Vivo Vs Oppo: Diantara Mereka Siapakah yang Lebih Hebat?

Perang antara Vivo vs Oppo belumlah berakhir. Bahkan badut maskot mereka pun juga ikutan berperang. Keduanya berasal dari negeri tirai bambu, namun terus aja berperang satu sama lain dalam hal penjualan. Kita sering lihat di papan reklame kalau Oppo itu handphonenya Raisa, sang Diva Indonesia itu.

Vivo Vs Oppo

Tapi kenapa sih Oppo gempur-gempuran banget ngiklanin produknya nggak seperti Xiaomi yang diam aja dan kalem tapi tetap mampu meraih konsumen baru disetiap tahunnya.

Kedua brand hp Android asal RRT (Republik Rakyat Tiongkok tersebut) masing-masing merilis seri hp dengan spesifikasi tinggi dan kamera bagus. Nggak hanya itu, keduanya juga merilis hp dengan desain yang semakin modern.

Yang lucunya keduanya merilis hp Android dengan desain yang nggak beda jauh. Ambil saja contoh Oppo F9 dengan Vivo F11. Keduanya punya notch atau poni seperti rambutnya Bejita Dragon Ball. Yang membedakannya adalah posisi kamera belakangnya. Ketika Oppo F9 meletakkan kamera belakang gandanya secara horizontal, Vivo V11 memiliki kamera belakang ganda yang terpasang secara vertikal.

Keduanya juga memiliki versi pronya. Namun yang membedakannya adalah chip atau prosesor yang terpasang pada hp Android Vivo vs Oppo. Jika Oppo F9 menggunakan chip asal Taiwan, MediaTek MT6771 Helio P60, sedangkan, Vivo V11 menggunakan prosesor asal Amerika Serikat, yakni Qualcomm Snapdragon 660.

Nggak lama, kedua pesaing tersebut merilis hp Android flagshipnya yang mana keduanya bernama Nex dan Find X. Keduanya pun bersaing dalam hal desain. Sepertinya hp Android dengan notch atau poni udah nggak ngetren lagi, maka dari itu, Vivo vs Oppo merilis hp Android dengan display full dan bezel tipis. Beberapa orang mempertanyakan akan kamera selfie jika displaynya full dan bezeless. Tapi keduanya sudah mengantisipasinya.

Jika Oppo Find X memiliki desain slide seperti yang dimiliki oleh Mi Mix, sedangkan Vivo V11 hadir dengan kamera depan yang bisa dimunculkan. Mungkin untuk perbandingan hp flagship Vivo vs Oppo lebih lanjut Juragan bakalan kasih tahu kamu sebentar lagi. Jangan kemana-mana ya.

Komparasi Vivo vs Oppo

Vivo Nex merupakan hp flagship yang ditenagai dengan chip Qualcomm Snapdragon 845. Hingga saat ini, prosesor ini merupakan prosesor yang digunakan untuk hp Android flagship. Vivo Nex hadir dengan metode autentikasi biometrik berupa sensor sidik jari.

Hp ini dibekali dengan varian memori berkapasitas 6 GB dan 8 GB. Kamera belakang Vivo Nex ini hadir dengan kamera ganda beresolusi 12 MP dan 5 MP. Sedangkan kamera selfienya beresolusi 8 MP. Kapasitas baterainya pun besar. Vivo Nex dibenamkan sebuah baterai berkapasitas 4,000 mAh.

Vivo Vs Oppo

Sepertinya hampir semua hp Android flagship menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 845. Pun Oppo Find X. Hp ini dibekali dengan memori berkapasitas 8 GB RAM dan ROM 256. Sebenarnya Oppo Find X hadir dengan edisi Lamborghini. Bagi kamu yang pengen punya Lamborghini tapi uang kamu belum kekumpul hingga bermilyar-milyar, punya Oppo Find X Lamborghini juga bisa.

Vivo Vs Oppo

Oppo Find X dibekali dengan kamera belakang ganda beresolusi 16 MP dan 20 MP. Selain itu, untuk kamera depannya, Oppo Find X hadir dengan kamera depan 25 MP. Jika Vivo Nex menggunakan baterai berkapasitas 4,000 mAh, Oppo Find X dibekali dengan baterai yang kapasitasnya lebih rendah dari Vivo Nex, yakni hanya 3,730 mAh (untuk edisi Lamborghini 3,400 mAh.

Bagaimana dengan harganya? Manakah yang lebih murah? Untuk seri tertingginya Vivo Nex dibanderol dengan harga Rp 10,9 juta. Sedangkan Oppo Find X dibanderol seharga Rp 16,3 juta. Sepertinya dari segi harga perbedaannya signifikan banget. Oppo Find X juga nggak cuma hadir dengan sistem operasi Android 8.0 (Oreo), namun juga Color OS 5.1. Sedangkan lawan bebuyutannya cuma hadir dengan sistem operasi Android 8.0.

Jika kamu punya uang lebih, mungkin versi Lamborghini cocok buat kamu. Edisi Lamborghini Oppo Find X hadir dengan desain yang nggak beda dari versi biasa, namun dengan logo banteng nyeruduk Lamborghini tersebut. Spesifikasinya juga lebih tinggi dari edisi biasa. Pada edisi Lamborghini, Oppo Find X dibekali dengan media penyimpanan internal berkapasitas 512 GB. Enak banget kan?

Kesimpulan

Oppo dan Vivo masing-masing memiliki konsumennya sendiri. Mereka kini saling bersaing satu sama lain. Tapi banyak yang curiga bahwa kedua merk ini saling berkaitan satu sama lain. Seperti yang juragan temukan di detik.com bahwa kedua merk tersebut ada di bawah payung yang sama yakni perusahaan yang bernama BBK. Maka dari itu, janganlah suka berantem seperti badut Vivo vs Oppo.

Leave a Comment