Cara Menghapus Virus di HP Android Pakai & Tanpa Antivirus

Namanya juga perangkat dengan sistem operasi, pasti ada saja virus atau malware yang bisa menyelinap masuk dan merusak sistem operasi hp Android. Oleh karena itu, kamu harus tahu bagaimana cara menghapus virus di Android dengan dan tanpa aplikasi antivirus. Sebelum tahu cara menghapus virus, kenali dulu ciri-ciri hp yang kena virus atau malware.

Cara Menghapus Virus di Android Pakai Antivirus

Gak mau kan hp Android kamu kena virus, makanya saatnya kita pelajari gimana cara menghapus virus di Android dengan benar. Ikuti tutorial berikut ini:

1. Cara Menghapus Virus di Android dengan Clean Master

Aplikasi Clean Master bisa kamu download di Play Store. Selain berfungsi sebagai antivirus, aplikasi gratis ini juga bisa membersihkan cache dan mempercepat kinerja hp kamu. Bagaimana cara menghapus virus di Android pakai Clean Master ?

  • Download Clean Master
  • Buka aplikasi Clean Master
  • Klik tombol Antivirus
  • Tunggu proses Scan berlangsung
  • Jika ditemukan virus, Clean Master akan merekomendasikan untuk menghapusnya
  • Selain mendeteksi virus, Clean Master juga bisa merekomendasikan pengaturan agar hp Android kamu aman dari virus.

Cara Menghapus Virus di HP Android Antivirus

Selain bisa hapus virus, aplikasi ini juga bisa membersihkan cache atau data sampah yang membebani kinerja sistem operasi Android. Tidak hanya itu, aplikasi Clean Master juga bisa mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang dan membuat kapasitas RAM lebih lega.

2. Cara Menghapus Virus di Android dengan Avast Antivirus

Sama seperti Clean Master, Avast adalah salah satu aplikasi antivirus yang juga bisa membersihkan cache, data sampah, dan memperluas kapasitas RAM. Selain Clean Master, Juragan merekomendasikan aplikasi ini untuk kamu instal di hp. Bagaimana cara menghapus virus di Android pakai Avast ?

Baca Juga  Cara Membuat Apple ID di iPhone, Browser, dan iTunes

Cara Menghapus Virus di Android

Sama seperti Clean Master, jika ditemukan virus, Avast akan langsung menghapusnya. Aplikasi Avast juga bisa kamu pakai untuk mempercepat performa hp Android, biar gak lemot.

3. Cara Menghapus Virus di Android Pakai ESET Mobile Security

Selain Clean Master dan Avast, kamu juga bisa pakai ESET Mobile Security di hp Android kamu. Aplikasi antivirus PC ini cukup terkenal namanya. Ditambah lagi, performa aplikasi ini cukup enteng. Bagaimana cara menghapus virus di Android pakai ESET Mobile Security ?

Cara Menghapus Virus di HP Android

Jika ditemukan virus di hp Android, tekan tombol Review and Resolve Threats. Aplikasi ESET bisa dibilang punya fitur keamanan lengkap. Hp ini punya perlindungan dari pencurian data, bisa mengunci aplikasi, dan bisa lakukan audit keamanan di hp Android kamu.

Cara Menghapus Virus di Android Tanpa Antivirus

Memasang antivirus di hp sebenarnya ada risikonya. Antivirus akan membuat performa hp lebih berat. Jika hp Android kamu punya spesifikasi tinggi, gak apa-apa kalo mau pasang antivirus. Namun kalo spesifikasi hp Android kamu rendah, lebih baik ikuti tutorial cara menghapus virus di Android tanpa antivirus berikut ini:

  1. Masuk ke Safe Mode. Cara masuk ke Safe Mode setiap hp berbeda. Tapi kebanyakan caranya sama yaitu dengan menekan kombinasi tombol power dan volume atas/bawah.
  2. Setelah masuk ke Safe Mode, klik menu Settings > Applications
  3. Cari dan uninstal aplikasi aneh dan mencurigakan
  4. Jika tidak bisa uninstal, masuk ke Settings > Security > Device Administrator
  5. Hapus akses administrator dari aplikasi mencurigakan tadi
  6. Lalu uninstal aplikasi tersebut
  7. Keluar dari Safe Mode dengan cara restart hp Android.
Baca Juga  Bagaimana Cara Mengaktifkan Safe Mode Android? Begini Nih!

Cara Menghapus Virus Android

Saat Safe Mode berjalan, sistem operasi hanya akan menjalankan sistem inti saja. Oleh sebab itu, kamu bisa hapus aplikasi mencurigakan atau virus melalui Safe Mode. Namun jika kamu bingung cara masuk ke Safe Mode, kamu bisa menghapus virus di Android dengan cara Factory Reset. Bagaimana caranya ?

  • Masuk ke Settings > Backup & Reset 
  • Lalu pilih Factory Data Reset > Reset Phone
  • Reset Phone akan menghapus semua setingan dan aplikasi di hp Android
  • Reset Phone akan mengembalikan setingan hp ke setingan pabrik atau awal.

Setelah proses reset selesai, semua virus dan data-data pribadi kamu akan hilang dari hp Android. Maka dari itu, sebelum reset usahakan backup data terlebih dulu. Setelah hp bisa digunakan lagi, jangan lupa pasang aplikasi antivirus untuk mencegah virus datang kembali.

Ciri-Ciri Hp Android yang Kena Virus

Ciri paling umum hp Android kena virus adalah kuota data lebih cepat habis, di luar pemakaian biasanya. Jadi misal kamu sehari bisa habisin kuota 1GB, setelah hp Android kena virus biasanya kuota 1GB bisa habis lebih cepat. Ini disebabkan virus atau malware terus berkomunikasi dan mengunduh konten tanpa sepengatahuan kamu. Banyaknya data yang diunduh membuat kuota internet cepat habis.

Selain kuota cepat habis, ciri hp Android kena virus adalah muncul iklan pop up di layar. Virus di hp Android biasanya akan memunculkan iklan di layar hp. Tujuannya biar diklik oleh pengguna dan si pembuat virus dapat keuntungan. Jika hp Android kamu kena virus atau malware, hati-hati karena bisa jadi data-data pribadi kamu bocor ke orang lain.

Ciri Ciri HP Android Kena Virus

Ciri lain hp Android kena virus adalah sering instal aplikasi aneh dengan sendirinya. Untuk instal aplikasi biasanya kita pergi ke Play Store dulu kan ? Nah untuk hp yang udah kena virus, maka virus tersebut bisa instal sembarang aplikasi tak berguna secara otomatis di hp kamu.

Baca Juga  Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Samsung (Semua Tipe) Makin Kencang

Terkadang hp yang cepat panas atau baterai cepat habis juga jadi ciri hp Android kena virus. Virus yang terus-terusan bekerja di latar belakang akan menguras baterai lebih cepat. Karena baterai dikuras dengan cepat sehingga menyebabkan suhu hp lebih panas.

Pasti ribet urusannya kalo hp Android kesayangan kamu kena virus. Maka dari itu cara menghapus virus di Android sangat penting kamu ketahui. Jadi jika suatu saat hp kena virus, bisa dibenerin sendiri.

Leave a Comment