Home » Info Terbaru » Pengertian RAM, Cara Kerja, dan Fungsinya Pada Smartphone

Pengertian RAM, Cara Kerja, dan Fungsinya Pada Smartphone

Apa itu RAM ? Apa fungsi RAM pada smartphone ? Bagaimana cara kerja RAM ? RAM adalah salah satu komponen yang penting pada sebuah smartphone. Komponen ini sering jadi nilai jual yang ditonjolkan oleh produsen hp. Misalnya saat membeli hp, kamu akan menemukan tulisan “Vivo Y20 4/64GB”. Angka “4” menandakan besar kapasitas RAM yang dimiliki hp tersebut. Saat ini kebanyakan hp Android punya kapasitas RAM minimal 2GB.

Kapasitas RAM sebesar 2GB sudah cukup untuk melayani kebutuhan standar smartphone, seperti chat, browsing, dan streaming video. Namun agar performa multitasking hp lebih lancar, kamu membutuhkan kapasitas RAM lebih besar. Untuk tahun 2021, kapasitas RAM minimal yang disarankan adalah 4GB.

Buat kamu yang masih bingung apa itu RAM ? Apa kepanjangan RAM dan apa fungsinya ? Lalu apa perbedaan RAM dan ROM ? Juragan HP akan membahasnya secara lengkap.

Apa itu RAM ?

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. RAM adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data (memori) sementara dan instruksi dari aplikasi. Data di dalam RAM sifatnya sementara dan bisa hilang ketika smartphone dimatikan. Besarnya kapasitas RAM berpengaruh pada kecepatan smartphone dalam memproses data atau loading aplikasi.

pengertian ram adalah

Semakin besar kapasitas RAM berarti lebih banyak aplikasi yang bisa dijalankan dalam waktu bersamaan. Ketika aplikasi bekerja akan memakan kapasitas RAM. Jika kamu sering pakai banyak aplikasi atau ingin pindah aplikasi lebih lancar, kamu membutuhkan hp dengan RAM besar. Baca Hp Xiaomi RAM 4GB Termurah.

Cara Kerja RAM

Berikut ini cara kerja RAM pada sebuah smartphone:

  1. Setelah hp dinyalakan sistem operasi akan mengecek data di RAM dan ROM
  2. Sistem operasi akan di-load dari ROM ke RAM
  3. Ketika sistem operasi sudah di-load ke RAM, CPU akan mengakses data di RAM
  4. Proses ini juga dilakukan ketika menjalankan aplikasi
  5. Ketika aplikasi dibuka, data akan di-load dari storage ke RAM
  6. CPU akan mengoperasikan aplikasi dengan data yang ada di dalam RAM.

Fungsi RAM di Smartphone

RAM atau Random Access Memory memiliki banyak fungsi. Kegunaan RAM sangat vital pada sebuah smartphone. Fungsi RAM yang pertama adalah untuk membaca data di dalam ROM atau storage. Data yang tersimpan di dalam storage sangat banyak sehingga diperlukan waktu untuk menemukan dan menampilkannya. Untuk mengurangi lamanya mencari data di storage, dibutuhkan bantuan RAM. Data akan dibaca dan disimpan dalam RAM untuk sementara sehingga data tersebut akan lebih cepat diakses saat program masih berjalan.

pengertian ram

Fungsi kedua RAM adalah sebagai tempat penyimpanan data aplikasi untuk sementara. Saat aplikasi berjalan, akan menaruh memori yang diperlukan di RAM agar bisa bekerja optimal. Dengan menyimpan data tersebut di RAM, maka aplikasi bisa berjalan lebih cepat. Di samping itu, meski tidak digunakan banyak aplikasi yang memakan RAM karena secara default ada aplikasi yang bisa berjalan di latar belakang.

cara kerja ram adalah

Fungsi RAM yang ketiga adalah meningkatkan performa hp saat main game. Saat main game, aplikasi akan menyetor data dalam jumlah besar ke RAM. Oleh karena itu dibutuhkan kapasitas RAM besar agar gaming lebih mulus. Semakin banyak data yang bisa disimpan di RAM, waktu pemrosesan data jadi lebih cepat. Selain itu, CPU akan lebih mudah mengolah data karena suplai datanya lancar. Hal ini mencegah aplikasi hang saat digunakan. Baca Hp Oppo RAM 4GB Termurah.

Jenis-Jenis RAM

Berikut ini jenis-jenis RAM beserta penjelasannya:

  1. DRAM (Dynamic RAM), adalah jenis RAM secara berkala direfresh oleh CPU agar data di dalamnya tidak hilang
  2. SD RAM (Synchronus Dynamic RAM), adalah RAM lanjutan dari DRAM yang mengalami sinkronisasi clock sehingga lebih cepat daripada DRAM. Kecepatan SD RAM bisa mencapai 100 – 133 MHz
  3. DDR RAM (Double Data Rate RAM), DDR RAM adalah jenis RAM lanjutan dari SD RAM. RAM ini mampu menjalankan 2 instruksi dalam waktu bersaman
  4. RD RAM (Rambus Dynamic RAM), RAM ini punya proses kerja lebih cepat dan harganya lebih mahal dari SD RAM
  5. LPDDR (Low Power DDR), LPDDR adalah jenis RAM yang digunakan di smartphone. RAM hemat daya ini khusus digunakan untuk perangkat mobile. Jenis RAM LPDDR yang paling baru adalah LPDDR4X dengan kecepatan clock mencapai 2133 MHz.

Perbedaan RAM dan ROM

Ada dua jenis memori yang digunakan pada smartphone. Misalnya pada smartphone terdapat tulisan 6/128 GB. Ini artinya hp tersebut punya RAM 6GB dan ROM 128 GB. Kapasitas RAM selalu lebih kecil dibanding ROM. Kedua komponen ini punya fungsi yang berbeda. RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Sedangkan ROM adalah singkatan Read Only Memory.

RAM

  • Membuat multitasking smartphone lancar
  • Membuat aplikasi berjalan lebih responsif
  • Menyimpan data aplikasi secara sementara
  • Bersifat volatile, artinya data di dalam RAM hilang ketika hp dimatikan.

ROM

  • Menyimpan data secara permanen
  • Menyimpan data-data vital yang dibutuhkan aplikasi
  • Simpan foto, video, musik, dan data lainnya
  • Bersifat non volatile, artinya data di dalam ROM tidak hilang jika hp dimatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *