Review Xiaomi Mi 8 Spesifikasi Flagship dengan Harga Terbaru

Xiaomi Mi 8 merupakan seri smartphone flagship dari Xiaomi yang dirilis pertengahan tahun lalu, dan pada tahun ini penerusnya yakni Xiaomi Mi 9 akan diluncurkan pada bulan September. Daripada menunggu lama Mi 9 diluncurkan, Mi 8 masih relevan kok digunakan beberapa waktu ke depan.

Xiaomi nggak berhenti untuk memberikan produk-produk menarik diantaranya produk-produk flagship. Bisa terhitung, tahun lalu, Xiaomi merilis beberapa smartphone flagship, yang gaming maupun non-gaming, yang diantaranya adalah Xiaomi Mi 8, Xiaomi Pocophone F1, dan juga Xiaomi Black Shark.

Review Xiaomi Mi 8 1

Ketiga smartphone tersebut dibekali dengan processor Snapdragon 845 yang memang menjadi jagoan hingga kini. Sudah teruji processor besutan Qualcomm terbsebut dapat menjalankan game-game 3D dengan grafis keren dengan mulus tanpa harus merasakan lag ataupun stutter. Mi 8 menggunakan sistem operasi Android versi ke 8.0 (Oreo), namun penggunanya dapat mengupgradenya ke Android versi terbaru yakni versi 9.0 (pie).

Xiaomi Mi 8 merupakan penerus dari Mi 6. Alih-alih menggunakan nama Mi 7, mengapa Xiaomi justru menggunakan nama Mi 8. Apakah Xiaomi pengin mengikuti tren yang dilakukan oleh Apple sebagaimana Apple nggak merilis iPhone 9?

Jika iPhone memiliki dalih bahwa iPhone X merupakan selebrasi yang dilakukan Apple pada ulang tahun ke-10 iPhone, Xiaomi juga punya alasan yang mirip-mirip yakni Mi 8 adalah peringatan akan 8 tahunnya Xiaomi. Tanggung amat sih MI, kenapa nggak dipas 10 tahunnya aja?

Harga Xiaomi Mi 8

Selain itu, salah satu smartphone flagship besutan Xiaomi ini hadir dengan teknologi kamera ganda pada kamera belakangnya yang keduanya memiiki resolusi 12 MP. Sedangkan pada kamera depannya memiliki resolusi sebesar 20 MP. Smartphone Xiami Mi 8 hadir juga dengan beberapa seri yang diantaranya adalah Mi 8, Mi 8 Pro, Mi 8 Lite, Mi Explorer dan Mi 8 SE.

Pada produknya ini Xiaomi menyamatkan memori internal 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Sedangkan untuk RAMnya kamu bisa memilih antara 6 GB atau 8 GB. Smartphone ini digadang-gadang menjadi pesaing untuk iPhone 7. Hal ini tentu karena spesifikasi dan betapa kencangnya smartphone ini untuk menjalankan aplikasi-aplikasi terkini. Selain itu, Xiaomi Mi 8 hadir dengan desain berponi layaknya iPhone X.

Namun pada kali ini kami hanya akan fokus membahas Mi 8-nya saja. Xiaomi Mi 8 dibanderol dengan harga Rp 5,800,000 untuk kapasitas memori internal 64 GB, Rp 6,500,000 untuk kapasitas 128 GB, dan yang tertinggi 256 GB dibanderol dengan harga Rp 7,200,000.

Review Xiaomi Mi 8

Untuk baterainya, Mi 8 dibekali dengan baterai tanam berkapasitas 3,400 mAh. Kapasitas baterainya memang nggak sebesar Xiaomi Pocophone F1 yang mana mencapai 4,000 mAh, namun jika dilihat dari segi desain, sudah tentu Mi 8 terlihat lebih mewah karena material yang digunakan jauh lebih baik daripada Pocophone F1. Dibandingkan dengan pendahulunya, Xiaomi Mi 6, kinerja Mi 8 tentu terlihat secara siginifikan.

Performa Memuaskan Xiaomi Mi 8

Seperti smartphone flagship yang dirilis pada tahun 2018 kemarin, Xiaomi Mi 8, dibekali dengan processor octa-core Snapdragon 845 AIE chip dan juga GPU Adreno 630. Chip AIE pada Snapdragon 845 merupakan singkatan dari Artificial Intelligence Engine yang mana kinerja pada chip ini mampu dioptimalisasi dengan menggunakan AI atau Artificial Intelligence. Untuk menemani kedua komponen tersebut, Xiaomi menyediakan juga RAM berkapasitas 6 GB dan 8 GB.

Sudah pasti untuk urusan menjalankan game-game 3D, processor yang disematkan pada Mi 8 dapat menjalankannya dengan mulus. Main PUBG bisa berjalan dengan smooth pada setting tertinggi. Selain itu game-game 3D lain seperti Injustice 2 dan Mortal Kombat X yang memiliki grafis yang hampir setara dengan konsol maupun game PC, dapat juga dilibas dengan baik oleh smartphone ini.

Kamera dan Fitur Face Unlock

Smartphone ini menggunakan konfigurasi kamera ganda pada bagian belakang. Selain itu posisinya juga mirip-mirip dengan iPhone X yang mana terletak secara vertikal. Kedua kamera belakan tersebut hadir dengan sensor 12 MP piksel dengan piksel individualnya berukuran 1,4 mikron. Hal ini akan membuat hasil yang baik ketika kamu mengambil gambar pada kondisi cahaya minim.

Nggak cuma kamera belakangnya yang mirip dengan iPhone X, Mi 8 juga memiliki peletakkan kamera depan yang mirip juga dengan smartphone milik Apple tersebut yang mana hadir dengan notch atau poni. Pada notchnya tersebut Xiaomi membenamkan beberapa komponen yang mampu menyuguhkan sistem face unlock berbasis infra-merah. Hebatnya lagi walaupun dikondisi gelap, fitur face unlocknya ini dapat mendeteksi dengan baik.

Spesifikasi Xiaomi Mi 8

Sebagai smartphone flagship, Xiaomi Mi 8 bisa dijadikan pilihan tepat untuk pertimbangan harga dan performa.

Spesifikasi Xiaomi Mi 8
ProcessorSnapdragon 845 Octa-Core up to 2.8 GHz
RAM8GB, 6 GB
Memori Internal256 GB, 128 GB, 64 GB
Kamera Depan20MP
Kamera Belakang12MP F1.8 + 12MP 4-axis OIS, dual pixel PDAF
Format VideoQHD [email protected], [email protected]/120/240fps, [email protected]
LayarSuper AMOLED, 6.21 inci FHD+ 1080 x 2248 piksel
Dimensi154.9 x 74.8 x 7.6 mm (6.10 x 2.94 x 0.30 in)
Berat175 g
Baterai3400 mAh
WiFiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX HD
NFCYes
GPSYes, with dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
Audio Jack3.5 mm Standard
PortType-C 1.0 reversible connector

Kesimpulan

Untuk ukuran smartphone flagship, Xiaomi punya harga dan value yang tepat karena dengan segudang fitur yang asyik kamu nggak perlu merogoh kocek lebih dari 10 juta. Sebelum munculnya Pocophone, Xiaomi Mi 8 dapat dikatakan sebagai flagship killer karena dengan harga terjangkau, smartphone sudah dilengkapi dengan Snapdragon 845.

 

Leave a Comment