Perbandingan HP Oppo VS Xiaomi, Mana Lebih Bagus ?

Setelah artikel perbandingan Vivo vs Oppo, Juragan akan memberikan perbandingan antara HP Oppo vs Xiaomi. Oppo dan Xiaomi merupakan smartphone asal negeri Tiongkok yang marketnya sangat besar di Indonesia. Keduanya juga menyasar ke segala kalangan, mulai dari entry-level hingga ke high end. Namun ada perbedaan yang cukup signifikan dari metode pemasaran kedua brand tersebut.

Oppo vs Xiaomi

Yang seperti kita ketahui bahwa iklan Oppo dapat kita lihat di papan-papan reklame. Nggak hanya itu, Oppo juga menggunakan brand ambassador selebriti ternama seperti Raisa, Isyana Sarasvati, Morgan Oey, Raline Shah, dan beberapa yang lainnya. Smartphone Oppo juga dikenali sebagai smartphone dengan kamera yang bagus.

Oppo vs Xiaomi

Daftar Hp Xiaomi Terbaru

Sedangkan Xiaomi dikenal sebagai smartphone dengan harga terjangkau yang disertai dengan garansi distributor. Xiaomi juga menawarkan smartphone dengan spesifikasi flagship yang dibanderol dengan harga terjangkau. Nah bagi kamu yang penasaran perbedaan HP Oppo vs Xiaomi lain yang lebih lengkap, Juragan akan membahasnya untuk kamu. Berikut perbedaan hp Oppo vs Xiaomi.

Perbandingan Merk Oppo VS Xiaomi

Jika dibandingkan, brand Oppo vs Xiaomi memiliki perbandingan yang cukup signifikan. Oppo sendiri sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 2014. Sebagai produsen asal Tiongkok, Oppo menjadi sebuah anti-tesis dari ponsel dari negeri tirai bambu tersebut.

Sebelumnya masyarakat tahu ponsel-ponsel produsen asal negeri Tiongkok gak punya kesan yang elegan dan spesifikasi tinggi. Kamu pasti ingat ponsel-ponsel yang dirilis oleh beberapa provider seperti Esia atau Flexi yang biasanya dijadikan ponsel cadangan karena nggak bisa buat gaya.

Oppo hadir untuk menepis kesan tersebut dengan menghadirkan smartphone dengan tampilan yang elegan dan juga spesifikasi yang dapat disandingkan dengan pesaing yang lebih dulu lebih dikenal seperti Samsung, HTC, Sony, Blackberry dan yang lainnya. Beberapa ahli marketing juga ada benarnya bahwa sebuah produk yang dihargai dengan harga yang mahal akan memberikan kesan mahal. Ini yang dilakukan Oppo untuk menyaingi produsen yang lebih dulu eksis di pasar smartphone. Harga yang dibanderol pun sekitar 4 jutaan ke atas.

Oppo vs Xiaomi

Setelah munculnya OPPO, produsen lain asal Republik Rakyat Tiongkok seperti Xiaomi ingin mencoba peruntungan dengan menawarkan smartphone dengan harga yang lebih terjangkau. Smartphone ini hadir setahun setelah OPPO mulai memiliki pasar sendiri di Indonesia.

Namun, seperti yang Juragan katakan sebelumnya bahwa berbeda dengan Oppo yang iklannya bisa kamu lihat di papan reklame di pinggir jalan, Xiaomi sebaliknya, logonya nggak akan kamu temukan kecuali di mal atau pusat perbelanjaan.

Oppo vs Xiaomi

Mungkin hal itu juga yang membuat harga smartphone Xiaomi lebih murah karena dapat menekan biaya iklan. Xiaomi menekan margin sekecil mungkin agar hp yang dijual bisa lebih murah. Xiaomi juga membenamkan aplikasi bawaan di hpnya. Setiap aplikasi tersebut dapat memunculkan iklan yang apabila diklik akan memberi income tambahan bagi Xiaomi.

Perbedaan Harga HP Oppo vs Xiaomi

Salah satu perbedaan Hp Oppo vs Xiaomi yang bisa dilihat jelas adalah harganya. Soal harga Xiaomi juaranya. Xiaomi menawarkan smartphone flagship seperti Mi 8 Pro dengan chipset Snapdragon 845 yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 7,8 juta. Apalagi pada tahun lalu Xiaomi merilis smartphone flagship killernya, Pocophone F1 yang harganya cuma 5 jutaan. Bahkan untuk segmen menengah, Xiaomi punya banyak pilihan hp harga 2 jutaan.

Berbeda dengan Oppo. Rata-rata hpnya dijual dengan harga mahal. Dengan spesifikasi yang sama seperti Xiaomi, harga hp Oppo bisa berbeda Rp 1 juta – 2 jutaan. Seri tertinggi Oppo saat ini adalah Oppo Find X2 Pro. Harganya mencapai Rp 18 jutaan. Sementara Xiaomi punya hp dengan spesifikasi hampir mirip yaitu Mi 10 yang harganya hanya Rp 9 jutaan. Harganya bisa 2x lebih murah dibanding hp Oppo.

Kenapa hp Oppo mahal ? Bisa disebabkan oleh dua hal yaitu image product yang tidak ingin dianggap sebagai hp murahan. Penyebab lainnya karena Oppo mengeluarkan banyak biaya untuk pemasaran produk sehingga membuat harga produknya lebih mahal dari Xiaomi yang jarang memasarkan produknya.

Perbandingan Kamera Hp Oppo vs Xiaomi

Oppo sering digadang-gadang sebagai smartphone yang memiliki kamera yang cakep untuk fotografi. Ini sesuai dengan taglinenya yaitu Camera Phone. Kamera depannya juga nggak kalah bagus, bahkan untuk seri mainstream miliknya. Mulai tahun 2019, Oppo fokus meluncurkan hp terbaru dengan kamera yang bagus untuk kondisi low light. Sebelumnya Oppo lebih fokus ke kamera depan, namun sekarang mereka lebih fokus mengembangkan kamera belakangnya.

Mengenai perbandingan kualitas kamera, Oppo dan Xiaomi sebenarnya sama-sama bagus. Dengan harga lebih murah kamu bisa dapetin hp dengan spesifikasi kamera tinggi jika membeli Xiaomi. Sedangkan untuk Oppo spek kameranya cukup nanggung dan gak sebaik Xiaomi. Untuk mendapatkan hp Oppo dengan spek kamera tinggi kamu harus merogoh kocek lebih dalam.

Oppo vs Xiaomi

Sebagai contoh, Oppo A53 yang dijual dengan harga Rp 2.5 jutaan memiliki 3 kamera belakang dengan spesifikasi: 13MP F2.2 Main, 2MP F2.4 Macro, dan 2MP F2.4 Depth. Bukaan kameranya terlalu kecil dan kurang bagus untuk foto low light. Dengan harga yang sama, Xiaomi punya Redmi Note 9 yang spek kameranya lebih canggih, yaitu: 48MP F1.8 Main, 8MP F2.2 Ultrawide, 2MP F2.4 Macro, dan 2MP F2.4 Depth.

Kamera Redmi Note 9 lebih canggih karena bukaan lensanya lebih lebar sehingga bagus untuk low light (F1.8 vs F2.2). Resolusi kamera utamanya pun lebih tinggi. Kemudian Redmi Note 9 punya kamera ultrawide yang memungkinkan kamu bisa memotret dengan sudut foto lebih lebar.

Mengenai kualitas foto mungkin tidak berbeda jauh. Namun dari segi kelengkapan spesifikasinya jelas Xiaomi lebih unggul dibanding Oppo. Kelebihan hp Oppo mungkin bisa terlihat dari hasil foto yang di beberapa kondisi terlihat lebih terang. Selain itu, efek Beautify Oppo juga cocok untuk sebagian orang yang ingin terlihat cantik di media sosial.

Perbedaan Performa Hp Oppo vs Xiaomi

Selanjutnya ke urusan performa. Sebenarnya untuk urusan performa tidak ada perbedaan jauh karena baik Oppo dan Xiaomi menggunakan chipset Snapdragon atau Mediatek. Namun jika yang ditanya adalah performa hp berdasarkan harganya, sekali lagi Xiaomi lebih unggul. Dengan harga yang sama, kamu bisa dapetin hp yang lebih kencang kalau beli hp Xiaomi.

performa hp oppo vs xiaomi

Contohnya, Oppo Reno4 Pro dengan harga jual Rp 7 juta ditenagai Snapdragon 720G dengan RAM 8GB dan memori internal 256 GB. Skor AnTuTu Oppo Reno4 Pro sebesar 325.000. Sedangkan dengan harga yang sama, kamu bisa dapetin Mi 10T dengan chipset flaghsip Snapdragon 865, RAM 8GB, dan memori internal 256 GB. Perbedaan performanya sangat jauh. Mi 10T dapat meraih skor 646.515.

Ini artinya dengan harga yang sama kamu bisa dapet hp 2x lebih kencang kalo beli Xiaomi.

Kesimpulan

Perbandingan Oppo vs Xiaomi bisa dilihat dari 4 aspek, yaitu: brand, harga, kualitas kamera, dan performa. Dari ke-4 poin tersebut Xiaomi berhasil memenangkan 3 poin yaitu harga, kamera, dan performa. Xiaomi kalah dari Oppo pada aspek promosi atau pemasaran. Oleh karena itu, Oppo selalu jadi top of mind masyarakat dibanding Xiaomi.

Memasarkan produk secara besar-besaran tentu menguras banyak uang. Inilah yang membuat hp Oppo harganya lebih mahal ketimbang Xiaomi. Alih-alih melakukan pemasaran, Xiaomi lebih memilih meluncurkan hp murah dengan spesifikasi tinggi. Dengan begitu, diharapkan semakin banyak orang yang membicarakannya sehingga jadi pemasaran word of mouth yang cukup bagus dan jauh lebih murah.

Memang sebagai brand, kedua merk tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Untuk memilih salah satunya, sangat tergantung pada kebutuhan kamu. Jika kamu mencari smartphone dengan harga yang lebih terjangkau, Xiaomi bisa menjadi pilihan. Namun, jika kamu mencari kamera yang bagus, tentu Oppo bisa kamu pilih, namun kamu harus merogoh kocek lebih dalam lagi.

Leave a Comment