Cara Mengunci Aplikasi Apapun di Android, Nggak Pakai Ribet!

Artikel yang akan dibahas Juragan kali ini akan membahas cara mengunci aplikasi di Android. Mengunci aplikasi dapat menjaga privasi hp Android kamu dan menjauhkannya pada penyalahgunaan oleh beberapa oknum yang nggak bertanggung jawab karena beberapa diantara aplikasi membutuhkan sekuritas.

Cara Mengunci Aplikasi

Pada dasarnya hp Android merupakan sebuah perangkat pribadi kita yang seharusnya hanya dipegang oleh kita saja.

Terkadang aplikasi layar pada Android nggaklah cukup ketika kita ingin menjaga keamanan hp Android kita, oleh karena itu, dengan mengunci aplikasi keamanan pun akan meningkat.

Ada beberapa cara untuk menjaga keamanan dengan mengunci aplikasi di Android yakni dengan aplikasi dan tanpa aplikasi. Dan juragan akan memberitahukan cara mengunci aplikasi dengan menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi.

Aplikasi seperti sosial media macam Facebook, Instagram, Twitter atau aplikasi chat seperti Line atau Whatsapp yang sangat-sangat privasi. Jangan sampai disalah gunakan oleh orang lain.

Nggak jarang kan hp Android kamu dipinjam oleh teman kamu dan orang terdekat. Dan mungkin juga kan mereka iseng otak-atik hp Android kamu.

Nah Juragan akan memberitahu kamu gimana cara mengunci aplikasi di Android dengan menggunakan aplikasi. Berikut caranya:

Cara Mengunci Aplikasi di HP Android dengan Aplikasi

Aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengunci aplikasi di Android kamu adalah dengan LOCKit. Aplikasi ini dapat kamu instal di Google Play Store. Bagaimana cara menggunakan aplikasi ini untuk mengunci aplikasi di hp Android kamu? Ikuti cara-cara ini ya:

Cara Mengunci Aplikasi

  1. Hal pertama yang kamu lakukan adalah membuka Google Play Store dan mencari aplikasi LOCKit pada kolom pencarian Google Play Store kamu. Unduh aplikasi ini dan kemudian instal.
  2. Kemudian, setelah kamu download dan proses instalasi selesai, buka aplikasi ini.
  3. Nah, setelah muncul tampilan aplikasi ini, kamu diminta untuk menentukan password atau pola kunci sesuai yang kamu mau. Bila kamu lebih nyaman dengan menggunakan password atau PIN, silakan, sedangkan jika sebaliknya gunakan pola kunci.
  4. Selanjutnya, kamu bakalan diminta lagi untuk menentukan keamanan atau security question. Hal ini dibutuhkan ketika kamu lupa dengan PIN atau password yang kamu masukan. Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh aplikasi ini seperti “what’s your father’s name?”. Sebenarnya pertanyaan ini pilihan. Kamu bisa mengabaikannya, namun Juragan bilang sih mending isi aja. Setelah mengisinya tab Done.
  5. Lalu LOCKit akan mengunci aplikasi-aplikasi yang bersifat privasi dan dianggap penting secara otomatis. Jika kamu menyetujuinya, tab Protect. Kamu bisa menambahkan atau mengurangi aplikasi apa saja yang diminta untuk dikunci.
  6. Setelah muncul notifikasi, tab Permit.  Cara Mengunci Aplikasi
  7. Nanti akan muncul pengaturan Accessbility. Lalu scroll ke bawah, ketika kamu menemukan pilihan LOCKit. Selanjutnya pilih On.
  8. Kemudian Buka lagi aplikasi ini, dan setiap kamu membuka LOCKit, kamu akan diminta untuk memasukkan kunci pola atau PIN (Password) yang sebelumnya kamu tentukan. Jika kamu ingin mengatur lagi aplikasi mana yang akan kamu kunci, pilih App Lock.  Cara Mengunci Aplikasi
  9. Jika kamu memilih App Lock, kamu dapat memilih aplikasi mana yang mau kamu kunci atau tidak. Jika terkunci gambar gembok akan menutup dan warnanya biru, jika tidak gembok akan berwarna abu-abu dan terbuka.  Cara Mengunci Aplikasi
  10. Setiap kamu akan membuka aplikasi, kamu akan diminta memasukkan PIN (password) atau pola yang sebelumnya kamu tentukan.  Cara Mengunci Aplikasi

Jika kamu nggak mau menggunakan aplikasi untuk mengunci aplikasi penting dan privat di hp Android kamu, kamu bisa menggunakan cara ini.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Android Tanpa Aplikasi

Kamu bisa mengunci aplikasi penting kamu tanpa aplikasi, namun kamu harus memeriksa dulu apakah sistem operasi Android kamu sudah memiliki fitur ini atau belum. Jika ternyata ada, ikuti cara-cara ini:

  1. Pergi ke menu Settings atau Pengaturan.
  2. Selanjutnya cari Additional Settings atau Pengaturan Tambahan.
  3. Jika masuk ke pilihan tersebut, tab Privacy atau Privasi.
  4. Pilih opsi Lock Invidiual Apps, kemudian pilih Choose Apps to Lock.
  5. Seperti menggunakan aplikasi LOCKit, kamu akan diminta untuk membuat pola kunci sebagai kata sandi yang hanya kamu saja yang tahu.
  6. Jika sudah membuat pola, kamu diberikan pilihan aplikasi mana yang bakalan kamu kunci.
  7. Selesai.

Nggak sulit bukan? Sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi kalau ada teman atau orang terdekat kamu yang kepo sama isi HP kamu dan iseng otak-atik secara sembarangan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Comment