Cara Memindahkan Aplikasi dan Data ke Kartu SD (Gampang!!)

Sebelumnya, banyak pengguna Andoid yang mengeluhkan aplikasi yang ada di Google Play Store tidak dapat disimpan di kartu SD. Selain itu, data-data lain seperti video, foto dan file musik bisa memenuhi penyimpanan memori internal dalam Hp kamu. Termasuk aplikasi yang memang cukup menyita penyimpanan internal kamu.

cara memindahkan aplikasi ke kartu SD terbaik

Kondisi yang cukup menjengkelkan ini bisa disiasati lho. Selama Hp Androidmu mendukung penyimpanan ekspternal, maka data-data yang ada di memori internal bisa kamu pindahkan. Namun, perlu diingatkan bahwa tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke memori eksternal karena dapat mengurangi performa aplikasi tersebut.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Tanpa Root

Untuk kamu pengguna Android yang ingin tau cara memindahkan aplikasi ke kartu SD tanpa perlu melakukan root Hp terlebih dahulu. Caranya untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal atau MicroSD. Bagaimana Caranya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini yuk!

cara memindahkan aplikasi ke kartu SD tanpa root

  1. Buka menu Settings
  2. Scroll ke bawah hingga menemukan bagian Aplikasi/ Apps
  3. Di dalam menu Aplikasi/ Apps, kamu akan melihat daftar aplikasi apa aja yang ter-install dala Hp kamu
  4. Klik aplikasi yang ingin kamu simpan atau pindahkan ke MicroSD
  5. Setelah di klik, scroll ke bawah untuk menemukan pilihan Move to SD Card. Klik tombol tersebut untuk memulai proses pemindahan aplikasi
  6. Tunggu hingga proses selesai

Selain cara di atas, ada cara lain juga untuk tau cara memindahkan aplikasi ke kartu SD. Berikut adalah cara lain yang bisa kamu gunakan untuk memindahkah aplikasi ke memori eksternal.

  1. Buka menu Settings dan cari menu Apps
  2. Klik menu Apps dan akan ditampilkan daftar aplikasi yang sudah terinstal
  3. Pilih aplikasi yang ingin kamu pindahkan ke MicroSD dan klik Storage & USB
  4. Kamu akan disajikan opsi ingin menyimpan aplikasi ke internal storage atau external storage, pilih external storage
  5. klik tombol Next yang ada dibawah menu untuk memulai proses pemindahan aplikasi
  6. Selesai

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD cukup mudah. Perlu diketahui kalau tampilan setiap Android akan berbea-beda bergantung versi Andorid berapa dalam Hp kamu.

Cara Memindahkan Data ke Kartu SD

Selanjutnya adalah cara memindahkan data dari ke Kartu SD agar tidak memenuhi ruang penyimpanan memori internal kamu. Leganya penyimpanan internal ini bisa juga membantu performa Hp Android kamu menjadi lebih baik lagi.

1. Memindahkan Data dengan Setting Hp

cara memindahkan aplikasi dan data ke kartu SD

Layaknya memindahkan aplikasi ke Kartu SD, memindahkan data juga langkahnya hampir sama. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

  1. Buka menu Settings/ Pengaturan
  2. Scroll dan klik menu Storage/ Penyimpanan
  3. Klik tombol Transfer Data to SD Card
  4. Selesai

Kalau kamu nggak menemukan tombol ini, kamu harus memindahkan semua data secara manual baik menggunakan aplikasi seperti File Manager maupun melalui PC. Kalau cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba memindahkan data lewat PC lho.

2. Memindahkan Data Lewat PC

Cara kedua ini tergolong gampang banget. Kamu hanya perlu mengoneksikan Hp Android kamu ke PC menggunakan kabel data yang ada. Bagaimana caranya? Yuk ikuti caranya di bawah ini!

cara memindahkan aplikasi dan data ke kartu SD lewat pc

  1. Koneksikan Hp Android ke PC lewat kabel data
  2. Masuk ke menu Explorer yang ada di PC kamu
  3. Kemudian, kamu akan melihat dua jenis penyimpanan yakni Memori Internal dan Memori Eksternal
  4. Pilih semua dokumen dalam memori internal yang akan kamu pindahkan ke memori eksternal
  5. Pindahkan dengan cara Klik-Tahan-Drag dan lepas krusornya dalam kartu SD. Eits, tapi jangan memindahkan system file Android karena akan mengganggu kinerja Hp Androidmu.

Nah, itu tadi cara memindahkan aplikasi ke kartu SD dan memindahkan data ke kartu SD lewat Hp dan PC. Banyak cara yang bisa dimanfaatkan untuk tahu bagaimana cara memindahkan aplikasi ke kartu SD. Menurut kamu, cara mana yang paling gampang dan cocok kamu praktekan? Cara mana yang paling gampang untuk memindahkan data dari memori internal ke memori eksternal? Jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkahnya dengan cermat ya! Jangan sampai ada yang terlewat!

Leave a Comment