4 Cara Cek Keaslian HP Samsung Asli atau Palsu Paling Mudah

Samsung saat ini cukup laku di pasaran di Indonesia. Kalau ingin membeli, kita wajib tahu cara cek keaslian hp Samsung yang kita beli. Hp yang diproduksi oleh pabrikan asal Korea Selatan itu hampir menjamah setiap lini kehidupan masyarakat Indonesia, kaum muda sampai tua hingga masyarakat menengah ke bawah pun cukup terjamah dengan produk-produk yang dikeluarkan Samsung. Semakin banyaknya produk yang laku dan banyak dipakai dipasaran, tentu akan banyak pula toko-toko yang menjual hp Samsung ini. Hal itu membuat pemalsuan juga perlu diwaspadai. Tipe-tipe Hp Samsung yang banyak pun cukup sulit untuk membedakan mana yang asli ataupun palsu.

Cara Cek Keaslian Hp Samsung paling gampang

Selain mesti waspada, kamu pun bisa mengetahui beberapa fakta soal cara cek keaslian hp Samsung itu asli ataupun palsu. Barang tiruan tentu bisa sama persis, tapi tetap saja palsu. Tentu akan ada perbedaan keduanya. Meskipun secara tampilan mulus, kamu juga perlu mengecek hal lain untuk membedakan apakah hp Samsung kamu asli atau palsu.

1. Cek Keaslian Hp Samsung dari Kondisi Fisik

Cara Cek Keaslian Hp Samsung 2019

Kondisi fisik atau kemulusan perangkat adalah yang pertama untuk diperhatikan ketika melihat hp Samsung sudah dalam genggaman. Cara Cek Keaslian Hp Samsung lewat kondisi fisik yakni dengan membandingkan spesifikasi dalam kardus yang diterima dengan kondisi fisik hp Samsung yang ada digenggaman. Misalnya, dalam kardus tertulis warna Black tapi ketika dibuka malah mendaapatkan warna lain. Maka hal itu patut dipertanyakan keaslian dari keaslian hp Samsung tersebut.

Selain itu, kondisi fisik dari hp Samsung yang palsu pun biasanya tidak mulus. Misal, untuk beberapa seri ada tulisan “Samsung” dilayarnya yang biasanya terkesan timbul yang seharusnya tulisan tersebut halus ketika di sentuh. Kemudian, tata letak tombol juga bisa jadi indikasi hp Samsung itu palsu atau tidak. Tombol terasa tidak , halus ketika disentuh atau malah tidak proporsional posisi tombolnya, dan sebagainya.

Berikut, beberapa hal yang dijadikan pegangan untuk kamu yang ingin tahu  cara cek keaslian hp Samsung lewat kondisi fisik dan tampilan.

  1. Packaging hp Samsung asli dilapisi plastik wrapping atau plastik berlogo Samsung di luar kardusnya. Sedangkan pada Samsung palsu tidak ada plastik wrapping, kalau pun ada plastiknya terkesan murah dan tidak ada berlogo Samsung.
  2. Cover hp pada Samsung asli saat diraba akan terasa halus, sedangkan Samsung palsu kasar.

2. Cek Keaslian Hp Samsung Lewat Kode IMEI

Cara Cek Keaslian Hp Samsung kondisi 2019

Kamu bisa periksa keaslian hp Samsung dengan cara mengecek IMEI hp Samsung. Setiap hp memiliki kode IMEI (International Mobile Equipment Identity) yang berbeda-beda. Sehingga, sangatlah penting untuk memerhatikan hal ini sebagai cara cek keaslian hp Samsung yang dibeli. Pertama, bisa diperhatikan dari kesamaan kode IMEI di dus hp dan kode IMEI di hp Samsungnya.

Kedua, bisa juga dengan mengetik di dial number *#06# dan akan keluar nomor seri tertentu. Ketiga, bisa cek keaslian dengan membandingkan kode IMEI yang ada dan diinput serta cek lewat website http://www.imei.info/.

3. Cara Cek Keaslian Hp Samsung Test Hardware

Cara Cek Keaslian Hp Samsung palsu atau tidak

Kemudian, cara periksa keaslian hp Samsung adalah dengan mengetes komponen/ hardware yang terdapat di hp Samsung tersebut dengan tes layar LCD, getaran (vibration), sensitivitas sentuhan layar, kamera, speaker dan sebagainya. Hal-hal untuk mengetes hardware yang ada di hp Samsung bisa jadi berbeda bergantung tipe dan modelnya. Cara cek keaslian hp Samsung dengan hardware ini bisa dilakukan dengan hal ini.

  • Tekan *#0*# kemudian tekan call (tombol telepon).
  • Setelah itu kamu akan dihadapkan pada menu-menu tertentu (tiap hp Samsung bisa berbeda)

Cara Cek Keaslian Hp Samsung hardware

  • Setiap tombol ada fungsi-fungsi tertentu untuk mengecek
  1. Red, Green, Blue, Black : digunakan untuk mengetes warna primer pada layar hp Samsung.
  2. Receiver, Vibration : digunakan untuk mengetes penerimaan panggilan (receiver) dan mengetes getaran (vibration).
  3. Dimming : digunakan untuk mengetes apakah layar bisa redup atau tidak.
  4. Mega camFront cam : digunakan untuk mengetes apakah kamera utama (mega cam) dan depan (front cam) berfungi normal.
  5. Sensor, Touch : digunakan untuk mengecek sensor seperti sensor accelerometer yang ebrfungsi untuk mengukur maupun mendeteksi getaran atau percepatan gravitasi bumi (sensor). Untuk mengetes sensitivitas sentuhan pada layar hp (touch).
  6. Sleep, Sepaker : digunakan untuk mengetes apakah fitur sleep (mematikan layar sejenak untuk menghemat daya) bekerja secara normal (sleep). Untuk mengetes suara hp normal atau tidak (speaker).
  7. Sub Key, Low Frequency : digunakan untuk mengetes apakah tombol-tombol seperti tombol menu, back volume, power dan sebagainya secara normal. Coba tekan tombol-tombol pada hp Samsung satu per satu, jika warna berubah, maka tombol tidak masalah.

4. Cara Cek Keaslian Hp Samsung di Toko Resmi

Cara Cek Keaslian Hp Samsung kondisi fisik

Mau beli hp di mall atau toko online, perhatikan dengan sangat agar bisa membeli hp Samsung di toko resmi. Hal ini bisa jadi salah satu trik cara cek keaslian hp Samsung, karena ketika membeli di toko resmi maka hp Samsung yang kamu beli otomatis akan mendapatkan jaminan tertentu seperti garansi dan sebagainya. Meskipun, kadang, perbedaan harga masih menjadi masalah tapi kualitasnya pun sudah pasti asli. Bukankah lebih enak kayak gitu?

Leave a Comment