adreno 650 up to 587 MHz
  • Fabrikasi: 7nm
  • TDP: 10W
  • Memory: LPDDR5 2750 MHz, Max. 16GB
  • Storage: UFS 3.0/3.1
  • Display: up to 3840 x 2160 piksel
  • Camera: Single 200MP, Dual 25MP
  • Modem: 5G X55 LTE Cat. 24, Download 2500 Mbps/Upload 316 Mbps.

3. Snapdragon 865+

Skor AnTuTu: 615679

Spesifikasi Snapdragon 865+

  • CPU: Octa Core Kryo 585 up to 3.1 GHz
  • GPU: Adreno 650 up to 645 MHz
  • Fabrikasi: 7nm
  • TDP: 10W
  • Memory: LPDDR5 2750 MHz, Max. 16GB
  • Storage: UFS 3.0/3.1
  • Display: up to 3840 x 2160 piksel
  • Camera: Single 200MP, Dual 25MP
  • Modem: 5G X55 LTE Cat. 24, Download 2500 Mbps/Upload 316 Mbps.

4. Snapdragon 860

Skor AnTuTu: 454274

Spesifikasi Snapdragon 860

  • CPU: Octa Core Kryo 485 up to 2.96 GHz
  • GPU: Adreno 640 up to 675 MHz
  • Fabrikasi: 7nm
  • TDP: 10W
  • Memory: LPDDR4X 2133 MHz, Max. 16GB
  • Storage: UFS 3.0
  • Display: up to 3840 x 2160 piksel
  • Camera: Single 192MP, Dual 22MP
  • Modem: 5G X24, X50 5G LTE Cat. 20, Download 2000 Mbps/Upload 316 Mbps.

5. Snapdragon 765G

Skor AnTuTu: 320074

Spesifikasi Snapdragon 765G

  • CPU: Octa Core Kryo 475 up to 2.4 GHz
  • GPU: Adreno 620 up to 750 MHz
  • Fabrikasi: 7nm
  • TDP: 8W
  • Memory: LPDDR4X 2133 MHz, Max. 12GB
  • Storage: eMMC 5.1, UFS 3.0
  • Display: up to 3200 x 1800 piksel
  • Camera: Single 192MP, Dual 22MP
  • Modem: 5G X52 LTE Cat. 24, Download 1200 Mbps/Upload 210 Mbps.

6. Snapdragon 732G

Skor AnTuTu: 281175

Spesifikasi Snapdragon 732G

  • CPU: Octa Core Kryo 470 up to 2.3 GHz
  • GPU: Adreno 618 up to 810 MHz
  • Fabrikasi: 8nm
  • TDP: 5W
  • Memory: LPDDR4X 1866 MHz, Max. 8GB
  • Storage: eMMC 5.1, UFS 2.1
  • Display: up to 3360 x 1440 piksel
  • Camera: Single 192MP, Dual 22MP
  • Modem: X15 LTE Cat. 15, Download 800 Mbps/Upload 150 Mbps.

7. Snapdragon 720G

Skor AnTuTu: 281228

Spesifikasi Snapdragon 720G

  • CPU: Octa Core Kryo 465 up to 2.3 GHz
  • GPU: Adreno 618 up to 750 MHz
  • Fabrikasi: 8nm
  • TDP: 5W
  • Memory: LPDDR4X 1866 MHz, Max. 8GB
  • Storage: UFS 2.1
  • Display: up to 2520 x 1080 piksel
  • Camera: Single 192MP, Dual 22MP
  • Modem: X15 LTE Cat. 15, Download 800 Mbps/Upload 150 Mbps.

8. Snapdragon 678

Skor AnTuTu: 238668

Spesifikasi Snapdragon 678

  • CPU: Octa Core Kryo 460 up to 2.2 GHz
  • GPU: Adreno 612 up to 800 MHz
  • Fabrikasi: 11nm
  • TDP: 6W
  • Memory: LPDDR4X 1866 MHz, Max. 8GB
  • Storage: eMMC 5.1, UFS 2.1
  • Display: up to 2520 x 1080 piksel
  • Camera: Single 48MP, Dual 16MP
  • Modem: X12 LTE Cat. 12, Download 600 Mbps/Upload 150 Mbps.

9. Snapdragon 662

Skor AnTuTu: 180119

Spesifikasi Snapdragon 662

  • CPU: Octa Core Kryo 260 up to 2.0 GHz
  • GPU: Adreno 610 up to 600 MHz
  • Fabrikasi: 11nm
  • TDP: 9W
  • Memory: LPDDR4X 1866 MHz, Max. 8GB
  • Storage: eMMC 5.1, UFS 2.1
  • Display: up to 2520 x 1080 piksel
  • Camera: Single 48MP, Dual 16MP
  • Modem: X11 LTE Cat. 13, Download 390 Mbps/Upload 150 Mbps.

10. Snapdragon 460

Skor AnTuTu: 149256

Spesifikasi Snapdragon 460

  • CPU: Octa Core Kryo 240 up to 1.8 GHz
  • GPU: Adreno 610 up to 600 MHz
  • Fabrikasi: 11nm
  • TDP: 3W
  • Memory: LPDDR4X 1866 MHz, Max. 8GB
  • Storage: UFS 2.1
  • Display: up to 2520 x 1080 piksel
  • Camera: Single 48MP, Dual 16MP
  • Modem: X11 LTE Cat. 13, Download 390 Mbps/Upload 150 Mbps.

Itulah 10 chipset Snapdragon terbaik di tahun 2021. Snapdragon merupakan SoC terbaik dan paling populer di dunia. Banyaknya seri SoC yang ditawarkan dan performa yang kencang membuat chipset ini jadi nilai jual sendiri bagi produsen smartphone. Hal ini tidak bisa dimiliki merk chipset lain. Baca selengkapnya Snapdragon vs Mediatek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *