Review Spesifikasi Samsung Galaxy S10e & Harga Terbaru 2019

Samsung Galaxy S10e lahir untuk kamu-kamu yang merindukan smartphone dengan bentuk kecil dan ramping alias “pas dalam genggaman”. Tak ayal, karena S10e ini dibuilt dengan dimensi 142.2 mm x 69.9 mm x 7.9 mm. Namun, sekalipun bentuknya kecil dan menjadi yang termurah antara kedua saudaranya yakni Samsung S10+ dan S10, ternyata kemampuan S10e juga nggak bisa dianggap remeh.

Tau nggak sih kenapa dinakaman S10e? Nah, soalnya “e” disini singkatan dari”esential”. Artinya apa? Jadi, S10e ini dibuilt dengan teknologi-teknologi canggih pendukung utama seperti S10+ dan S10. Jadi, kamu nggak usah khawatir nih kalau mau beli Samsung Galaxy S10e ini, Apalagi kalau kamu juga penyuka smartphone flagship berukuran relatif kecil.

reviewn s10e 5

Harga Samsung Galaxy S10e

Smartphone yang menjadi varian paling murah dari hp flagship Samsung terbaru ini dilengkapi berbagai fitur canggihnya. Mulai dari performa, kamera, layar hingga buitl-in body-nya yang ciamik. Oleh karenanya, sekalipun Samsung Galaxy S10e ini varian paling murah dari series S smartphone Samsung di awal tahun 2019, S10e di bandrol Rp 10.499.000. 

Fitur-fitur yang Tetap Premium

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Samsung Galaxy S10e ini hanya menghadirkan fitur-fitur esential alias yang paling dibutuhkan dalam built-in S10e. Walaupun istilahnya “sudah dipangkas” beberapa fiturnya, tapi hal ini tidak menjadikan S10e kehilangan fitur-fitur premium seperti kedua saudaranya.

reviewn s10e 3

Untuk fingerprint, S10e dibekali sensor klasik bukannya ultrasonik. Akan tetapi, posisinya juga bukan di sisi belakang. Sensor pemindai sidik jari diletakkan pada tombol power di sisi kanan smartphone. Sisi audio juga Samsung Galaxy S10e dibekali dengan microphone jack 3.5mm layaknya smartphone biasannya. Sayangnya, baterai dari S10e mesti dipangkas hingga 3100 mAh, sedangkan S10+ dan S10 sekitar 4100 mAh. Tapi, untuk ukuran smartphone yang sekecil ini rasanya memang wajar ya.

Eits, tapi jangan salah soalnya S10e sudah didukung oleh teknologi fast charging dan wireless charging. Meanariknya, fitur reverse wireless charging atau yang disebut Wireless Power Share yang tetap dihadirkan. Selain itu, layaknya smartphone flagship Samsung lainnya, S10e juga udah tahan debu dan air karena punya sertifikasi IP68.

Performa yang Tidak “Didiskon”

Bagi masyarakat mungkin yang paling menarik adalah dapur pacu dari Samsung Galaxy S10e. Tenang, meski menghadirkan fitur-fitur yang penting-penting aja S10e tidak memotong alias memangkas dapur pacunya. Berbekal Exynos 9820 yang setara dengan S10+ yang mana jadi varian series S paling mahal saat ini. Hanya yang membedakan adalah RAM-nya, ketika S10 atau S10+ punya RAM 8GB, Samsung Galaxy S10e ini punya RAM 6GB aja.

Jadi, kalau hanya dibuat untuk multitasking sehari-hari pastinya S10e ini udah pasti lancar jaya. Apalagi ukuran memori internalnya (ROM) yang udah 128GB.

reviewn s10e 1

Untuk layar, meski tidak menggunakan layar curve, Samsung tetap menghadirkan yang terbaik untuk smarphone ini. Spesifikasi layarnya tidak bisa dipandang sebelah mata karena punya kualitas Dynamic AMOLED HDR10+ dengan resolusi Full HD+ di layar ukuran 5.8 inci yang pastinya udah bangus banget buat dipandang seharian. Udah gitu, Samsung juga sudah membekali dengan Corning Gorilla Glass 6 generasi terbaru.

Kamera Lebih Sedikit, Kualitas Tetap Selangit

Kalau dilihat dari segi kamera baik kamera depan dan belakang, Samsung menghilangkan satu kamera masing-masingnya. Untuk kamera belakang. pada Samsung Galaxy S10e ini dibekali dengan kamera utama beresolusi 12MP OIS dan kamera ultrawide 16MP yang jadi 2 kamera paling penting setara S10 dan S10+ yang lebih mahal. Kemudian, kamera depannya juga dipangkas satu sehingga tersisa kamera utama 10MP dengan dual-pixel PDAF yang juga setara dengan kedua saudaranya.

Perekam video juga nggak kalah lho. Walaupun kecil, Samsung Galaxy S10e bisa merekam kualitas video hingga resolusi maksimal 4K HDR10+ untuk kamera utamanya. Sedangkan, kamera selfienya juga bisa merekam video hingga 4K. Dengan kemampuannya ini, otomatis mendaulat S10e jadi salah satu smartphone dengan spesifikasi tertinggi di awal 2019. Untuk fitur slowmotion, jajaran S10 mampu merekam mulai dari 0.4 hingga 0.8 detik yang mampu menawarkan 2x lipat durasi slowmotion.

reviewn s10e 4

Nah, selain itu banyak banget fitur-fitur canggih juga yang dihadirkan sama smartphone ini. Diantaranya artistic light focus yang bisa membuat smartphone ini bisa membedakan objek dengan latar belakang yang tidak hanya untuk bokeh aja. Tersedia juga color point bokeh, spin bokeh, dan zoom bokeh. Sementara, kamera selfie Samsung Galaxy S10e didesain dengan punch hole yang membuatnya seakan-akan infinity display full tanpa notch.

Spesifikasi Samsung Galaxy S10e

Spesifikasi Samsung Galaxy S10e
ProcessorExynos 9820 Octa-core (2,8/2,7 GHz + 2,4/2,3 GHz +1,7/1,9 GHz)
RAM6GB
Memori Internal128GB
Memori EksternalMicro SD up to 512GB
Kamera Depan10MP F1.9 26mm (wide), dual-pixel PDAF with auto-HDR
Kamera Belakang12MP F1.5-2.4 26mm (wide) dual-pixel PDAF, OIS + 16MP F2.2 12mm (ultrawide) with LED Flash, auto-HDR, panorama
Format Video[email protected], [email protected], [email protected], HDR, dual-video record
LayarDynamis AMOLED 5.8 inci Full HD+ 1080 x 2280 piksel
Dimensi142.2 mm x 69.9 mm x 7.9 mm
Berat150 g
Baterai3100 mAh
WiFiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX
NFCYes
GPSA-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
Audio Jack3.5 mm Standard
PortType-C 3.1 with reversible connector

Video Samsung Galaxy S10e

Kesimpulan: Beli S10e Kagok Nggak Sih?

Hhhmm, gini, kalau kamu pengen beli atau rindu smartphone mungil dengan kemampuan maksimal pastinya S10e ini cocok banget. Fiturnya yang premium dibungkus sempurna dengan ukuran ringkasnya. Terus, fitur-fitur premiumnya juga nggak terkesan berlebihan karena memang Samsung masang yang penting-penting aja ke smartphone ini jadi terkesan lebih sederhana, Cuman kalau budget kamu sekiranya terbatas, sekarang juga sudah banyak smartphone flagship yang menawarkan fitur hampir serupa dengan harga yang dibawahnya. Jadi, kagok atau nggak itu bergantung kebutuhan pembaca Juragan ya. Baca: Hp Keluaran Terbaru.

Leave a Comment