Review Samsung Galaxy A9 (2018), Spesifikasi + Harga Terbaru

Samsung Galaxy A9 merupakan hp quad-cam pertama yang ada di pasaran, bahkan seri flagship yang baru dirilis beberapa waktu lalu nggak hadir dengan fitur ini.

Hp besutan perusahaan elektronik asal negeri gingseng ini dirilis akhir tahun lalu. Bayangannya sih, hp dengan empat buah kamera pasti bakalan menghasilkan hasil jepretan yang bagus, tapi apakah memang seperti itu?

Samsung Galaxy A9

Tenang aja, Juragan akan kasih tahu kamu bagaimana kamera dari Galaxy A9. Sebelum berangkat ke kamera, Juragan bakal ngasih tahu kamu tentang penampakan fisik dan paket penjualannya.

Setelah ngeledek model poni iPhone X, Samsung sepertinya nggak mau menelan ludah sendiri dengan ikut-ikutan buat HP dengan notch. Dan A9 sepertinya merupakan implementasi Samsung akan ledekan terhadap iPhone X.

Harga Samsung Galaxy A9

Samsung Galaxy A9 hadir dengan tiga varian warna yang yakni Caviar Black, Lemonade Blue, Bubblegum Pink. Warna model bunglon kaya gini memang lagi ngetren di dunia hp, dan Samsung sukses mengaplikasikannya.

Samsung Galaxy A9

Dalam paket penjualannya, Samsung menyertakan kabel USB Type-C, earphone, buku panduan berbahasa Indonesia dan Inggris, SIM card ejector, dan juga travel adapter yang telah mendukung adaptive fast charging.

Walaupun terlihat lengkap, ada satu hal yang menurut Juragan kurang, yaitu case protectornya. Akan tetapi, jika kamu memang mau beli hp ini, kamu bisa memesan dan membelinya di website jual-beli atau bisa langsung ke pusat perbelanjaan.

Untuk spesifikasinya, Samsung Galaxy A9 dibekali dengan prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 660. Sedangkan untuk memori internal, Samsung menawarkan opsi diantaranya 64 GB atau 128 GB. Untuk RAM-nya, kamu juga diberi pilihan, mau yang 8 GB RAM atau yang 6 GB RAM.

Apabila kamu tertarik untuk membeli hp kelas menengah besutan Samsung, kamu bisa mengeluarkan uang sebesar Rp 8,313,000. Baca: Daftar Harga Hp Android Terbaru.

Performa Tanggung HP 8 Jutaan

Untuk hp kelas menengah sepertinya harga yang ditawarkan Samsung untuk produknya ini cukup tinggi. Tapi Samsung merupakan brand yang namanya sudah dipercaya, ya kalau kamu fans-nya Samsung, kamu bisa langsung beli di platform e-commerce lokal.

Samsung Galaxy A9

Jika bicara masalah performa kita nggak bisa melepaskan apa CPU dan GPU yang digunakan oleh sebuah hp. Tentu saja, sebagai otak, prosesor adalah komponen terpenting terkait dengan performa.

Hp Samsung yang dirilis akhir tahun lalu ini dibekali dengan prosesor quad-core Snapdragon 660. Prosesor ini memang dibanyak digunakan hp kelas menengah.

Untuk performa gaming, untuk hp seharga segini cukup nanggung. Mungkin untuk kamu yang cuma main game casual, hp ini ya nggak begitu berpengaruh secara signifikan, namun, untuk game-game 3D seperti PUBG, untuk hp berharga 8 jutaan, Juragan rasa kurang banget.

Apalagi terlebih lagi, banyak pesaingnya yang sama-sama menggunakan processor Snapdragon 660 yang harganya di bawah 5 jutaan, bahkan ada yang cuma dibanderol seharga 2 jutaan.

Yang Juragan tanyakan, kenapa sih Samsung nggak menggunakan Snapdragon 710, terhitung hp ini harganya 8 jutaan. Pesaingnya yang juga menggunakan Snapdragon 660, seperti ASUS ZenFone Max Pro M2, harganya lebih dari setengah Samsung Galaxy A9.

Bagi Juragan, apabila kamu brand minded, dan nggak mau mikirin spesifikasi yang ada di dalam hp, ya monggo aja membawa pulang Galaxy A9.

HP Pertama Kamera 4, Emang Sehebat Itu?

Pada hp nya ini, Samsung membekali 4 kamera di bagian belakangnya. Ini yang jadi daya tarik Galaxy A9. Tapi apa iya, kameranya sekeren itu? Mungkin kamu penasaaran karena Galaxy A9 merupakan hp pertama dengan 4 buah kamera.

Samsung Galaxy A9

Kameranya diantaranya 24 MP, 8 MP, 10 MP, dan 5 MP. Karena Galaxy A9 memiliki 4 kamera, hp besutan Samsung ini dibekali lensa yang lengkap.

Bagi kamu yang pengin foto dengan jangkauan yang lebih lebar, Galaxy A9 mampu memenuhi keinginan kamu ini. Lensa ultrawide sudah tersematkan pada kamera 8 MP nya.

Hasil jepretan kamera hp ini menurut Juragan oke kok. Mode auto kameranya mampu menghasilkan gambar yang bagus banget. Begitu juga kamera 24 MP-nya yang memiliki apertur f/2.0 yang kualitas gambarnya juga nggak kalah bagus.

Tapi untuk hp 4 kamera dengan harga 8 jutaan, jika dibandingkan dengan hp flagship killer yang harganya sebanding atau lebih murah, kameranya tergolong biasa aja.

Nah, ini yang menurut Juragan menjadi kekurangan dari kameranya Samsung Galaxy A9 yakni perekam videonya. Karena nggak dilengkapi dengan stabilizer, ketika merekam video kamu akan melihat efek goyang.

Kesimpulan

Juragan nggak bisa melarang kamu untuk membeli hp ini apalagi kamu udah ngebet dan punya duitnya. Akan tetapi, Juragan sih mau nyaranin aja sih, sebaiknya kamu tahan dulu untuk beli hp ini, karena untuk hp dengan Snapdragon 660, harganya kemahalan.

Mungkin Juragan cuma bisa nyarankan ke Samsung bahwa seenggaknya gunakan chipset diatasnya seperti Snapdragon 710. Atau nggak kamu bisa ambil Mi 9 kalau kamu pengin spesifikasi yang lebih tinggi dengan harga yang nggak jauh. Cek Daftar Harga Hp Samsung Terbaru.

Spesifikasi Samsung Galaxy A9

Spesifikasi Samsung Galaxy A9
ProcessorSnapdragon 660 Octa-Core up to 2.2 GHz
RAM6GB, 8GB
Memori Internal64GB, 128GB
Memori EksternalMicro SD up to 512 GB
Kamera Depan24MP
Kamera Belakang24MP F1.7/F2.4/F2.4/F2.2 + 8MP ultrawide + 10MP 2X optical zoom + 5 MP Depth Sensor
Format VideoUltra HD 2160p @30fps
LayarSuper AMOLED, 6.3 inci FHD+ 2220 x 1080 piksel
Dimensi162.5 mm x 77 mm x 7.8 mm
Berat183 g
Baterai3800 mAh
WiFiWiFi 802.11a/b/g/n/ac
Bluetoothv5.0
NFCYes
GPSGPS, AGPS, GLONASS, BDS, GALILEO
Audio Jack3.5 mm Standard
PortUSB Type-C 1.0

Leave a Comment