3 Cara Cek Keaslian HP Xiaomi (Jangan Sampai Ketipu !!)

Bingung cara cek keaslian hp Xiaomi ? Takut beli hp Xiaomi KW alias palsu. Jangan sampai ketipu beli hp palsu. Kali ini Juragan mau berbagi tips bagaimana cara cek asli atau palsu hp Xiaomi dan gimana cara menghindari beli hp Xiaomi palsu.

Cara Cek Keaslian HP Xiaomi Terbaru

Seperti yang kita tahu, Xiaomi adalah salah satu merk hp terlaris di Indonesia. Bahkan menurut data statistik, pengguna hp Xiaomi masuk ke dalam urutan 5 terbesar di dunia. Karena banyaknya pangsa pasar di dunia, maka tidak menutup kemungkinan ada saja pihak tidak bertanggung jawab yang tega membuat hp palsu merk Xiaomi. Padahal kalau dipikir harga hp Xiaomi cukup murah, untuk apalagi ada hp palsunya.

3 Cara Cek Keaslian HP Xiaomi

Nah, biar kamu gak ketipu beli hp Xiaomi palsu atau tidak resmi. Cek dulu tips singkat berikut ini:

1. Cek IMEI HP Xiaomi

Cara cek keaslian hp Xiaomi paling mudah adalah dengan cek nomor IMEI. IMEI adalah singkatan International Mobile Equipment Identity. IMEI berfungsi sebagai nomor identitas setiap produk elektronik di dunia. Nomor IMEI bersifat unik. Artinya, setiap produk pasti punya nomor IMEI berbeda walaupun model dan tipenya sama. Nomor IMEI bisa kamu temuin di stiker barcode di dus boks, bodi hp, atau dengan masukan kode USSD *#06# dari menu Panggilan atau Telepon. Baca: Cara Cek IMEI Hp Xiaomi.

Cara Cek Keaslian HP Android Xiaomi

Setelah mendapatkan nomor IMEI, cek nomor IMEI tersebut di situs Product Authentication Xiaomi. Masukan nomor IMEI hp kamu, isi kode captcha, dan klik tombol “Verify.” Jika hp Xiaomi kamu asli, maka akan muncul keterangan nama produk dan kapasitas memori. Namun jika tidak, tidak akan muncul keterangan apapun.

2. Cek Build Quality

Cara nomor 1 sebenarnya sudah cukup efektif untuk mengecek apakah hp Xiaomi yang kamu beli asli atau palsu. Namun kalau kamu mau tahu ciri hp palsu, kamu bisa cek kualitas produknya. Hp Xiaomi palsu biasanya punya build quility atau kualitas bodi yang jelek. Hp terlihat kurang rapih, potongannya berantakan, dan tidak sama seperti aslinya.

Cara Cek Keaslian HP Xiaomi

Setiap produk hp Xiaomi yang dibuat pasti punya standarnya sendiri sehingga kualitas antar hp tetap sama. Namun karena hp palsu tidak punya standar kualitas maka dari itu kualitasnya pasti jelek banget. Kamu bisa cek apakah bodinya ringkih dan tampilan antarmukanya berbeda dari hp Xiaomi pada umumnya. Selain itu, hp palsu biasanya tidak ada aplikasi bawaan Xiaomi dan tidak bisa terhubung ke Mi Account.

3. Cek Versi ROM (Global/Distributor)

Ada 2 jenis hp Xiaomi yang dijual di Indonesia. Yang pertama adalah versi resmi dan yang kedua adalah versi distributor. Baik barang resmi maupun distributor sebenarnya adalah sama-sama hp Xiaomi asli. Hanya saja yang membedakan adalah sistem operasi yang digunakan. Hp Xiaomi resmi biasanya menggunakan ROM Global namun untuk Xiaomi distributor menggunakan ROM distributor.

Versi ROM bisa dicek di Settings > MIUI Version. Jika kode angka terdiri 4 digit angka (misal 10.1.10) artinya ROM yang digunakan adalah versi resmi atau global. Sementara itu, jika pakai ROM distributor digit angkanya lebih banyak (misal 66.55.44.00). Selain itu, ROM distributor juga tidak ada tulisan “MIUI Global.”

Beli hp Xiaomi dengan ROM distributor sangat berbahaya. ROM distributor adalah UI yang sudah dimodifikasi oleh sang distributor. Hp Xiaomi yang menggunakan ROM distributor juga biasanya masuk ke Indonesia melalui jalur non resmi sehingga kadang harganya lebih murah. ROM distributor sangat rentan keamanannya. Disarankan untuk beli hp Xiaomi mending yang pakai ROM versi global aja deh.

Cara Menghindari Beli HP Xiaomi Palsu

Bagaimana cara menghindari tertipu sama hp Xiaomi palsu. Paling tidak ada 2 cara supaya kamu tidak tertipu beli hp Xiaomi palsu. Setelah ikuti cara ini kamu tak perlu repot lagi tahu cara cek keaslian hp Xiaomi, karena barang yang diterima sudah pasti 100% asli.

1. Beli di Distributor Resmi

Xiaomi punya distributor resmi di Indonesia yaitu Erafone. Bukan hanya resmi, hp Xiaomi yang dijual di Erafone juga pasti asli. Erafone punya toko yang tersebar di beberapa tempat di Indonesia. Kalau tidak mau beli di toko Erafone, kamu bisa beli secara online di situs web Erafone. Cara paling efektif untuk menghindari beli hp Xiaomi palsu adalah beli di toko atau distributor resmi. Walau lebih mahal tapi yang penting ori.

2. Beli di Toko Online Terpercaya

Selain beli di toko online Erafone, kamu juga bisa beli hp Xiaomi asli di toko online atau situs e-Commerce terkenal di Indonesia. Saat ini hp Xiaomi asli bisa kamu beli di toko online Shopee, BliBli, Bhinneka, Tokopedia, dan lain sebagainya. Namun untuk toko online yang sifatnya market place seperti Shopee dan Tokopedia Juragan saranin untuk beli dari akun resmi brand Xiaomi atau Erafone.

Leave a Comment