Ini Dia! Cara Hard Reset Xiaomi Semua Tipe (100 % Berhasil)

Jika kamu punya salah satu pengguna smartphone Xiaomi, apakah kamu tahu cara hard reset Xiaomi? Pada kesempatan kali ini Juragan akan membahas hal ini untuk kamu yang ingin tahu ngoprek smartphone Xiaomi kamu. Sebenarnya untuk melakukan hard reset Xiaomi tidaklah begitu sulit.

Namun, mungkin beberapa dari kamu belum tahu apa artinya hard reset. Hard reset ini dapat kamu terapkan di banyak tipe Xiaomi diantaranya adalah Redmi 4, 4A, 4X, Redmi 5A, 5 Plus, 3s, 3 Prime, Note 4/4X, Note 5A, Mi A1, dan masih banyak tipe yang lainnya.

Hard Reset Xiaomi

Sebagai brand smartphone asal negeri Tiongkok, pengguna Xiaomi kian lama semakin banyak. Hal ini karena Xiaomi memberikan alternatif smartphone berkualitas (dalam aspek spesifikasi dan juga fitur) dengan harga yang lebih terjangkau.

Hal ini bisa jadi karena Xiaomi mengurangi biaya marketing untuk menyuguhkan smartphone berkelas tanpa harus mengurangi kualitasnya.

Walaupun smartphone keluaran Xiaomi memiliki kualitas yang bagus, nggak jarang smartphone mengalami error. Beberapa masalah tersebut seperti layar yang freeze, bootloop, launcher berhenti, aplikasi yang berhenti secara tiba-tiba, dan masih banyak yang lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat melakukan reset.

Ada dua macam reset diantaranya adalah factory reset atau reset pabrik atau hard reset. Artikel ini nggak hanya akan menjelaskan bagaimanca cara hard reset Xiaomi, namun juga factory Xiaomi.

Sebenarnya kedua cara reset tersebut memiliki fungsi yang sama, namun, caranya berbeda. Factory reset atau reset pabrik lebih mudah dilakukan. Mau tahu bagaimana caranya? Berikut langkah bagaiamana cara factory reset smartphone Xiaomi:

Cara Factory Reset HP Xiaomi (Semua Tipe)

Sebelum menjelaskan cara hard reset Xiaomi, Juragan akan memberitahukan cara factory reset smartphone Xiaomi. Caranya mudah banget dan dapat dilakukan untuk semua tipe. Berikut cara-caranya:

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk factroy reset adalah membuka menu Setelan atau Settings. Hard Reset Xiaomi
  2. Kemudian, setelah masuk ke menu tersebut, pilih Settingan tambahan atau Additional settings dan lalu Cadangkan dan Setel Ulang. Hard Reset Xiaomi
  3. Selanjutnya, pilih menu Kembalikan ke Setelan Pabrik pada bagian bawah.
  4. Setelah itu, pilih Setel ulang telepon.
  5. Apabila smartphone Xiaomi kamu memiliki akun Mi, masukkan password akun Mi sebelum kamu melakukan reset pabrik.
  6. Selanjutnya pilih Hapus untuk mengkonfirmasi.
  7. Smartphone Anda akan me-restart dengan otomatis jika proses factory reset smartphone Xiaomi kamu telah selesai.
Baca Juga  Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android Terbaru (Gampang!!)

Cara Hard Reset Xiaomi (Dapat Dilakukan untuk Semua Tipe)

Sebenarnya cara hard reset Xiaomi agak sedikit lebih kompleks dibandingkan dengan melakukan factory reset. Namun ketika sebelum melakukan hard reset Xiaomi kamu, baterai smartphone Xiaomi kamu harus di atas 50%. Berikut langkah cara hard reset Xiaomi.

  1. Pertama-tama ketika Anda ingin melakukan hard reset kamu harus masuk ke Mode recovery terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Matikan smartphone Xiaomi kamu, dan selanjutnya ketika dalam keadaan mati tekan secara bersamaan tombol Power dan Volume Up (+).
  2. Kemudian tunggu hingga smartphone kamu muncul logo Mi dan bergetar. Setelah itu, smartphone Xiaomi kamu akan muncul menu mode Recovery.
  3. Ada cara lain untuk masuk ke Recover Mode dan cara ini sebenarnya lebih mudah sehingga kamu nggak perlu mematikan smartphone kamu. Pergi ke menu Updater/Pembaruan dan lalu pilih menut tiga titik pada bagian pojok kanan atas. Kemudian Reboot to recover mode atau Mulai ulang ke mode pemulihan. Hard Reset Xiaomi
  4. Setelah masuk kem menu mode recovery, kamu akan diminta untuk memilih bahasa apa yang akan kamu gunakan. Pilih English jika hanya bahasa ini yang dapat kamu mengerti. Namun, beberapa smartphone Xiaomi nggak meminta kamu untuk memilih Bahasa apa yang kamu gunakan.
  5. Pilih menu Factory Reset/Wipe Data.
  6. Selanjutnya smartphone Xiaomi kamu akan menampilkan pilihan Wipe All Data dan Back to Main Menu. Pilih Wipe All Data.
  7. Selanjutnya untuk mengkonfirmasi, pilih Confirm untuk reset smartphone kamu.
  8. Tunggu proses hard reset Xiaomi hingga selesai. Nggak lama kok.
  9. Apabila sudah selesai, pilih Back to Main Menu > Reboot > Reboot to System untuk memulai ulang smartphone kamu.
  10. Setelah hard reset Xiaomi selesai, kamu akan diminta untuk melakukan pengaturan umum seperti mengatur jaringan, bahasa, tema, dan yang lainnya.
Baca Juga  Cara Download Foto di Instagram Paling Mudah dan Cepat!

Ada beberapa tipe smartphone Xiaomi yang akan meminta kamu untuk login akun Mi dengan cara memasukkan usernam dan password. Bagaimana mudah bukan? Semoga bermanfaat!

Leave a Comment