Cara Update OS Android di HP 100% Aman Tanpa Root & PC

Bagaimana cara update Android di hp yang paling aman ? Bagaimana cara mengecek update OS Android di hp ? Semuanya bisa kamu temukan jawabannya di sini. Selain itu, kali ini Juragan mau share bagaimana cara update OS hp Android tanpa bantuan PC atau laptop. Cek tutorialnya berikut ini:

Cara Update OS Android di HP

Bagaimana cara update OS Android di hp yang paling aman ? Cara paling aman untuk update Android adalah melalui OTA atau Over The Air. Dengan OTA, Anda tidak membutuhkan bantuan perangkat apapun. Cukup pastikan kuota internet kamu cukup untuk download file update Android. Jika kuota kamu tidak cukup, lebih baik hubungkan hp ke WiFi.

Cara Update Android di HP

Kenapa harus dihubungkan ke WiFi ? Karena kecepatan WiFi lebih stabil dan tidak ada batasan kuota. Lebih enak lagi kalau kamu bisa terhubung ke WiFi Hotspot gratis. File update OS biasanya memiliki ukuran cukup besar sehingga membutuhkan banyak kuota internet.

Khusus untuk perangkat keluaran Google seperti Pixel, Nexus, atau hp yang menggunakan Android murni akan rutin dan lebih cepat mendapat update OS Android. Namun untuk hp yang menggunakan UI pabrikan seperti Oppo, Xiaomi, Vivo, Huawei, Samsung, dan lain-lain update OS akan diberikan langsung oleh vendor atau pabrikan ponsel.

Di sinilah keuntungan kamu yang pakai hp Android murni seperti Xiaomi Mi A2, Mi A2 Lite, atau Asus ZenFone Max Pro M1 karena bisa dapat update OS lebih cepat dan rutin dibanding hp pabrikan lain. Jika kamu mendapat notifikasi ada update OS Android terbaru, inilah yang harus kamu lakukan:

  • Buka Settings
  • Klik System > Advanced > System Update
  • Selain cara di atas, kamu bisa coba cara berikut
  • Masuk Settings > About Phone > Software Update > Check For Update
  • Jika ada update OS tersedia tinggal klik Instal atau Instal Now
  • Tunggu proses update selesai.

Cara Update Android di HP Tanpa Root

Jika tidak ada update OS Android, maka kamu tidak perlu update OS Android. Kemungkinan tidak ada update karena dari pabrikan ponsel kamu tidak menyediakan update OS untuk hp kamu. Makanya lebih baik beli hp yang rutin memberikan update OS Android untuk semua tipe hp lama atau barunya.

3 Syarat Wajib Sebelum Update Android

Sebelum mempraktekan cara update Android di hp kamu, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. 3 hal ini adalah hal yang perlu kamu persiapkan sebelum update Android. Apa itu ?

  1. Pastikan sudah dapat update Android. Jika sudah dapat update, kamu akan menerima notifikasi di hp
  2. Pastikan kapasitas baterai di atas 80%. Hindari update Android ketika baterai lemah untuk menghindari gagal update OS dan berujung merusak sistem operasi Android di hp kamu
  3. Pastikan Terhubung ke WiFi/Kuota Internet Banyak. Semata-mata untuk menghindari gagal download atau file update yang didownload tidak sempurna.

Manfaat Update Android

Sangat penting untuk mengetahui cara update Android di hp. Karena dengan update, kamu bisa menikmati fitur OS Android terbaru. Setiap tahun biasanya Android selalu mengeluarkan versi Android terbaru. Setiap versi Android terbaru punya fitur dan antarmuka yang lebih baik dari sebelumnya.

Cara Update Android di HP Aman

Update Android juga akan menambal celah keamanan di hp kamu. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir data di dalam hp bisa dicuri begitu saja. Buat kamu yang berencana pakai hp dalam jangka waktu panjang. Sangat penting untuk teliti dalam memilih merk hp Android.

Ini disebabkan ada beberapa vendor yang jarang memberikan update OS Android ke semua model hp lawasnya. Hal ini tentu merugikan kita sebagai pembeli. Karena mau tidak mau, kita harus beli hp baru untuk menikmati fitur di OS Android terbaru.

Merk HP yang Rajin Dapat Update OS Android

Di bawah ini adalah merk hp yang rutin dapat update Android. Dengan membeli beberapa merk hp berikut kamu pasti bisa menerapkan cara update Android di hp. Berikut ini merk hp yang rajin memberikan update OS Android menurut Juragan HP:

  1. Google Pixel / Google Nexus: Rutin dapat update Android langsung dari Google maksimal selama 3 tahun
  2. Hp Android One: Hasil kerjasama Google dengan vendor hp. Hp Android One menjalankan sistem operasi Android murni sehingga rutin mendapat update Android maksimal 3 tahun
  3. Xiaomi: Selain dapat update Android, Xiaomi juga rutin update MIUI atau UI bawaan pabrikan
  4. Samsung: Sebagai vendor hp nomor 1, wajar saja Samsung memanjakan pengguna setianya dengan rajin memberi update Android
  5. Asus: Termasuk salah satu merk yang rajin memberi update Android. Beberapa model hp Asus juga ada yang menjalankan Android murni sehingga bisa rutin dapat OS Android
  6. Nokia: Beberapa model hp Nokia beroperasi dengan sistem operasi Android murni, sehingga wajar lebih cepat dapat update OS Android.
  7. Motorola: Merk hp ini mengikuti jejak Xiaomi dan Asus untuk rajin memberikan update Android, supaya konsumen tetap setia.

Cara Update Android Paling Aman

Cara update Android di hp paling aman melalui OTA. Selain dari itu, ada cara lain untuk update OS yaitu dengan rooting atau dengan bantuan laptop atau PC. Namun dua cara ini tidak Juragan sarankan karena bisa merusak hp kamu. Update Android melalui rooting atau PC juga cukup rumit. Jika salah sedikit, bisa-bisa hp kamu tidak bisa dipakai selamanya.

Leave a Comment