Review Harga & Spesifikasi iPhone 8 Plus Terbaru 2020

Memang, iPhone 8 Plus dirilis tahun 2017, tapi jangan salah, smartphone besutan Apple satu ini performanya masih sangat bisa diandalkan. Bahkan beberapa mengatakan bahwa daripada beli iPhone X yang harganya selangit dan keluar sebulan setelahnya mending beli iPhone 8 Plus.

iPhone 8 Plus

Hal ini karena smartphone Apple ini sudah dibekali dengan processor A11 yang juga digunakan sebagai dapur pacu iPhone X. Apabila kamu berharap display yang sudah menggunakan OLED, ya angan beli iPhone satu ini. Akan tetapi ada beberapa hal iPhone 8 Plus masih memiliki keunggulan dan masih bisa digunakan beberapa tahun kedepan. Salah satunya adalah performa dan kamera ganda pada bagian belakangnya.

Harga iPhone 8 Plus dan Varian Warna

iPhone 8 versi ini hadir dengan empat varian warna, diantaranya adalah: Gold, Space Gray, Red, dan Silver. Selain itu, Berbeda dengan pendahulunya yang menyediakan tiga opsi memori internal, smartphone satu ini hanya diberikan 2 opsi memori internal.

Untuk harga, kamu bisa membelinya dengan harga Rp 8.500.000 untuk versi memori internal 256 GB, sedangkan untuk versi 64 GB kamu bisa mengeluarkan kocek sebesar Rp 6.500.000. Juragan agak bingung kenapa harga yang diberikan nggak berbeda jauh.

Tampil Elegan, Tapi Agak Riskan

Melihat ukuran dan desain sebenarnya nggak jauh berbeda dengan pendahulunya yakni 7 Plus, namun yang membedakannya adalah iPhone 8 Plus memiliki ukuran yang lebih besar 0.2mm.

Selain itu, material yang digunakan pada iPhone ini berbeda dengan pendahulunya tersebut. iPhone 8 Plus hadir dengan material kaca seutuhnya. Sedangkan iPhone 7 Plus masih menggunakan metal secara keseluruhan.

iPhone 8 Plus

Akan tetapi, walaupun secara keseluruhan menggunakan kaca, smartphone ini menggunakan bingkai y ang terbuat dari alumunium seri 7000 yang membuat tampilannya tampak mewah. Alasan mengapa hp ini menggunakan material kaca adalah agar smartphone besutan perusahaan elektronik yang didirikan oleh Steve Jobs ini dayanya dapat diisi dengan menggunakan charger Qi wireless.

Hal ini membuat bobot pada iPhone 8 Plus pun bertambah jika dibandingkan dengan pendahulunya. Sebenarnya, karena bahan yang seluruhnya terbuat dari kaca, perawatan yang dilakukan pada smartphone satu ini harus lebih ekstra. Walaupun Apple pernah menyatakan bahwa kaca yang digunakan untuk iPhone 8 Plus tahan gores, dibeberapa pengujian yang Juragan dapatkan menunjukkan hal yang sebaliknya.

Masih dengan IPS LCD, Namun Layar iPhone 8 Plus Lebih Baik

Selain itu, walaupun smartphone yang dirilis pada bulan September 2017 ini masih menggunakan display dengan panel IPS LCD, iPhone 8 versi ini telah dibekali dengan teknologi bernama TrueTone.

Teknologi ini memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan white balance layar dengan menggunakan sensor ambient light four channel. Di samping itu, seri iPhone satu ini dibekali juga dengan mode malam atau Night Shift yang membantu untuk menyaring cahaya biru agar mata penggunanya terjaga kesehatannya.

Kamera Ganda yang Sudah Diupgrade

Kamera iPhone bisa diklaim selalu yang terbaik. Seperti pendahulunya, iPhone versi ini mengusung kamera ganda yang masih memiliki resolusi 12 MP. Namun, yang membedakannya adalah sensor kameranya. Sensor yang digunakan pada kamera ini lebih besar. Dan nggak hanya itu, piksel yang ada pada kamera ini juga lebih peka cahaya. Kamera ini mampu memberikan hasil jepretan yang jernih tanpa saturasi warna. Flash Quad-LED dual-tone yang juga pernah ada pada iPhone 7 Plus sudah ditingkatkan dengan dukungan slow-sync flash.

iPhone 8 Plus

Berkat teknologi ini, kamera pada smartphone ini mampu memberikan pencahayaan yang lebih alami. iPhone 8 Plus dibekali dengan processor Apple A11 Bionic. Processor ini merupakan processor yang juga digunakan untuk iPhone X. Performa yang ditunjukkan pun 25% lebih tinggi daripada Apple A10 Fusion. Nggak hanya itu, pengolah grafis yang digunakan untuk smartphone ini juga 30% lebih kencang dibandingkan generasi sebelumnya.

Pada tes gaming, ketika dicoba untuk memainkan game yang sedang populer saat ini, PUBG, pada settingan Ultra dan HDR mampu berjalan dengan mulus. Bisa disimpulkan bahwa chip grafis yang dibenamkan pada smartphone ini mampu menjalankan game terkini dengan setting kanan tanpa harus mengalami stuttering dan lag

Kesimpulan

Setelah iPhone X keluar, banyak yang bingung apakah harus membeli iPhone X atau iPhone 8 Plus karena jarak rilisnya cuman 1 bulan. Tapi jika kamu nggak terlalu mentingin panel display yang ada pada layar smartphone, iPhone 8 Plus udah lebih dari cukup.

Apalagi secara performa dan kamera, nggak usah ditanya deh. Smartphone satu ini Juragan ramalkan nggak bakal ketinggalan jaman untuk beberapa tahun ke depan. Bagaimana tertarik buat membeli smartphone satu ini?

Spesifikasi Apple iPhone 8 Plus
ProcessorApple A11 Bionic Hexa-Core up to 2.39 GHz
RAM3GB
Memori Internal64GB, 256GB
Kamera Depan7MP
Kamera Belakang12MP F1.8/F2.8 + 12 MP
Format VideoUHD 2160p @30fps
LayarLED-backlit IPS LCD, 5.5 inci FHD+ 1920 x 1080 piksel
Dimensi158,4 mm x 78,1 mm x 7,5 mm
Berat202 g
Baterai2961 mAh
WiFiWiFi 802.11a/b/g/n/ac
Bluetoothv5.0
NFCYes
GPSGPS, AGPS, GLONASS, GALILEO, QZSS
Port2.0

Leave a Comment