Review ASUS ROG Phone 2: HP Gaming Ideal dan Powerful

ASUS ROG Phone 2 baru saja dirilis dan dijual dibeberapa store resmi. Tentu, peluncuran smartphone gaming generasi kedua besutan ASUS ini menjadi berita gembira bagi gamers mobile yang sudah menunggu-nunggu rilisnya produk ini. Seperti yang kita tahu, pasar mobile gaming kini semakin berkembang, terutama di Indonesia. Terlebih lagi pemerintah sudah mendukung sektor ini dengan membuat kompetisi.

ASUS ROG Phone 2

Begitu juga dengan bertambahnya tim esport yang melahirkan talenta-talenta baru gamers kompetisi. Nggak hanya dari segi pemainnya, banyak produk-produk penunjang mobile gaming penjualannya berkembang subur akhir-akhir ini. Tengok saja Xiaomi merilis Black Shark yang bahkan kini menghadirkan Black Shark 2, hingga produk seperti Pocophone yang harganya lebih terjangkau.

ASUS ROG Phone 2

Setelah cukup sukses dengan ASUS ROG Phone pertama, ASUS akhirnya melanjutkan kesuksesan tersebut dengan ASUS ROG Phone 2. Tentunya ROG Phone kedua ini memiliki performa yang jauh lebih kencang dan teknologi yang dikembangkan lebih jauh lagi. Prosesornya ROG Phone 2 juga nggak main-main. ASUS menyematkan Qualcomm Snapdragon 855+ pada smartphone gaming satu ini. Untuk selanjutnya kami akan menejelaskan di bab selanjutnya. Penasaran kan? Makanya yuk ikut artikel ini hingga akhir.

Spesifikasi dan Harga Terbaru ASUS ROG Phone 2

Harga: Mulai dari Rp 8,500,000

Ukuran171 x 77.6 x 9.5 mm
Berat240 gram
ProcessorSnapdragon 855+ Octa Core Up to 2.92 GHz
GPUAdreno 640
RAM8 GB, 12 GB
ROM128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Baterai6000 mAh
LayarAMOLED 2340 x 1080
Kamera Belakang48 MP, f/1.8 + 13 MP, f/2.4
Kamera Depan24 MP
NFCYes
Bluetooth5.0
GPSA-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
Port Audio3.5 mm
Port Charging3,1, Type-C 1.0

Dimensi Ukuran dan Desain ASUS ROG Phone 2

Perbedaan yang bisa dibandingkan dengan pendahulunya adalah ukurannya. ROG Phone 2 memiliki dimensi 171 x 77.6 x 9.5 mm yang mana lebih panjang dibandingkan dengan ROG Phone pertama. Selain itu, generasi kedua ROG Phone ini juga memiliki bobot yang sedikit lebih berat yakni 240 g. Desainnya tetap mengusung desain ala produk gaming yang terlihat penuh dengan corak ala robot untuk menunjukkan betapa powerful-nya ROG Phone 2 ini.

Informasi dari Pocket-Lint bahwa aksen gaming pada HP gaming ini nggak cuma untuk pajangan aja. Beberapa tombol tambahan pada HP ini memiliki fungsi untuk bermain game, salah satunya PUBG Mobile. Bukan produk ROG namanya kalau nggak ada logo ROG. ASUS ROG Phone 2 hadir dengan logo mata yang memicing pada bagian belakang. Logo ikonik ROG tersebut dapat menyala karena sudah dibekali lampu RGB sebagaimana produk-produk ROG lain.

Layar ASUS ROG Phone 2 AMOLED dengan Refresh Rate 120 Hz

Sebagai HP keluaran baru, ROG Phone 2 hadir dengan layar berukuran 6,59 inci yang mengusung panel AMOLED dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Dengan menggunakan layar AMOLED, layar smartphone satu ini nggak hanya mampu menghadirkan warna yang akurat dan gambar yang tajam, namun juga warna hitam yang sebenarnya. Layarnya ini juga dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 6 yang menjauhkannya dari baret. Nggak hanya itu saja yang menjadi keunggulan dari sektor layar ASUS ROG Phone 2. Layar AMOLED ini juga hadir dengan dukungan DCI-P3 108%, HDR 10, dan juga refresh rate 120 Hz yang membuat visual pada gaming menjadi semakin smooth.

Performa yang Nggak Tanggung-tanggung

Bukan produk gaming namanya kalau nggak dibekali dengan dapur pacu dan pengolah grafis kelas teratas. Kita tahu kan, game-game seperti PUBG Mobile atau Warhammer 40,000: Freeblade grafisnya bagus banget. Dan grafis yang bagus tentu membutuhkan spesifikasi yang tinggi. Dengan ROG Phone, kalian nggak perlu khawatir karena kalian bakalan bisa main game-game 3D terkini dengan fps tertinggi. Jelas terang saja, prosesornya menggunakan Qualcomm Snapdragon 855+ yang ditemani dengan GPU Adreno 640 yang punya performa lebih tinggi dibandingkan versi non-plusnya. Bahkan versi non-plusnya bisa menghajar game-game 3D terkini dengan setting tertinggi dengan nyaman dan smooth. Untuk RAM dan ROM-nya, ASUS menyediakan beberapa opsi varian mulai dari 128 GB (8 GB RAM) hingga 1 TB (12 GB RAM). Kurang apa coba.

ASUS ROG Phone 2

Baterai Berkapasitas Besar (6000 mAh) dan Pendingin Super Canggih

Kelebihan lain ASUS ROG Phone 2 yang patut diapresiasi adalah kapasitas baterai yang besar banget dan juga sistem pendingin yang sangat serius dipertimbangkan. ASUS sepertinya sangat serius ketika merancang smartphone ini. Mereka tahu bahwa kebutuhan gaming terkini butuh tenaga lebih, maka dari itu, mereka menyematkan baterai berkapasitas 6000 mAh. Sistem pendingin atau fan pada ROG Phone 2 ini penempatannya sangat baik sehingga bisa menjaga suhu dengan stabil.

Kamera Keren Untuk Ukuran Smartphone Gaming

Nggak seperti smartphone gaming pada umumnya, ROG Phone 2 memiliki kamera yang dibilang terbaik di jajaran laptop gaming. Pada produknya ini, ASUS menawarkan kamera utama dengan sensor 48 MP dengan aperture f/1.8 yang dilengkapi fitur PDAF dan Laser Autofocus. Selain itu, ASUS juga menyematkan kamera ultra-wide 13 MP yang bisa menangkap gambar lebih lebar. Sedangkan untuk kamera depannya, ROG Phone 2 hadir dengan kamera yang memiliki sensor 24 MP dengan bukaan f/2.2. Kualitas foto yang dihasilkan kamera utama tergolong sangat baik. Akan tetapi, sayang banget ketika mengambil gambar pada keadaan cahaya minim. Hasil foto terlihat sedikit noise dan kurang jernih.

Kesimpulan

Sebagai smartphone gaming yang kencang, ROG Phone 2 bukan berarti nggak memiliki cela. Seperti pada sektor kamera yang kita bahas sebelumnya, walaupun hasil potretan dari kamera utama tergolong bagus, untuk mengambil gambar di malam hari, kamera ROG Phone 2 masih terdapat noise. Selain itu, kekurangan lain dari smartphone ini adalah bobotnya yang cukup berat, sehingga ketika dimainkan dalam waktu lama akan terasa sedikit pegal.

Leave a Comment