5 Tips Membeli Hp Bekas di Toko/Online (Dijamin Aman)

Membeli hp bekas adalah salah satu alternatif untuk kamu yang pengen beli hp bagus tapi terbatas dengan bujet. Kalau mau beli hp bekas, kamu harus tahu apa aja tips membeli hp bekas yang aman.

Sebelum membeli hp second, kamu harus mempersiapkan peralatan berikut ini:

  • Kartu SIM yang sudah diisi pulsa
  • MicroSD
  • Headset
  • Charger dan kabel data
  • Modem WiFi (jika ada)
  • Hp lain dengan Bluetooth

Harga hp bekas jauh lebih murah dibanding hp baru. Tapi sayangnya kualitas hp bekas belum tentu mulus dan sebaik hp baru. Kalau hp baru aja sering ditemukan yang cacat produksi, bagaimana dengan hp bekas ? Nah biar kamu bisa beli hp second dengan aman, berikut ini tipsnya:

1. Tentukan Hp Second yang Mau Dibeli

Tips membeli hp bekas yang pertama adalah ketahui jenis atau model hp yang mau dibeli. Juragan saranin lebih baik beli hp flagship bekas. Kenapa ? Karena sayang banget kalau harus buang uang untuk beli hp murah bekas. Sekarang ada banyak brand yang jual hp baru dengan harga miring, daripada beli hp bekas mendingan beli hp baru yang harganya murah.

tips membeli hp second

Setelah itu, cari tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli hp bekas. Waktu terbaik untuk beli hp second adalah saat brand atau merk tersebut meluncurkan produk baru di seri tersebut. Hal ini akan membuat harga produk seri lamanya turun, dan otomatis harga hp bekasnya juga jadi lebih mudah.

Baca Juga  Cara Membuat Stiker di WhatsApp Terbaru GRATIS !!

2. Cari Tahu Harga Pasaran Hp Bekas

Riset harga pasar adalah tips membeli hp bekas selanjutnya. Inti dari membeli hp bekas adalah mendapat hp bagus dengan harga semurah mungkin. Oleh karena itu, biar kamu gak ditipu penjual, lebih baik cek harga pasaran hp bekas untuk model hp yang mau kamu beli. Kamu bisa bandingkan harga hp bekas di online shop atau marketplace yang menjual hp bekas.

Setelah mengetahui harga pasaran, kamu bisa siapkan bujet untuk membeli hp bekas. Riset harga pasar juga bermanfaat saat negosiasi. Dengan mengetahui harga pasar, kamu bisa lebih mudah saat melakukan negosiasi agar harga beli hp second tidak kelewat mahal.

3. Membeli Hp Bekas di Toko/Online Shop Terpercaya

Hati-hati penipuan !! Lebih baik beli hp bekas di toko atau online shop yang terpercaya. Disarankan untuk beli hp di toko yang sudah kamu kenal. Pastikan toko tersebut punya alamat jelas supaya jika terjadi masalah kamu bisa balikin hp tersebut ke penjualnya.

Nah, buat kamu yang beli hp bekas secara online pastikan beli di marketplace yang ternama. Jika memungkinkan cek kredibilitas penjual di online shop tersebut. Setelah itu, kamu bisa langsung tanya-tanya ke penjual mengenai kondisi hp bekas yang mau dibeli.

4. Gunakan Transaksi Pembayaran COD

Tips membeli hp second yang berikutnya adalah pertimbangkan untuk membayar dengan sistem COD (Cash on Delivery). Kebanyakan hp bekas sudah tidak memiliki garansi. Oleh karena itu sistem pembayaran COD dianggap paling aman. Kelebihan dari sistem COD adalah bisa mengecek kondisi barang dan memastikan semua fungsinya berjalan normal.

tips membeli hp bekas

Supaya lebih aman, ajak temanmu saat COD. Kalau bisa ajak teman yang paham mengenai hp supaya bisa bantu kamu saat mengecek kondisi barang. Hindari transaksi COD di pinggir jalan atau tempat yang sepi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Ajak penjual ketemuan di restoran, kafe, mall, atau tempat yang ramai.

Baca Juga  3 Cara Melacak Hp iPhone yang Hilang (Pasti Sukses!)

5. Cek Kondisi Hp Bekas dengan Teliti

Langkah selanjutnya untuk membeli hp bekas adalah cek kondisi barang dengan teliti. Ajak temanmu untuk cek kondisi hp bekas dengan jeli. Persiapkan barang-barang yang Juragan sebut di atas. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu cek saat beli hp bekas:

  • Cek Fisik. Perhatikan kondisi fisik hp bekas. Cek kondisi layar dan bodi dengan teliti
  • Cek Slot SIM & MicroSD. Pasang kartu SIM dan MicroSD di slot tray
  • Pastikan SIM Card dan MicroSD terbaca
  • Cek Fungsi Telepon. Lakukan panggilan telepon ke hp lain
  • Cek Koneksi Internet. Aktifkan data internet dan cek koneksi internetnya
  • Cek Port Audio. Colok headset dan dengarkan musik atau video (lewati step ini kalau hp tidak punya port audio 3.5mm)
  • Cek WiFi. Nyalakan modem WiFi atau hubungkan hp bekas ke koneksi WiFi
  • Cek Bluetooth. Aktifkan Bluetooth dan kirim data ke hp bekas melalui Bluetooth
  • Cek Port Charging. Colokan charger dan lakukan pengisian daya. Lebih baik jika kamu bisa tunggu sampai pengisian daya mencapai 100%
  • Cek Kamera. Buka aplikasi kamera lalu tes untuk jepret foto dan rekam video.

Setelah semua tahapan tes selesai dengan baik, kamu bisa aman membeli hp bekas tersebut. Pastikan kamu simpan nomor kontak penjual hp second karena jika ada apa-apa bisa langsung menghubunginya.

Leave a Comment