Mengetahui Lebih Dalam Pengertian Firmware (Lengkap Banget!)

Artikel Juragan kali ini akan membahas tentang pengertian firmware secara mendalam. Kamu sendiri tahu pengertian firmware? Kita sebagai masyarakat modern tetunya sangat membutuhkan yang namanya alat elektronik, karena berkat produk-produk teknologi terkini ini, kegiatan kita sangat dimudahkan. Kegiatan mulai dari memasak, mencuci, hingga mendapatkan hiburan kini semakin cepat didapatkan.

Pengertian Firmware

Perangkat-perangkat eletronik sendiri terdiri dari beebrapa komponen yang kita sebut sebagai perangkat lunak atau software dan perangkat keras ataupun hardware. Software atau perangkat lunak merupakan istilah untuk data yang disimpan secara digital sebagai informasi yang dapat dibaca dan ditulis dengan komputer.

Dapat dikatakan bahwa software merupakan sistem virtual yang terdapat pada komputer. Sementara itu, hardware merupakan komponen fisik yang ada pada sebuah komputer atau perangkat elektronik.

Namun, ada salah satu jenis software yang memiliki fungsi yang cukup penting pada beberapa perangkat elektronik. Software ini dinamakan sebagai firmware. Untuk lebih lengkapnya akan Juragan bahas di bab selanjutnya. Terus ikuti ya.

Pengertian Firmware

Pada dasarnya firmware adalah software komputer yang memiliki kelas tertentu yang memberikan kontrol low-level untuk hardware spesifik pada perangkat-perangkat elektronik. Bisa dikatakan firmware itu merupakan program yang dibenamkan pada perangkat elektronik.

Sebenarnya untuk membedakan firmware dan software sendiri agak sulit. Mungkin karena firmware adalah software juga.

Firmware sendiri memiliki sifat yang nggak berbeda jauh dengan sistem operasi yang terinstal pada komputer. Maka dari itu, firmware bisa dikatakan memiliki fungsi yang penting atau krusial pada sebuah perangkat elektronik.

Pada awalnya firmware sendiri dibuat sebagai software atau perangkat lunak yang berbeda dengan software pada umumnya karena dapat diubah tanpa harus mengganti komponen-komponen pada hardware-hardware tersebut.

Baca Juga  20 Hp Dual Kamera Murah Terbaru + Spesifikasi (1-2 Jutaan)

Namun yang membedakan software dengan firmware adalah, seperti dengan namanya, firmware, jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia memiliki arti kukuh, perangkat lunak yang tersimpan di penyimpanan read-only. Maka dari itu, firmware juga nggak bisa diubah atau berubah ketika listrik udah nggak teraliri ke perangkat keras.

Firmware juga nggak hanya terdapat pada komputer, namun juga alat elektronik lainnya seperti mesin cuci, remote control televisi, kalkulator, dan yang lainnya. Firmware dibawa di perangkat-perangkat seperti ROM, EPROM, dan memori flash yang mana merupakan bukan bagian dari memori yang stabil. Oleh karena itu, mengganti firmware pada sebuah perangkat sangat jarang atau bahkan nggak pernah dilakukan.

Pengertian Firmware (Sejarah Firmware)

Pada tahun 1967, seorang ahli komputer yang bernama Ascher Opler mencetuskan nama Firmware di sebuah artikel di majalah Datamation. Asalnya, firmware merupakan istilah yang diciptakan agar membedaan dengan hardware dan software. Kemudian isitilah ini menjadi kesepakatan akan istilah dari program komputer yang melekat dan terhubung dengan hardware.

Pengertian Firmware (Pengaplikasian Firmware)

1.  Penggunaan Firmware pada Komputer Personal (Laptop atau Desktop)

Yang kita ketahui, pada komputer personal banyak jenis aplikasi atau software yang kita instal, salah satunya adalah sistem operasi. Sistem operasi merupakan salah satu software terpenting pada komputer. Begitu juga dengan firmware yang punya peran penting pada komputer.

Biasanya firmware terdapat pada hardware komputer seperti hard disk, DVD atau Blu-Ray Drive, printer, flash disk, dan yang lainnya terdapat firmware.

2. Penggunaan pada Perangkat Konsumen Sehari-hari

Seperti yang kami jelaskan pada bab sebelumnya bahwa perangkat-perangkat elektronik seperti mesin cuci, pemutar musik portabel, remote tv, bahkan hp atau smartphone menggunakan firmware. Pada tahun 2010, banyak pemutar musik yang mendukung firmware yang diupgrade.

Baca Juga  15 Merek Hp Buatan Indonesia Terbaru (Nggak Nyangka!)

Pengertian Firmware

Beberapa perusahaan menggunakan update firmware untuk menambahkan format baru. Fungsi firmwire juga mampu memperpanjang daya tahan baterai pada perangkat elektronik.

3. Otomotif

Satu lagi penggunaan firmware adalah pada mobil. Pada tahun 1996, hampir semua mobil menggunakan komputer on-board dan beberapa sensor untuk mendeteksi masalah mekanis.

Pengertian Firmware

Kemudian seiring berjalannya waktu, pada tahun 2010, mobil-monbil modern menggunakan teknologi baru seperti ABS (anti-lock braking systems) yang dapat dikontrol dan juga TCUs (transmission control unit) yang dioperasikan oleh komputer. Segala teknologi yang berkembang pada mobil hingga kini hadir berkat dari firmware itu sendiri.

Maka dari itu, firmware memiliki peranan penting pada alat-alat elektronik yang ada di rumah kamu.

Leave a Comment