Prosesor Mediatek vs Snapdragon, Siapa Lebih Hebat ?

Pertarungan prosesor Mediatek vs Snapdragon semakin sengit. Mungkin sebagian dari kamu masih belum tahu apa bedanya prosesor Snapdragon dan Mediatek. Dua merk prosesor ini sebenarnya memiliki perbedaan. Keduanya masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hingga sekarang, sebenarnya ada beberapa merk prosesor yang digunakan di hp seperti: Exynos, Apple A Series Chipset, dan Kirin. Namun Mediatek dan Snapdragon adalah 2 merk prosesor yang paling banyak dipakai di hp.

mediatek vs snapdragon

Snapdragon dan Mediatek adalah prosesor yang paling banyak dipakai di hp Android. Banyak merk hp ternama menggunakan dua merk chipset ini. Namun hp yang menggunakan Snapdragon lebih banyak dibanding Mediatek. Nah, pada artikel ini Juragan akan menjelaskan apa perbedaan Mediatek vs Snapdragon.

Sejarah Prosesor Snapdragon

Sebelum membahas perbedaan Mediatek vs Snapdragon, Juragan akan jelaskan sejarah prosesor Snapdragon. Chipset Snapdragon dibuat oleh perusahaan Qualcomm. Qualcomm adalah perusahaan multinasional asal Amerika Serikat yang memproduksi perangkat telekomunikasi dan semikonduktor serta mendesain dan memasarkan produk-produk telekomunikasi nirkabel.

Salah satu produk Qualcomm adalah prosesor Snapdragon. Seperti yang Juragan sebutkan sebelumnya, bahwa Snapdragon merupakan chipset yang paling banyak digunakan oleh banyak vendor-vendor hp Android, seperti: Samsung, Oppo, Vivo, Asus, dan Xiaomi.

mediatek vs snapdragon

Selain itu, hp Android flagship umumnya menggunakan prosesor Snapdragon. Untuk hp yang ditujukan untuk pengguna menengah hingga pemula, Qualcomm juga punya prosesor Snapdragon khusus. Untuk segmen menengah, Qualcomm punya prosesor Snapdragon seri 7. Sementara itu, untuk segmen menengah ke bawah atau pemula ada Snapdragon seri 4 dan 6. Untuk hp flagship, disediakan prosesor Snapdragon seri 8.

Prosesor Snapdragon Terbaru di Tahun 2019

Tahun 2019 Qualcomm memproduksi banyak prosesor Snapdragon. Snapdragon terbaru yang diluncurkan tahun ini ada yang dari seri 4, 6, 7, dan 8. Inilah daftar prosesor Snapdragon terbaru yang diluncurkan di tahun 2019:

  • Seri 4: Snapdragon 450, Snapdragon 435, Snapdragon 430, Snapdragon 427
  • Seri 6: Snapdragon 675, Snapdragon 670, Snapdragon 665, Snapdragon 626
  • Seri 7: Snapdragon 730G, Snapdragon 730, Snapdragon 712
  • Seri 8: Snapdragon 855+, Snapdragon 855.

Sejarah Prosesor Mediatek

Setelah penjelasan singkat Snapdragon, pada artikel Mediatek vs Snapdragon ini, Juragan akan menjelaskan secara singkat sejarah Mediatek. Mediatek merupakan perusahaan semikonduktor asal Taiwan yang menyediakan chipset untuk televisi HD, alat komunikasi nirkabel, sistem navigasi, chipset untuk hp, dan yang lainnya.

Perusahaan ini memiliki kantor pusat di Hsinchu, Taiwan dan memiliki 25 kantor di seluruh dunia. Di samping itu, Mediatek adalah perusahaan pembuat IC terbesar nomor 3 di dunia. Perusahaan ini merancang dan menjual chipset sejak tahun 1997.

mediatek vs snapdragon

Mediatek merupakan perusahaan juga yang menemukan dengan prosesor deca-core (10-core) yang disematkan di hp Android. Sudah jelas, semakin banyaknya core, semakin kencang juga kinerja dan performa hp. Selain itu, kinerja multitasking juga lebih kencang dibanding prosesor dengan 4 core atau 8 core.

Prosesor unggulan yang pernah dirilis oleh MediaTek diantaranya adalah: Helio X27 (MT6797X) dan Helio X30 (MT6799), Helio X25 (MT6797T), dan juga Helio X20 (MT6797). Seri X tersebut merupakan seri tinggi yang mana disematkan pada perangkat kelas atas. Sedangkan untuk hp atau perangkat Android kelas menengah Mediatek mendesain chipset Helio P20 (MT6757), Helio P25 (MT6757T), dan juga Helio P70. Seri X tadi merupakan pesaing untuk produk Qualcomm Snapdragon seri 800.

Prosesor Mediatek Terbaru di Tahun 2019

Tahun 2019 Mediatek juga banyak meluncurkan model prosesor terbaru. Semua hp Android terbaru 2019 sudah banyak yang menggunakan prosesor terbaru Mediatek. Di tahun ini, Mediatek fokus menggarap segmen menengah dengan meluncurkan prosessor seri Helio P dan G90 khusus gaming.

  • Helio P Series: Mediatek Helio P90, Helio P70, Helio P65, Helio P65, Helio P35
  • Helio G90 Series: Mediatek Helio G90T.

Performa Mediatek vs Snapdragon

Sekarang kita bandingkan performa prosesor Mediatek vs Snapdragon. Karena hanya fokus di kelas menengah, maka secara otomatis pamor Mediatek masih kalah dibanding Snapdragon yang fokus ke semua segmen. Seri Helio P tertinggi dari Mediatek yaitu Mediatek Helio P90 hanya bisa memperoleh skor AnTuTu 162861. Sementara itu, Helio P70 yang digunakan di Oppo F11 Pro hanya mentok di angka skor 150218.

performa mediatek vs snapdragon

Karena tahun 2019, permintaan hp gaming makin pesat, Mediatek meluncurkan satu prosesor terbaru yaitu Helio G90T. Prosesor ini dipakai di Xiaomi Redmi Note 8 Pro. Performanya lebih kencang dibanding Helio seri P karena bisa memperoleh skor AnTuTu hingga 224759. Lalu bagaimana dengan performa prosesor Snapdragon ?

Prosesor Snapdragon punya banyak seri chipset terbaru. Seri prosesor yang banyak digunakan di kelas menengah adalah Snapdragon 665 dengan skor AnTuTu 139516 dan Snapdragon 675 dengan skor AnTuTu 176791. Sementara itu, performa Snapdragon 712 terbaru punya skor performa 184517. Performa Snapdragon 730 lebih tinggi dengan skor mencapai 217008.

adu hebat mediatek vs snapdragon

Lalu untuk kelas flagship ada prosesor Snapdragon 855 terbaru yang bisa memperoleh skor 377024. Namun karena kurang puas dengan performa 855, Qualcomm meningkatkan performa prosesor terbaru seri 855 menjadi 855+. Prosesor super kencang ini bisa memperoleh skor AnTuTu hingga 395868.

Jika dibandingkan antara performa Mediatek vs Snapdragon, prosesor Snapdragon masih lebih unggul dibanding Mediatek. Selain itu, banyaknya pilihan model prosesor membuat vendor atau pabrikan ponsel punya banyak opsi prosesor untuk dipasang di produknya.

Performa Grafis Snapdragon vs Mediatek

Baik Mediatek atau Snapdragon sama-sama punya GPU integrated. GPU di prosesor Snapdragon dinamai Adreno, sedangkan Mediatek menggunakan GPU Mali dari ARM. Dari segi performa, prosesor Snapdragon membutuhkan dukungan RAM lebih besar. Oleh karena itu, kebanyakan hp dengan Snapdragon punya kapasitas RAM lebih besar. Namun, Mediatek lebih fokus kepada GPU mandiri jadi masih bisa berjalan mulus di hp dengan RAM kecil.

Namun sayangnya, kualitas visual dari prosesor Mediatek masih lebih rendah dibanding Snapdragon. Jadi kurang andal untuk main game dalam setingan resolusi tinggi.

Harga Snapdragon vs Mediatek

Harga prosesor Mediatek lebih murah dibanding Snapdragon. Dengan harga lebih murah, kamu bisa dapetin performa yang kurang lebih sama seperti Snapdragon. Apalagi prosesor Mediatek hanya fokus di kelas menengah saja, jadi hanya bisa ditemukan di hp Android harga 2 jutaan hingga 3 jutaan. Sementara itu, prosesor Snapdragon lebih kencang dan lebih canggih. Oleh karena itu, harganya lebih mahal dibanding Mediatek.

Mediatek vs Snapdragon, Mana yang Bagus ?

Pada kesimpulan artikel Mediatek vs Snapdragon ini, keduanya masing-masing memiliki keunggulan. Jika MediaTek menang di-chipset-nya kelas mid-range, sementara Snapdragon menang di kelas hi-endnya.

Namun ada beberapa seri MediaTek yang belum bisa dikalahkan oleh produk Qualcomm yakni MediaTek P60 yang disematkan pada Oppo F7 dan Nokia 5.1 Plus. Sepertinya untuk teknologi Taiwan sudah bisa menyaingi teknologi dari negara adidaya, Amerika Serikat. Sekarang tinggal kamu yang menentukkan.

Leave a Comment