Pengertian dan Cara Mengatasi HP Bootloop Paling Berhasil!

Pada kesempatan kali ini Juragan akan kasih tahu kamu lagi cara mengatasi HP bootloop paling mudah dan pasti berhasil. Namun, sebelum kita berangkat ke bagaimana cara mengatasi HP bootloop, Juragan akan kasih tahu dulu apa itu bootloop.

Cara Mengatasi HP Bootloop

Kamu sendiri tahu apa itu bootloop? Bagi yang belum tahu, bootloop merupakan kondisi dimana smartphone Android kamu gagal masuk ke dalam sistem software Android.

Ciri-ciri smartphone kamu sedang bootloop adalah ketika dinyalakan, smartphone kamu hanya menampilkan logo vendor/brand atau Android secara berulang-ulang.

Android sendiri ditengarai sebagai sistem operasi yang paling laris dan juga mudah penggunaannya. Selain itu, smartphone dengan sistem operasi Android memungkinkan penggunanya untuk mengkostumisasikan dan mempersonalisasikan sesuai dengan pengguna ingingkan.

Namun, walaupun memiliki kelebihan, sistem operasi ini juga memiliki beberapa masalah, salah satunya adalah bootloop.

Kamu pasti bingung kenapa bisa begini. Tenang, jangan panik. Kamu nggak perlu langsung pergi ke tukang servis HP atau ke counter HP untuk bayar dengan bayaran yang cukup mahal hanya untuk mengatasi bootloop karena kamu bisa melakukannya sendiri.

Ada dua macam bootloop yang dibedakan berdasarkan tingkat kerusakannya, yang pertama adalah light bootloop dan juga hard bootloop.

Biasanya ketika smartphone kamu mengalami light bootloop, smartphone kamu akan kembali normal seperti sediakala pada waktu singkat.

Sedangkan, ketika smartphone Android kamu mengalami hard bootloop, kamu harus melakukan beberapa langkah untuk mengatasinya karena hard loop hal ini terjadi ditandai dengan gagalnya smartphone kamu masuk ke dalam sistem secara permanen.

Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara mengatasi HP bootloop, ikuti artikel Juragan HP kali ini hingga selesai ya.

Cara Mengatasi HP Bootloop

1. Cara Mengatasi Bootloop Ringan

Sebenarnya bootloop ringan nggak terjadi sering-sering dan kamu juga nggak perlu khawatir. Akan tetapi, bila kamu sedang berada pada posisi yang mendesak untuk menggunakan smartphone, penting banget untuk mengatasi bootloop sesegera mungkin. Nah berikut caranya:

  1. Apabila smartphone Android kamu masih hidup, matikan terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya cabut kartu SIM, memori eksternal, dan baterai (jika baterai yang digunakan bukan baterai tanam).
  3. Diamkan selama 30 menit hingga 24 jam.
  4. Pasang kembali komponen-kompoen tersebut, dan nyalakan lagi smartphone Android kamu.
    Apabila smartphone kamu sering terjadi bootloop, lakukan cara-cara selanjutnya.
Baca Juga  Cara Backup Chat LINE Buat dari Hp Lama ke Hp Baru

2. Menghapus Sistem Cache

Jika cara-cara pertama belum berhasil dengan sempurna, kamu bisa menghapus sistem cache pada smartphone Android kamu. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

Untuk melakukan cara mengatasi HP bootloop pertama ini, pertama-tama masuk terlebih dahulu ke menu Recovery (masing-masing smartphone Android memiliki cara masuk ke Recovery Mode yang berbeda-beda).

Juragan akan memberikan cara berikut sebagai contoh. Mungkin smartphone kamu salah satunya yang menggunakan cara ini untuk masuk ke Recovery Mode.

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tahan tombol Power + Volume Down selama beberapa saat hingga muncul logo vendor pada layar smartphone kamu.
  2. Kemudian lepas tombol-tombol tersebut, dan nanti akan muncul menu Recovery Mode setelahnya.
  3. Pilih menu Advance, dan pilih opsi “Wipe-Dalvik Cache”.
  4. Kemudian pilih menu Mounts & Storage, dan selanjutnya pilih Wipe/Cache.

3. Wipe Cache Partition

Cara mengatasi HP bootloop selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah metode Wipe Cache Partition. Pada dasarnya, metode ini akan membersihkan file cache yang ada pada memori smartphone Android kamu.

Cara Mengatasi HP Bootloop

Sebenarnya untuk melakukan metode ini kamu juga harus switch smartphone kamu ke Recovery Mode. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tahan tombol Power + Volume Down beberapa saat sampai muncul logo vendor.
  2. Selanjutnya setelah melepas kedua tombol tersebut, nanti akan muncul menu Recovery Mode.
  3. Kemudian pilih opsi Wipe Cache Partition.
  4. Nanti akan muncul notifikasi konfirmasi, dan pilih Yes setelahnya.

4. Factory Reset

Metode selanjutnya untuk mengatasi HP bootloop adalah dengan cara Factory Reset atau Wipe Data. Sama seperti kedua cara sebelumnya, untuk melakukan cara ini, kamu harus mengubah smartphone kamu ke Recovery Mode, untuk lengkapnya, ikuti cara-cara ini:

Baca Juga  3 Cara Cepat Membersihkan Kamera HP Buram & Berdebu

Cara Mengatasi HP Bootloop

    1. Tahan tombol Power + Volume Down beberapa saat sampai muncul logo vendor.
    2. Selanjutnya setelah melepas kedua tombol tersebut, nanti akan muncul menu Recovery Mode.
    3. Kemudian pilih menu Backup & Restore, dan lalu pilih menu Backup.
    4. Selanjutnya pilih menu Wipe Data/Factory Reset.
    5. Setelah muncul notifikasi, pilih Yes.

5. Install Firmware atau Flashing

Cara mengatasi HP bootloop terakhir adalah dengan menginstal kembali firmware atau yang dikenal dengan nama flashing.

Apabila kamu ingin melakukan metode ini, sebaiknya kamu memiliki firmware atau stock ROM yang sesuai dengan vendor dan tipe smartphone atau tablet Android yang kamu punya. Kamu bisa menggunakan mbah Google apabila belum punya firmware.

Bagaimana, mudah bukan? Kini kamu nggak perlu khawatir ketika smartphone atau tablet Android kamu mengalami bootloop. Kamu bisa melakukannya sendiri kok. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Comment