Bagaimana Cara Root Android Tanpa PC ? 100% Works dan Mudah!

Kamu pengguna Android dan ingin tahu cara root Android tanpa PC? Sebelumnya kamu tahu nggak sih apa root itu sendiri? Nah pada artikel ini, Juragan mau membahas salah satu hal yang cuma pengguna Android gunakan yakni root.

Cara Root Android Tanpa PC

Banyak yang bilang melakukan root pada perangkat Android bisa membahayakan perangkat kamu, namun root sendiri memiliki beberapa manfaat. Sebelum menjelaskan cara root Android tanpa PC, Juragan akan menjelaskan apa itu root.

Cara Root Android Tanpa PC: Apakah Itu Root?

Jika merujuk ke bahasa Inggris, kata root sendiri diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi akar. Bagi kamu yang belum tahu apa itu root, root pada smartphone Android merupakan salah satu fitur Android yang memungkinkan untuk user-nya mengendalikan sistem operasi secara penuh.

Android sendiri merupakan sistem operasi berbasis open source seperti Linux. Maka dari itu, kamu diberikan akses untuk mengkostumisasi sistem operasi ini sesuai apa yang kamu mau.

Smartphone atau perangkat Android yang diroot memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebaiknya sebelum kamu me-root perangkat Android lebih baik mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Nah, Juragan akan kasih tahu beberapa kelebihan dan kekurangan ketika smartphone atau perangkat Android kamu di-root.

Cara Root Android Tanpa PC: Kelebihan dan Kekurangan Root Perangkat Android

Kelebihan Root Android

1. Baterai Smartphone atau Perangkat Android Kamu Lebih Awet

Salah satu keuntungan dari melakukan root pada perangkat Android adalah membuat baterainya menjadi awet. Sebuah aplikasi bernama Battery Calibration yang hanya dapat digunakan setelah perangkat Android diroot memungkinkan penggunanya untuk membuat baterainya menjadi lebih tahan lama. Kamu bisa mendownload aplikasi ini via Google Playstore.

Baca Juga  4 Tutorial Cara Memindahkan Lagu dari Laptop ke iPhone Paling Mudah

Cara Root Android Tanpa PC

2. Tampilan yang Dapat Dikostumisasi

Bosan dengan tampilan bawaan smartphone atau perangkat Android kamu? Dengan melakukan root kamu bisa dengan bebas dan leluasa mengutak-atik perangkat Android kamu sesuka hati dengan menggunakan Custom ROM. Perangkat Android kamu akan terlihat berbeda dengan orang lain.

Cara Root Android Tanpa PC

3. Memori Internal yang Lebih Lega

Ada beberapa aplikasi bawaan yang sepertinya nggak terlalu penting terinstal di perangkat Android kita, dan sayangnya kita nggak bisa menghapus aplikasi tersebut. Maka dari itu root adalah cara agar perangkat Android kamu dapat menghapus aplikasi bawaan tersebut. Hal ini juga membuat smartphone kamu lebih leluasa.

4. Kinerja Perangkat Kamu Bisa Lebih Kencang

Salah satu kelebihan root lainnya adalah mampu mengoptimalkan piranti keras yang ada pada perangkat Android kamu. Kamu bisa mengoverclock prosesor, GPU, dan beberapa yang lainnya.

5. Bisa Mengunduh Aplikasi yang Nggak Bisa Diunduh Tanpa Diroot

Ada beberapa aplikasi pada Google Playstore yang nggak bisa di download. Nah dengan me-root perangkat Android kamu, kamu dapat mendownload banyak aplikasi yang hanya dapat diunduh ketika perangkat Android kamu diunduh.

Kekurangan Root Android

1. Lebih Mudah Terserang Malware

Setelah Juragan menyebutkan satu-satu kelebihannya, nah sekarang giliran kekurangannya nih. Kekurangan pertama adalah perangkat Android kamu akan dengan mudah terkena virus atau malware.

Cara Root Android Tanpa PC

2. Sistem Mudah Rusak

Hal lain yang Juragan sarankan sebelum kamu nge-root adalah root dapat membuat sistem rusak. Ketika melakukan root, perangkat Android kamu bisa terjadi kerusakan, error, atau juga restart dengan sendirinya.

3. Menghilangkan Garansi Resmi

Satu hal lagi, ketika smartphone kamu rusak, kamu nggak akan bisa mendapatkan garansi karena umumnya produsen atau distributor resmi nggak mengizinkan kamu untuk melakukan root pada perangkat Android kamu.

Baca Juga  4 Cara Screenshot iPhone & iPad Mudah Tanpa Tekan Tombol

Cara Root Android Tanpa PC

Cara root Android tanpa PC menggunakan beberapa aplikasi. Sebenarnya nggak terlalu sulit. Ikuti saja ya langkah-langkah berikut.

Cara Root Android Tanpa PC dengan Aplikasi Framaroot

Cara Root Android Tanpa PC

  1. Hal pertama adalah instal aplikasi Framaroot di Google Playstore.
  2. Pastikan unknown souce di perangkat Android kamu sudah di-enable.
  3. Instal dan buka aplikasi tersebut.
  4. Kemudian kamu akan menemukan Select an action to execute after root, selanjutnya pilih Install SuperSU.
  5. Pilih opsi Gandalf.
  6. Aplikasi tersebut akan melakukan rooting secara otomatis. Tunggu hingga selesai.
  7. Nanti akan muncul teks Superuser and subinary installed. You have to reboot your device. Jika proses root berjalan dengan baik.
  8. Sentuh OK.
  9. Selanjutnya cari aplikasi SuperSU, dan install aplikasi Root checker yang bisa kamu download di Google Playstore.
  10. Kemudian instal binary mode normal.
  11. Selesai.

Leave a Comment