Review Samsung Galaxy A80: Desain Keren dengan Kamera Canggih

Dengan dirilisnya Samsung Galaxy A80, Samsung ingin membuktikan bahwa mereka nggak ingin berhenti berinovasi dan terus menjadi sebuah perusahaan smartphone terbaik di dunia. Setelah merilis HP flagshipnya pada bulan Maret, Samsung ingin mencuri perhatian pada pengguna smartphone keluaran terbarunya dengan Galaxy A80. Sepertinya Samsung mulai konsisten untuk merancang desain tanpa bezel untuk produk-produk keluaran 2019-nya.

Pada tahun 2019, alih-alih melanjutkan seri J, Samsung kini menghadirkan seri A yang menyasar kelas menengah – menengah atas. Di produknya kali ini kalian nggak akan melihat kamera depan. Lantas, apakah Samsung menghilangkan fitur kamera depannya? Pasti nggak dong. Kamera depan atau selfie kini sudah menjadi fitur wajib untuk smartphone. Karena mengusung desain bezeless yang membuatnya tampil semakin sleek, Samsung Galaxy A80 hadir dengan desain slide. Mau tahu kelanjutannya? Nah ikuti artikel Juragan HP pada kali ini untuk lebih lengkapnya. Ikuti ya hingga akhir.

Samsung Galaxy A80

Spesifikasi dan Harga Terbaru Samsung Galaxy A80

Harga: Rp 9,500,000

Ukuran 165.2 x 76.5 x 9.3 mm
Berat 220 gram
Processor Snapdragon 730G Octa Core Up to 2.2 GHz
GPU Adreno 618
RAM 8 GB
ROM 128 GB
Baterai 3700 mAh
Layar Super AMOLED 6.7 inci 2400 x 1080
Kamera Belakang 48 MP, f/2.0 + 8 MP, f/2.2 + ToF 3D, f/1.2
Kamera Depan Seperti kamera depan
NFC Yes
Bluetooth 5.0
GPS A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
Port Audio 3.5 mm
Port Charging 2.0, Type-C 1.0

Dimensi Ukuran dan Desain Samsung Galaxy A80

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Samsung Galaxy A80 mengusung desain slide untuk menghadirkan tampilan sleek dengan layar full bezeless tanpa halangan sama sekali, berbeda dengan apa yang Samsung lakukan pada Galaxy S10 atau S10 Plus. Kamera depan tersimpan ketika kalian menggeser layarnya.

Baca Juga  Review Samsung M30s: Hp Terbaru dengan Baterai Terbesar

Samsung Galaxy A80

Hal ini mengingatkan kita pada desain HP yang pernah dibuat satu dekade lebih lalu. Inovasi yang dilakukan Samsung ini bisa jadi menjadi gebrakan desain smartphone masa depan. Untuk ukurannya, Galaxy A80 hadir dengan dimensi ukuran 165.2 x 76.5 x 9.3 mm yang tergolong cukup besar di genggaman. Sedangkan untuk bobotnya, Galaxy A80 tergolong cukup berat yakni mencapai 220 gram.

Selain itu, yang menjadi daya tarik Galaxy A80 adalah layar yang diusungnya. Smartphone besutan Samsung ini mengusung layar 6,7 inci dengan panel Super AMOLED serta resolusi Full HD+ 2400 x 1080 piksel. Dengan layar lebar dan resolusi tinggi serta panel Super AMOLED, kalian akan merasakan bagaimana nikmatnya menonton konten, bahkan di bawah sinar matahari.

Layar Super Jernih dan Performa dengan Snapdragon 730G

Dari segi desain, memang Galaxy A80 tergolong smartphone yang keren banget, namun desain keren tanpa performa yang bertenaga akan percuma. Smartphone satu ini ditenagai dengan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 730G octa-core yang disertai dengan GPU Adreno 618. Bagi sebagian orang, penggunaan Snapdragon 730G untuk smartphone yang dibanderol di atas Rp 9 jutaan, sangatlah tanggung.

Samsung Galaxy A80

Harga tersebut seharusnya sudah mendapat smartphone flagship. Namun, hanya karena bukan CPU kelas flagship, Snapdragon 730G tergolong chipset kencang. Bagi yang ingin memainkan game 3D dengan grafis terkini seperti Asphalt 9, PUBG Mobile, dan semacamnya, chipset ini sangatlah mumpuni. Kalian bisa mendapatkan fps tinggi pada konfigurasi paling tinggi pula. Bahkan chipset ini memiliki kemampuan rendering 25 persen lebih baik.

Fitur Baru Samsung Galaxy A80 : Rotating Kamera

Produsen HP kini terus berlomba-lomba merancang kamera terbaik untuk produk-produknya. Ini karena kamera pada smartphone adalah salah satu fitur terpenting. Begitu juga dengan Samsung Galaxy A80, kamera adalah salah satu poin terpenting HP ini. Yang membedakan HP ini dengan produk lainnya adalah fitur kamera yang dinamakan Rotating Camera. Rotating Camera atau kamera depan adalah sebuah konfigurasi kamera yang sama antara kamera depan dengan belakang. Maka dari itu, dengan teknologi ini, hasil atau kualitas yang dihasilkan kamera depan dan belakang bisa sama.

Baca Juga  7 Spesifikasi Vivo V7 Plus Terbaik dan Harga Terbaru 2019

Galaxy A80 memiliki 3 buah kamera yang kamera utamanya hadir dengan sensor 48 MP dengan bukaan f/2.0. Selain itu, untuk kamera ultra-widenya, Samsung hadirkan dengan kamera dengan sensor 8 MP dengan 123°. Dan kamera satu lagi yang ada pada Samsung Galaxy A80 adalah 3D ToF. Kamera 3D ToF mampu mengukur kedalaman dan dimensi obyek.

Kapasitas Baterai Kurang Besar

Hal ini yang menurut kami jadi kekurangan dari Samsung Galaxy A80. Dibandingkan dengan adiknya, Galaxy A70, baterai yang ditanamkan pada smartphone ini hanya berkapasitas 3,700 mAh ketika adiknya tersebut menggunakan baterai berkapasitas 4,500 mAh. Apalagi smartphone satu ini berukuran besar. Bagaimana dengan daya tahannya? Untuk penggunaan normal, kalian bisa menggunakan smartphone ini dari pagi hingga malam. Akan tetapi apabila kalian menggunakan untuk gaming dengan waktu lama, jangan harap bisa bertahan lama.

Kesimpulan

Kalau nggak lihat dari segi desain dan fiturnya, Samsung Galaxy A80 bisa menjadi smartphone tanggung, apalagi harganya yang cenderung mahal sehingga kalian bisa membeli smartphone kelas flagship. Akan tetapi, smartphone ini tetap layak kok menjadi smartphone terbaik untuk menutup tahun 2019 dan menyambut tahun 2020.

Leave a Comment