4 Cara Cek IMEI Hp Xiaomi Untuk Cek Hp Asli/Palsu Terbaru

Sebelum beli hp Xiaomi, pastiin kamu tahu bagaimana cara cek IMEI hp Xiaomi. Apa manfaatnya ? Kalau kamu tahu gimana cara cek IMEI kamu bisa terhindar dari penipuan. cek IMEI adalah salah satu cara untuk mengetahui apakah hp yang kamu beli asli atau palsu. Apa itu IMEI ? Bagaimana IMEI bisa digunakan untuk cek keaslian hp ?

Cara Cek IMEI Xiaomi Terlengkap

Bagaimana Cara Cek IMEI Hp Xiaomi ?

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. IMEI terdiri dari barisan angka yang berfungsi sebagai nomor identitas setiap produk elektronik di dunia. Setiap produk elektronik punya nomor IMEI nya sendiri-sendiri. Misalkan kamu dan temanmu punya 2 hp yang merknya sama tapi pasti nomor IMEI nya berbeda.

Kenapa ? Ini dikarenakan nomor IMEI sifatnya “unik” sehingga setiap produk pasti punya nomor IMEI yang berbeda pula. Nomor IMEI bisa digunakan untuk mengecek keaslian hp karena produk yang resmi pasti nomor IMEI nya sudah terdaftar di produsen. Selain itu, IMEI juga bisa digunakan untuk cek informasi model, spesifikasi, tahun pembuatan hp, dan lainnya.

Cara Cek IMEI Hp Xiaomi Terbaru

Xiaomi adalah salah satu produsen hp yang menyediakan cara mudah untuk mengecek keaslian hp melalui nomor IMEI. Xiaomi punya situs khusus yang bisa kamu pakai untuk cek keaslian hp Android Xiaomi yang kamu beli. Tapi sebelum cek IMEI, kamu harus tahu dulu bagaimana cara mengetahui IMEI hp Xiaomi kamu. Ada 4 cara cek IMEI hp Xiaomi, yaitu:

4 Cara Cek IMEI Hp Xiaomi

Ada 4 cara mudah cek IMEI Xiaomi. Juragan urutkan dari cara paling mudah ke yang paling ribet ya..Semoga tutorial ini membantu.

1. Cek Dus Boks Hp Xiaomi

Nomor IMEI biasanya tertera di dus boks hp Xiaomi yang kamu beli. Untuk cek IMEI hp Xiaomi, kamu tinggal lihat stiker barcode yang biasanya ditempel di bagian bawah dus. Cari tulisan “IMEI” dan barisan angka setelahnya adalah nomor IMEI hp Xiaomi yang kamu beli.

Cara Cek IMEI Hp Xiaomi Termudah

Tulisan “IMEI” biasanya ditulis dengan huruf romawi supaya memudahkan konsumen untuk mencari IMEI dengan cepat. Jadi, walaupun tulisan dus boks dan stiker di dominasi oleh huruf mandarin, namun untuk IMEI sendiri biasanya tetap ditulis dalam huruf romawi.

2. Cek Stiker Barcode di Bodi Hp Xiaomi

Selain bisa ditemukan di dus boks, stiker yang berisi nomor IMEI juga biasanya ditempel di bodi hp. Untuk cek IMEI hp Xiaomi dengan cara ini mau tidak mau kamu harus buka dulu boksnya. Setelah itu, cocokan nomor IMEI yang ditempel di bodi hp dengan nomor IMEI di dus boks. Jika keduanya sama, bisa dipastikan hp Xiaomi yang kamu beli adalah asli.

Namun jika berbeda, Juragan saranin untuk segera hubungi toko tempat kamu membeli hp. Bisa jadi hp dan dus boks sudah ditukar sehingga tidak bisa dijamin isi dan aksesoris hp lainnya original.

3. Cek IMEI Xiaomi dengan Kode USSD

Hp Android di seluruh dunia punya kode USSD (Unstructured Supplementary Service Data) atau kode yang terdiri dari bintang (*), angka, dan pagar (#) untuk cek IMEI. Kode USSD bisa kamu masukan dari menu panggilan telepon. Caranya sama seperti saat kamu mau cek pulsa atau daftar paket internet.

Pertama, nyalakan hp Xiaomi kamu. Masuk ke menu panggilan telepon lalu ketik kode *#06# lalu klik OK atau Call. Setelah itu, nomor IMEI akan langsung muncul di layar. Cocokan nomor IMEI di hp dengan yang ada di dus boks dan stiker bodi hp. Jika semuanya sama, bisa dipastikan hp Xiaomi yang baru kamu beli asli.

4. Cek IMEI Xiaomi di Menu Settings

Cara terakhir untuk cek IMEI Xiaomi adalah melalui menu Settings (Pengaturan). Pertama masuk ke menu Setting > About Phone > Status. Setelah itu, kamu bisa melihat nomor IMEI hp Xiaomi. Sama seperti di atas, cocokan IMEI di menu Setting dengan IMEI di dus boks, stiker bodi hp, dan kode USSD. Baca juga: Cara Cek IMEI Hp Samsung.

Cek Keaslian Hp Xiaomi dengan IMEI

Setelah mengetahui nomor IMEI, kamu bisa pastiin apakah hp Xiaomi yang kamu beli asli atau palsu melalui situs web Xiaomi Product Authentication. Masuk ke situs tersebut dengan browser. Pilih menu “Verify your phone purchase.” Setelah itu, masukan nomor IMEI yang kamu dapatkan di dus boks, stiker bodi hp, kode USSD, atau menu Settings di kolom yang sudah disediakan. Masukan kode Captcha atau Security Code. Setelah itu klik “Verify.”

Jika hp yang kamu beli adalah versi Global akan muncul tulisan nama perangkat dan keterangan memori. Namun kalau hp Xiaomi yang kamu adalah bukan versi global (China Only) maka akan muncul tulisan nama perangkat, keterangan memori, dan keterangan bahwa produk yang kamu beli bukan versi global.

Cara Cek IMEI Xiaomi Terbaru

Tapi intinya selama metode cek IMEI Xiaomi sudah benar dilakukan dan nama produk muncul di situs Xiaomi Product Authentication maka tidak ada masalah. Hp Xiaomi kamu 100% asli. Baca juga: Cara Cek IMEI Hp Oppo.

Leave a Comment