Terbaru! Razer Phone 2, Bagaimana Spesifikasi dan Harganya?

Setelah merilis Razer Phone beberapa tahun lalu, Razer langsung saja merilis Razer Phone 2 diwaktu yang tidak begitu jauh. Hal ini mungkin karena Razer ingin mempersiapkan sebuah senjata untuk melawan banyak produsen yang merilis hp gaming seperti Xiaomi dengan Black Shark Helo, ASUS dengan ROG Phone-nya dan masih ada beberapa lainnya.

Razer Phone 2

Jika generasi Razer Phone sebelumnya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835, kini untuk hp gaming terbarunya menggunakan Snapdragon 845.

Chipset tersebut sudah menjadi keharusan untuk dipasangkan pada hp flagship. Pesaingnya seperti ASUS ROG Phone juga dibekali dengan Snapdragon 845. Selain itu hp ini dibekali dengan RAM berkapasitas 8 GB yang akan membuat kinerja menjadi jauh lebih cepat.

Razer Phone 2

Razer Phone 2 ini ingin memberikan performa gaming yang semakin mengagumkan dengan menyematkan display IGZO IPS dengan kecepatan refresh hingga 120 Hz.

Sepertinya refresh rate pada layar memang sudah menjadi pertimbangan untuk industri gaming sekarang. Kini monitor-monitor gaming umumnya hadir dengan kecepatan refresh minimal 144 Hz, dan smartphone gaming juga nggak ingin ketinggalan menggunakan layar dengan refresh rate tinggi.

Desain Lebih Stylish. Harga? Sepadan Lah

Kecepatan refresh sangat berpengaruh ketika kamu bermain game. Jelas, semakin kencang kecepatan refresh, semakin mulus juga grafis yang ditampilkan. Secara tampilan, Razer Phone 2 nggak jauh berbeda dengan versi sebelumnya.

Razer Phone 2

Ponsel pintar gaming ini tetap memiliki bezel tipis di bagian samping yang membuat hp Android ini keliatan cakep. Namun yang membedakannya adalah logo Razer yang dilengkapi dengan Chroma Razer RGB LED. Sepertinya Razer ingin memberikan trademark setiap produk-produknya dengan RGB LED yang dinamakan Chroma.

Selain itu ada beberapa hal yang berbeda secara fisik pada Razer Phone 2. Kamera pada Razer Phone pertama terletak di atas kiri, sedangkan Razer Phone 2 terletak di tengah. Hal ini membuat desain seri ke-2 hp dari Razer ini lebih elegan dan stylish.

Jika dibandingkan dengan harga ROG Phone, hp ini dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Kamu berminat? Siapkan uang sebesar Rp 11,249,800.

Kamera Mantep, Enak Buat Rekam Video dan Foto

Ketika versi pertamanya keluar, kamera Razer Phone agak mengecewakan. Sensor Sony pada hp Razer pertama nggak dipasang dengan benar. Kemudian Razer mengklaim bahwa telah membenahi masalah ini dengan menambahkan OIS (Optical Image Stabilization) pada lensa ganda pada kamera belakang.

Kemampuan merekam videonya pun juga Razer kembangkan. Kini Razer memberikan opsi merekam video dengan resolusi 1080p dengan frame rate 120 Hz. Selain itu, gambar yang ditangkap ketika keadaan cahaya yang baik, hasilnya cukup memuaskan.

Kecepatan shutternya juga lebih cepat daripada sebelumnya. Tak hanya itu, kontrasnya pun terlihat baik dan realistis. Tapi karena hp Android ini nggak terlalu menonjolkan kameranya, bagi kami kamera yang disediakan pada ponsel pintar gaming ini cukup mumpuni.

Apa Sih yang Diragukan Lagi Sama Performa Gamingnya?

Hp gaming besutan Razer ini dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 845 dan RAM 8 GB LPDDR4X yang mampu memberikan kinerja komputasi yang optimal. Disini dapat dilihat ketika bermain game yang sekarang lagi in, PUBG yang mana memiliki grafis yang hampir setara dengan versi konsol dan PC, dapat berjalan dengan mulus pada setting tertinggi.

Yang jadi permasalahan dari hp Razer Phone 2 ini adalah glitch pada softwarenya. Namun untungnya, masalah ini nggak sering-sering banget terjadi.

Satu lagi yang menarik dari Razer Phone 2, yakni sistem pendinginnya. Pada versi terbarunya ini, Razer memebekalinya dengan sistem pendingin ruang uap. Razer tidak lagi menggunakan heat pipe yang pernah digunakan pada versi sebelumnya.

Sistem pendingin ini menggunakan material terbaik dari bahan graphite yang mampu mengisolasi panas dengan baik. Sesi gaming lama pun nggak akan khawatir.

Layar Yang Enak Dipandang

Jika ASUS ROG Phone sudah menggunakan display AMOLED, Razer menggunakan layar berpanel IGZO beustan Sharp pada hpnya kali ini. Layarnya juga mengguankan resolusi 1440 x 2560 dan mengusung kecepatan refresh 120 Hz. Tingkat kehitamannya sih memang nggak sebaik AMOLED, tapi layar ini tetep bagus kok.

Spesifikasi Razer Phone 2

Razer Phone 2 hadir dengan spesifikasi tinggi sebagaimana seperti hp gaming pada umumnya yang keluar di pasaran, berikut spesifikasinya:

Spesifikasi Razer Phone
Processor Qualcomm Snapdragon 845 Up To 2.96
RAM8 GB
Memori Internal64 GB
Kamera Depan8 MP
Kamera Belakang12 MP, f/1.8 + 8 MP, 12 mm + 4-axis OIS, dual pixel PDAF, 2x Optical zoom
Format Video[email protected]/60fps, [email protected]/60/120fps
Layar IGZO IPS LCD, 5.72 inci QHD1440 x 2560 pixels
Dimensi158.5 x 79 x 8.5 mm
Berat 220 g
Baterai4000 mAh
WiFiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ad, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetoothv5.0
NFCYes
GPSGPS, AGPS
Port3.1, Type-C 1.0 reversible connector

Kesimpulan

Dari segi desain, Razer Phone 2 memiliki peningkatan dari segi kenyamanan. Namun, bagian ujungnya masih tajam sehingga agak sedikit kurang nyaman jika digunakan pada durasi yang lama. Untuk gaming, nggak usah diragukan lah performa Snapdragon 845 dan Adreno 630.

Sebagai pesaing ROG Phone, hp gaming ini memiliki harga dibawahnya, namun desain Razer Phone nggak “segaming” ASUS ROG Phone. Akan tetapi bagi kamu yang ingin hp dengan desain yang sleek, Razer Phone 2 adalah pilihan tepat.

Leave a Comment